Telaga Sarangan, Destinasi Utama Di Magetan Punya Pesona

Pesona Gunung Lawu memang menyimpan berbagai macam destinasi wisata menarik. Salah satu yang paling favorit adalah Telaga Sarangan atau juga disebut sebagai Telaga Pasir Sarangan.

Telaga Pasir Saramgan ini merupakan objek wisata alami yang terdapat di lereng kaki Gunung Lawu. Secara administratif Telaga Sarangan berlokasi di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jika anda berangkat dari pusat kota Magetan maka anda hanya harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 16 kilometer.

gambar Telaga Serangan
Panorama Telaga Serangan
fadjarer.blogspot.co.id


Telaga Sarangan yang telah banyak dikenal sebagai objek wisata yang mampu menarik banyak wisatawan setiap tahunnya ini diketahui mempunyai kedalaman sekitar 28 meter dengan luas area mencapai sekitar 30 hektar.


Lokasi Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan ini terletak di Lereng Gunung Lawu tepatnya di wilayah administrasi Kecamatan Pelaosan, Magetan, Jawa Timur ini konon memiliki banyak mitos hingga legenda di balik keberadaannya.


Rute menuju ke Telaga Sarangan :

Kediri → Nganjuk → Madiun → Maospati → Magetan → Telaga Sarangan


Cerita Asal-Asul dan Legenda Telaga Sarangan

Konon, dahulu menurut cerita yang banyak diceritakan kepada anak-anak dalam hal pembahasan mengenai asal-usul terbentuknya Telaga Pasir (Telaga Sarangan Magetan).

Diceritakan bahwa ada dua tokoh besar yaitu Kyai Pasir dan Nyai Pasir, berawal dari Kyai Pasir yang sedang pergi mencari kayu bakar di hutan, dia menemukan sebuah telur raksasa, dan telur tersebut dibawa pulang ke rumah oleh Kyai Pasir.

Sesampainya Kyai Pasir dirumahnya, telur tersebut kemudian dimasak oleh Nyai Pasir untuk dijadikan santapan.

Setelah telur tersebut habis dimakan oleh Kyai Pasir dan Nyai Pasir, tak lama kemudian tubuh mereka berdua terasa panas dan gatal-gatal setelah memakan telur tersebut.

Kemudian Kyai Pasir dan Nyai Pasir mengguling-gulingkan tubuhnya dan menggerus tanah lantaran sekujur tubuhnya terasa gatal.

Dan Kyai Pasir dan Nyai Pasir lalu berubah menjadi naga raksasa yang terus-menerus menggerus-gerus tanah disekitarnta hingga membentuk sebuah kubangan yang sangat dalam dan hingga keluarlah mata air dari dalamnya.

Dan kubangan tersebut terisi air hingga saat ini tempat yang diyakini masyarakat Magetan sebagai Telaga Pasir (Telaga Sarangan) adalah hasil dari kejadian akhir yang menimpa Kyai Pasir dan Nyai Pasir.


Mitos di Telaga Sarangan

Mitos yang banyak kita dengar di Telaga Sarangan adalah mengenai keberadaan seekor naga raksasa yang hingga kni masih ada dan hidup menghuni Telaga Sarangan.


Penginapan Di Sekitar Telaga Sarangan

Di area Telaga Sarangan terdapat banyak tempat-tempat penginapan maupun villa, mulai dari pondok wisata, hotel berbintang, hingga hotel-hotel kecil lainnya. Maka tidak heran jika objek wisata Telaga Sarangan menjadi kawasan wisata andalan di wilayah Magetan.


Panorama Telaga Sarangan.

Mata anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang banyak ditumbuhi pepohonan tinggi dan tampak hijau berlatar belakang Gunung Lawu seketika setelah anda tiba di objek wisata alam Telaga Sarangan.

gambar Telaga Sarangan
Panorama Telaga Sarangan
ezon7.blogspot.com


Telaga Pasir Sarangan ini sangat cocok bagi anda yang ingin pergi jauh dari keramaian dan kesibukan kota untuk sementara waktu dan menikmati liburan bersama keluarga.

Udaranya yang bersih tanpa polutan dan berhawa sejuk ditambah suasana alamnya yang begitu tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks.


Fasilitas Wisata Di Telaga Sarangan

Sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Magetan tentunya terdapat berbagai fasilitas wisata. Dan di Telaga Sarangan terdapat fasilitas untuk berkeliling telaga mulai dari perahu air, speed boat, hingga becak air yang bisa penggunjung gunakan.

Di kawasan telaga pasir sarangan ini ditumbuhi oleh pepohonan pinus sehingga bagi anda juga dapat mencoba untuk berjalan-jalan sambil mengeliling hutan pinus.

Setelah kamu merasa puas berkeliling kawasan wisata telaga pasir sarangan ini, maka anda tampaknya harus mengisi perut sambil beristirahat di warung-warung makan yang banyak terdapat di sekeliling objek wisata Telaga Sarangan.

Menu andalan di sini yang jangan lupa untuk dicoba adalah sate kelinci dan nasi pecel yang merupakan salah satu masakan khas wilayah ini dan pasti rasanya dijamin sedap.

Setelah selesai menikmati indahnya panorama Telaga Sarangan, jangan lupa untuk membeli berbagai jenis Souvenir di toko cinderamata yang juga banyak terdapat di sekitar objek wisata Telaga Sarangan ini.


Ritual Budaya di Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur.

Setiap tahun di lokasi Telaga Sarangan ini diadakan Ritual Labuh. Menurut masyarakat setempat diadakannya ritual tersebut bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta atas segala berkat serta berkah yang telah diberikan kepada mereka.

Ritual Labuh ini biasanya diselenggarakan pada hari Jumat Pon menurut kalender Jawa. Para pengunjung juga dapat menyaksikan bagaimana proses berlangsungnya Ritual Labuh di Telaga Sarangan Magetan ini.


Biaya / Tarif Masuk Telaga Sarangan

Sesampai kamu di pos retribusi. Jangan lupa membayar tiket masuk senilai Rp10.000,00(Harga bisa berubah). Harga tiket masuk Telaga Sarangan jika dirinci: Rp7.500,00 untuk tiket masuk, Rp1.000,00 untuk pihak PMI, dan Rp200,00 untuk premi Jasaraharja. Sisanya Rp.1.300,00 saya nggak tahu.

Itulah sedikit ulasan dari saya tentang Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur. Semoga bermanfaat..

Happy Holiday...
Semoga Menyenangkan...

0 Response to "Telaga Sarangan, Destinasi Utama Di Magetan Punya Pesona"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya