10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang Kamu Lewatkan

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Lamongan ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di sebelah barat.

gambar Wisata Bahari Lamongan
foto Wisata Bahari Lamongan
mommyocha.blogspot.com

Kabupaten Lamongan juga merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Kabupaten Lamongan ini juga menjadi saksi bisu kehidupan orang-orang terkenal di masanya mulai dari Sunan Drajat hingga Van der Wijck. Yang sisa peninggalan mereka di lamongan terus didatangi oleh para wisatawan.

Selain itu lamongan juga memiliki banyak tempat dengan panorama alam yang menakjubkan, serta tempat hiburan yang wahana. Apa saja tempat-tempat tersebut?? Simak jawabannya di bawah ini :


1. Desa Sendang Duwur, Lamongan

Berada pada ketinggian 72 meter di atas permukaan laut, lokasi desa yang ada di Kecamatan Pacitan, Lamongan ini mampu memberikan pemandangan manakjubkan saat anda memandang langsung ke arah Laut Jawa dari atas bukit.

Sebagai desa yang telah resmi ditetapkan sebagai desa wisata, desa Sendang Duwur menjadi sebuah kawasan pedesaan yang memiliki karakteristik khusus yang juga masih lekat dengan berbagai kearifan lokal, dimana desa Sendang Duwur penduduknya juga masih memiliki berbagai tradisi dan budaya tradisional warisan nenek moyang.

Selain itu, Desa Sendang Duwur juga didukung dengan keberadaan potensinya sebagai sebuah desa pusat kerajinan batik tulis, kerajinan perhiasan emas maupun perak. Mereka juga sudah melakukan berbagai aktivitas kerajinan ini sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Selain itu, para wisatawan juga bisa berbelanja berbagai hasil kerajinan karya warga Sendang Duwur, selain berbelanja, wisatawan juga bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kerajinan tersebut di lokasi aslinya.


2. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Hampir semua orang Jawa Timur pasti sudah mengenal objek Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang merupakan sebuah kawasan wisata bahari yang berhasil dipadukan dengan taman bermain yang penuh dengan wahana yang menarik untuk dicoba satu per satu.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan ini beralamat di Kecamatan Paciran atau lebih tepatnya berada di Jalur Pantai Utara (Jalur Pantura) yang menghubungkan antara Tuban-Surabaya.

Dalam Wisata Bahari Lamongan ini terdapat banyak wahana menarik, namun beberapa wahana unggulan yang wajib kamu coba, antara lain :
■ Istana Bawah Laut,
■ Gua Insectarium,
■ Space Shuttle,
■ Anjungan Wali Songo,
■ Texas City,
■ Paus Dangdut,
■ Tembak Ikan,
■ Rumah Kaca, serta
■ Istana Bajak Laut.



3. Pantai Kutang Lamongan

Nama salah pantai di Lamongan ini memang terbilang unik dan cukup anti-mainstream. Namun pantai ini bukan hanya mengandalkan keunikan namanya saja sebab kamu juga pasti akan sangat terpukau dengan keindahan Pantai Kutang ini.

Di Pantai Kutang, selain kamu bisa menikmati pasir putih, kamu juga harus menjelajahi luasnya kerumunan hutan mangrove yang terdapat tidak jauh dari lokasi Pantai Kutang

Rindang dan sejuknya hawa di sekeliling hutan mangrove seperti telah menjadi penangkis hawa panasnya dari perpaduan angin laut yang telah bercampur dengan teriknya sinar matahari.

Hutan mangrove ini juga yang akan membuat kamu merasakan sensasi yang berbeda pada saat kamu berlibur ke Pantai Kutang ini.

Di Pantai Kutang juga banyak tersedia ayunan yang ada di sepanjang hutan mangrove, yang dijamin akan membuatmu sangat ingin untuk merebahkan badan dan melepas lelah.



4. Waduk Gondang Lamongan

Waduk Gondang ini sebenarnya merupakan salah satu tempat yang telah lama menjadi salah satu tujuan wisata andalan bagi warga Lamongan.

Di Waduk Gondang ini kamu dapat menikmati suasana sejuk yang menerpa tubuh anda, kesejukan ini berasal dari rindangnya pepohonan dan air danau yang tenang.

Objek wisata Waduk Gondang ini sendiri sudah mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak 1987. Dan kala peresmian Waduk Gondang ini dilakukan langsung oleh Presiden Soeharto.

Danau buatan yang memiliki luas area mencapai 6,6 hektar dan kedalaman air hingga 29 meter ini memiliki fungsi utama sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga sekitar.


5. Bendungan Babat, Lamongan

Bendungan Babat yang berukuran raksasa ini dibangun untuk diatas aliran air sungai Bengawan Solo sebagai alat pengendali banjir serta sebagai pemasok air bagi daerah Rawa Jabung dan daerah Sudetan Bengawan.

Selain menjadi pengendali banjir, Bendungan Babat ini juga menjadi destinasi wisata bagi warga Lamongan. Pada waktu pagi, akan banyak warga Lamongan yang datang untuk melakukan jogging, atau datang hanya untuk sekedar menikmati sejuknya hawa pagi hari di sekitaran Bendungan Babat.


Baca Juga :
Pantai Balekambang, Tanah Lot Ala Malang, Jawa Timur
10 Pantai Terindah Di Malang Yang Wajib Kamu Jelajahi
Pantai Banyu Anjlok Malang Punya Dua Pesona Menakjubkan


6. Goa Maharani Lamongan

Tak jauh dari loksi Pantai Kodok, terdapat sebuah objek wisata yang wajib untuk kamu singgahi selama di Lamongan. objek wisata tersebut berupa sebuah Goa, yakni Goa Maharani.

Goa Maharani memiliki kedalam hingga 25 meter dari permukaan tanah, disimi kamu akan melihat banyak bebatuan berkilau yang tersusun dan menjadi penghias dinding Goa Maharani.

Konon, saking indahnya batuan di Goa Maharani ini, apabila saja Goa Maharani tidak diresmikan sebagai objek wisata oleh Bupati Lamongan pada tanggal 10 Maret 1994, maka mungkin bebatuan yang terdapat di sekeliliing gua ini sudah menjadi perhiasan cincin yang anda pakai di tangan Anda karena kelestariannya tak mendapatkan perlindungan hukum.




7. Monumen Van Der Wijck di Lamongan

Sebuah monumen Van Der Wijck juga berdiri di Lamongan. Monumen Van Der Wijck ini dibangun pada era pemerintahan kolonial Hindia-Belanda.

Monumen Van der Wijck ini terletak di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan.

Monumen ini mengingatkan kita pada kapal Van der Wijck yang dianggap sebagai Titanic nya Indonesia yang berhasil dibuat pada tahun 1921 di Fijenoord Rotterdam, Belanda.

Buya Hamka juga telah berhasil mengabadikan kisah kapal ini ke dalam karyanya yang berbentuk sebuah film dengan judul "Tenggelamnya Kapal Van der Wijck".

Film "Tenggelamnya Kapal Van der Wijck" ini memperoleh ispirasi dari kisah tenggelamnya Kapal Van de Wijck saat berada di perairan Pantura (pesisir utara Pulau Jawa), pada tahun 1936.


Baca Juga :
Pantai Bajulmati, Pantai Super Eksotis Di Pesisir Malang.
Pantai Clungup, Pulau Raja Ampat Ala Malang
Pantai Gatra - Destinasi Paling Terjaga Dan Terbersih Di Malang Selatan.


8. Makam Sunan Drajat (Walisongo) di Lamongan

Sunan Drajat sebagai salah satu anggota dari Walisongo yang telah sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, atau pada khususnya menyebarkan agama islam di Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Lokasi Makam Sunan Drajat berada kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat Kota Lamongan. Situs Makam Sunan Drajat ini telah mengalami pemugaran sejak tahun 1992 hingga selesai pada tahun 1994. Dan hingga kini menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi oleh para pengunjung yang berziarah.


9. Museum Sunan Drajat, Lamongan

Selain situs berupa Makam Sunan Drajat, di Lamongan juga terdapat Museum Sunan Drajat yang letaknya masih berada di dalam satu kawasan dengan keberadaan Makam Sunan Drajat.

Keduanha berada di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Di Museum Sunan Drajat ini kamu dapat menemukan banyak barang koleksi yang merupakan peninggalan Sunan Drajat mulai dari buku, lontar, gamelan, bambu, batik, bedug, kulit, keramik, baju besi, hinggga perunggu dan masih banyak lagi.


Baca Juga :
Pantai Goa China, Surga Bahari Di Pesisir Malang.
Pantai Tiga Warna Malang Yang Mengundang Penasaran
Pantai Tamban Sendang Biru Malang Jawa Timur


10. Pantai Kodok Lamongan

Pantai Kodok agaknya berbeda dengan pantai lainnya yang pada umumnya erat hubungannya dengan keberadaan ini pasir putih, sebab di Pantai Kodok justru lebih didominasi oleh keberadaan tebing karang dan batuan cadas. Namun itulah yang menjadi keunikan Pantai Kodok.

Di Pantai Kodok kamu bisa melihat keindahan deburan ombak besar saat menghantam kerumunan batu karang, serta angin laut yang berhembus dan menerpa tubuhmu.


Dan itulah tadi sedikit ulasan dari saya mengenai 10 tempat wisata favorite di lamongan yang harus kamu datangi. Selamat Berlibur Semoga Menyenangkan....

1 Response to "10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang Kamu Lewatkan"

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya