Pantai Sipelot, Bukti Kalau Malang Itu Indah

Pantai Sipelot Malang ini merupakan salah satu pantai yang ada di pesisir selatan pulau Jawa yang berlokasi di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Malang Jawa Timur. Pantai Sipelot ini sangatlah cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan petualangan dan memiliki rasa selalu ingin menemukan hal baru.

Pantai Sipelot
foto : feryarifian.blogspot.com

Banyak dari pengunjung Pantai Sipelot memilih untuk bermalam dengan cara mendirikan tenda di tepi pantai, hal ini dilakukan agar mereka bisa menikmati api unggun di tengah indahnya langit dan suasana malam di Pantai Sipelot.

Hamparan pasir pantai putih yang luas, gulungan ombak yang cukup deras, barisan perbukitan yang menggelilingi di sisi barat dan timur, ditambah dengan bebatuan karang yang terhampar di sepanjang garis Pantai Sipelot tentu akan dapat membuat perjalanan wisatamu ke Pantai Sipelot ini lebih berkesan.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati indahnya panorama air terjun sipelot atau Coban Sipelot yang menyajikan air yang jatuh dari atas bukit di sebelah barat Pantai Sipelot.


Alamat atau Jalan Menuju Pantai Sipelot

Lokasi objek wisata Pantai Sipelot ini berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Karena lokasinya yang berada di Desa Pujiharjo, maka banyak masyarakat Malang yang justru menyebut Pantai Sipelot ini dengan sebutan lain yakni Pantai Pujiharjo.

Pantai Patuk Gebang

Review Pantai Sipelot Malang

Pantai Sipelot
foto : feryarifian.blogspot.com

Pantai Sipelot ini sendiri terdiri dari tiga area, di area tengah merupakan area dimana para nelayan biasa menyandarkan perahunya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih area pantai yang sebelah kiri atau sebelah kanan karena lebih sepi selain itu terdapat pula air payau.

Jika kamu berniat menyaksikan Coban Sipelot, maka sebaiknya kamu kembali ke tempat penjemputan perahu pengantar sebelum saat laut surut. Sebab saat surut di pesisir Pantai Sipelot akan muncuk banyak batu-batu. Jika tidak segera kembali, maka perahu nelayan akan sulit keluar dari area pesisir.

Kalau kamu merencanakan pergi ke Pantai Sipelot maka sekalian berkemah di kawasan pesisir, hal ini mengingat perjalanannya yang cukup mengguras tenaga.

Sebaiknya kamu membawa perbekalan berupa makanan dan minuman sendiri, karena warung di Pantai Sipelot ada namun masih jarang. Terutama bagi Anda yang berencana untuk berkemah.

Oh ya Kamu tidak diperkenankan untuk berenang sebab Pantai Sipelot memiliki gulungan ombak yang cukup besar sebagai ciri khas pantai-pantai di pesisir selatan Pulau Jawa.


Akses Jalan Menuju Pantai Sipelot Malang

Akses jalan untuk menuju Pantai Sipelot ini sangat mudah untuk diakses dengan kendaraan bermotor, sebab medannya yang sudah cukup bagus dan sudah beraspal serta terdapat banyak papan petunjuk jalan walaupun di beberapa titik juga terdapat aspal yang sudah rusak.

Namun, kamu juga harus selalu hati-hati sebab jalanan untuk menuju lokasi Pantai Sipelot ini yang naik turun serta berkelok-kelok.


Rute atau Jalan menuju objek wisata Pantai Sipelot

Untuk bisa tiba di lokasi Pantai Sipelot ini kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, sebab belum ada kendaraan umum yang melalui lokasi obyek wisata Pantai Sipelot malang ini.

Adapun rute jalan yang harus kamu tempuh dengan kendaraan pribadimu adalah:
Dari pusat kota Malang → Gadang → Turen → Kecamatan Dampit → Kecamatan Tirtoyudo → Perhatikanlah papan penunjuk jalan yang terdapat pada sisi sebelah kanan ke arah lokasi Pantai Sipelot → kemudian belok kanan → dan ikuti penunjuk jalan → Desa Pujiharjo.

Untuk dapat mencapai lokasi Pantai Sipelot dari desa Pujiharjo ini kamu bisa melalui dua cara, yaitu yang pertama dengan cara menyewa perahu nelayan dengan tarif Rp25.000,00 per orang, dan yang kedua, kamu juga dapat memilih untuk berjalan kaki menyusuri bukit ke arah barat.

Pantai Sipelot
foto : feryarifian.blogspot.com


Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Sipelot.

Untuk masuk ke objek wisata Pantai Sipelot (pantai Pujiharjo) ini, kamu tidak akan dikenai biaya tiket masuk karena di Pantai Sipelot ini belum dikelola serta dikomersilkan oleh dinas pariwisata daerah setempat.

Tapi terkadang ketika musim liburan, biasanya kamu akan dikenakan tarif Rp3.000,00,- pero rang. Tentu bukanlah sebuah masalah untuk mengeluarkan sedikit uang demi menikmati Pantai Sipelot Malang, terlebih lagi jika memang itu untuk kepentingan warga sekitar Pantai.


Aktivitas Wisata yang bisa dinikmati di objek wisata Sipelot

》Melihat indahnya panorama pasir pantai putih yang terhempas oleh gulungan ombak laut yang begitu menenangkan pikran.
》Di sepanjang tepi Pantai Sipelot ini terdapat banyak pepohonan yang dapat digunakan untuk berteduh bagi para pengunjung.
》Menikmati indahnya pemandangan perbukitan tinggi yang hijau.
》Menikmati air terjun di Coban Sipelot. Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 10 m. Untuk mencapainya kamu diharuskan untuk menyeberangi teluk terlebih dahulu. Dan di sini banyak perahu nelayan siap sedia mengantarkanmu menuju lokasi Coban Sipelot dengan tarif sekitar Rp50.000,00.
》Memanangi lautan lepas dengan air yang berwarna lebiru-biruan.
》Menikmati indahnya lautan yang bersih dengan menggunakan sampan.
》Pengunjung dapat melihat lebih dekat Watu Gedeg (sebutan bagi sebuah karang yang mirip dinding dari bambu -gedeg-)
》Meneruskan traveling ke Pantai Tenger.
》Berkemah di bawah langit malam di Pantai Sipelot ini pasti sayang untuk dilewatkan.
》Menyaksikan indahnya panorama tatkala sunrise di pagi hari.


Fasilitas di Sekitar Pantai Sipelot

1. Hotel dan Penginapan.
Bila kamu datang dari luar kota, maka sebaiknya menginaplah di kota Malang agar lebih mudah dalam mencari makan dan keperluan lainnya. Karena di Pantai Sipelot ini, kita tidak dapat menemukan hotel yang bagus. Oleh sebab itu kamu bisa booking hotel secara online.
2. Rumah Makan
Di lokasi Pantai Sipelot ini kamujuga bisa menjumpai beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi para wisatawan dengan harga standar.
3. Toilet Umum
Dalam kawasan objek wisata Pantai Sipelot ini juga terdapat toilet umum.
4. Tempat Parkir
Sebenadnya di lokasi wisata Pantai Sipelot ini belum terdapat area parkir khusus, namun jika kamu berencana bermalam di Pantai Sipelot sambil berkemah, maka kamu bisa menitipkan kendaraanmu di rumah warga.
5. Mushola
Di pinggir pantai terdapat sebuah mushola yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk beribadah.


Demikianlah sebuah informasi singkat mengenai Pantai Sipelot atau yang juga dikenal sebagai pantai Pujiharjo Malang Jawa Timur. Semoga informasi tadi bermanfaat.
Happy Holiday Friends...

0 Response to "Pantai Sipelot, Bukti Kalau Malang Itu Indah"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya