Pantai Sine Kalidawir, Nikmati Sunrise Di Balinya Tulungagung

Pantai Sine yang terdapat di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur, atau berjarak sekitar 35 km ke arah selatan kota Tulungagung yang akhir-akhir ini sudah kian ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asal luar daerah.

pantai sine
Foto : Google (unknown)

Hal ini cukup wajar, sebab di Pantai Sine selain mampu menyajikan keindahan alam yang asri berupa pemandangan pantai yang begitu memikat dan juga karena Pemerintah Kabupaten Tulungagung sudah mulai memberi perhatian kepada objek wisata ini.

Adapun perhatian yang diberikan oleh pemerintah berupa beraneka ragam usaha perbaikan, mulai dari usaha perbaikan jalan, melebarkan akses jalan yang dilalui untuk menuju pantai, pemasangan beberapa penerangan (lampu jalan), hingga penambahan berbagai fasilitas baru seperti toilet hingga tempat pelelangan ikan di lokasi sekitar Pantai Sine, Tulungagung.


Karakteristik Pantai Sine Tulungagung.

Bentang alam Pantai Sine adalah pantai teluk. Di sisi utara Pantai Sine terdapat tebing yang mengalirkan mata air alami dan di sekelilng Pantai Sine juga terdapat hutan lindung alami yang asri.


Aktivitas Wisata Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Sine Tulungagung

Sesampainya anda di lokasi Pantai Sine ini, kamu mungkin akan dibuat kagum dengan bagaimana indahnya pemandangan Pantai Sine yang begitu indah lagi mengagumkan.


■ Menikmati Keindahan Pantai Sine Tulungagung

Keindahan Pantai Sine Tulungagung ini bahkan membuat ada saja yang menyebutnya sebagai Balinya Tulungagung, hal ini cukup beralasan sebab di sepanjang bibir Pantai Sine ini penuh dengan hamparan pasir pantai berwarna putih. Dan hal itu pula yang membuat Pantai Sine ini banyak dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan serta hari libur nasional.


■ Menikmati Wisata Kuliner Pantai Sine Tulungagung.

Bagi wisatawan asal luar kota Tulungagung yang menginginkan kuliner khas daerah tulungahunh, maka ana bisa mendapatkannya di sekitar Pantai Sine. Sebab di sana ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman, bahkan disini juga menjual ikan asap yang siap dibawa pulang sebagai bentuk oleh-oleh keluarga di rumah.


■ Menikmati Kearifan Budaya Pantai Sine Tulungagung

gambar Upacara Larung Laut Pantai Sine
Panorama Upacara Larung Laut Pantai Sine
Foto: tulungagung.go.id

Selain menyajikan keindahan panorama alam, ada yang lebih menarik lagi di Pantai Sine ini adalah menyajikan keragaman berbagai budaya lokal masyarakat sekitar, seperti pagelaran kesenian wayang kulit yang biasanya akan diselenggarakan pada tanggal satu suro.

Selain terdapat pagelaran seni wayang kulit, di pantai Sine ini juga sering pula diadakan acara ritual budaya seperti Upacara Larung Sesaji yakni semacam upacara adat setempat guna mengusir hal-hal buruk.


■ Menikmati Panorama Sunrise Di Pantai Sine Tulungagung

gambar Sunrise Pantai Sine
Panorama Sunrise Pantai Sine
Foto: coretdinding27.blogspot.com/


Menurut pengalaman beberapa wisatawan, panorama sunrise di Pantai Sine ini merupakan salah satu panorama sunrise pantai terbaik di Tulungagung. Bukan tanpa alasan, sebab di Tulungagung memang tidak banyak pantai yang menghadap timur.

Sebaiknya anda segera menemukan posisi yang pas (jauh dari jejeran perahu nelayan) setelah tiba di kawasan pantai jika anda ingin mendapatkan pemandangan indah hasil perpaduan dari pantai, matahari terbit, dan perbukitan yang ada di seberang lautan.


Baca Juga 11 List Pantai Terindah di Tulungagung



Rute Jalan untuk Menuju Lokasi Pantai Sine, Tulungagung

Bila anda memilih berangkat dari kawasan kota Tulungagung saat ingin datang ke Pantai Sine maka perjalanan anda akan cukup mudah, sebab Pantai Sine merupakan salah satu pantai utama dan pusat nelayan di daerah Tulungagung.

Menurut situs piknikceria.com, jalan ke Pantai Sine juga sudah cukup baik sejak pusat kota Tulungagung hingga bibir pantai, sehingga pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor maupun mobil tidak perlu khawatir dengan jalan yang akan dilalui dalam kondisi yang buruk.


Rute Jalan untuk Menuju Lokasi Pantai Sine, Tulungagung dari Pusat Kota Tulungagung

■ Dari kawasan pusat kota Tulungagung pengunjung dapat melewati jalan berikut :
■ Dari terminal bus Tulungagung anda harus menuju arah timur yakni ke arah Kecamatan Sumbergempol atau menuju ke arah Blitar.
■ Terus lurus hingga tiba perempatan lampu merah ke empat. Perempatan itu disebut Perempatan Gragalan. Jika kamj bingung coba lihat perempatan gragalan tersebut berada di sebelah timur STKIP PGRI Tulungagung dan STAIN Tulungagung. Perempatan ini letaknya berada sebelum perlintasan kereta api. Jadi jika kamu sudah melewati perlintasan kereta api berarti kamu kejauhan.
■ Dari perempatan gragalan ini, kamu harus belok ke arah kanan.
■ Terus saja ikuti jalan hingga tiba di Kecamatan Kalidawir
■ Setibanya kamu di Pasar Kalidawir kamu harus belok ke arah kanan.
■ Terus ikuti jalan hingga tiba ke Pantai Sine. Di pinggir jalan kamu akan banyak menemukan petunjuk arah.

Baca Juga Pantai Prigi: Destinasi Favorite Di Tulungagung Dengan Pemandangan Yang Eksotis.


Rute Jalan untuk Menuju Lokasi Pantai Sine, Tulungagung Dari Malang

Jika kamu berasal dari kota Malang dan sekitarnya seperti Lumajang, Pasuruan, Jember, Bangil, dan daerah lain, maka kamu bisa mengikuti petunjuk arah sebagai berikut :
■ Dari malang menuju ke arah kepanjen
■ Dari kepanjen menuju ke arah Blitar melewati Karangkates
■ Setelah Karangkates bisa memilih antara jalur Wlingi maupun Kanigoro. Jalan paling pendek adalah jalan yang melewati Kanigoro.
■ Setibanya di Blitar carilah arah menuju Tulungagung yang melalui Ngunut.
■ Setibanya kamu di Tulungagung, kamu tidak langsung ke arah kota, akan tetapi carilah perempatan gragalan. Perempatan ini lokasinya berada setelah kamu melewati Stasiun Sumbergempol jika kamu datang dari arah malang


Baca juga : Pantai Pelang, Pantai Menakjubkan Di Pesisir Tranggalek.



Kondisi Jalan Menuju Pantai Sine Tulungagung

Di sepanjang jalan menuju lokasi Pantai Sine yang di mulai dari Kota Tulungagung hingga anda tiba di lokasi wisata Pantai Sine, anda akan melewati jalan raya yang lebar serta beraspal.

Pemandangan alam pegunungan yang saling berjejer tampak sangat indah sehingga menambah semangat anda untuk bisa mencapai lokasi Pantai Sine.


Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sine

■ Lokasi Pelelangan Ikan di kawasan Pantai Sine

■ Toilet Umum

Di kawasan Pantai Sine sudah terdapat toilet dengan kondisi yang cukup memadai. Toilet tersebut berada satu komplek dengan lokasi pelelangan ikan di Pantai Sine.


■ Area Parkir di Pantai Sine.

Banyak pengunjung yang memilih memarkirkan kendaraan di beberapa titik, seperti di sekitar komplek di tempat pelelangan ikan, di sisi tepi pantai, serta di sekitar warung penjual makanan.


■ Warung Makanan di Pantai Sine

Di Pantai Sine ini juga banyak ditemukan para penjual makanan dan minuman. Para penjual makanan biasanya membuka lapak mereka di sekitar tempat pelelangan ikan. Jadi para pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan merasa haus ketika berlibur ke Pantai Sine.



Baca juga : Pantai Coro, surga tersembunyi dipesisir selatan Tulungagung



■ Spot Camping di Pantai Sine

Spot mendirikan tenda terbaik yang ada di Pantai Sine adalah di sekitar tempat pelelangan ikan. Sebab di tempat pelelangan ikan tersebut masih terdapat area yang lumayan luas dan bisa langsung menghadap ke laut saat ingin menikmati pemandangan sunrise ketika pagi hari.

Kelebihan lainnya yakni ketika terjadi hujan lebat maupun badai, maka tenda yang kamu dirikan di tempat ini bisa kamu pindah ke tempat pelelangan ikan yang belum terpakai. Selain itu, di sini juga terdapat toilet dan mushola.



Waktu Terbaik untuk Datang ke Pantai Sine Tulungagung

Karena hal terbaik yang bisa kamu nikmati di Pantai Sine ini adalah panorama matahari terbit, sehingga kamu sangat disarankan untuk datang ketika masih pagi buta dan dalam kondisi langit yang masih cerah.

Dan jika kamu ingin menyaksikan panorama sunrise si Pantai Sine Tulungagung ini, kamu sebaiknya berkemah di pantai ini karena pada umumnya waktu yang kamu butuhkan jika dari pusat kota Tulungagung hingga tiba di Pantai Sine adalah sekitar satu setengah hingga dua jam sehingga jika ingin langsung berangkat dari rumah maka harus berangkat sebelum waktu subuh.



Tempat Wisata Lain Disekitar Pantai Sine Tulungagung

Setelah puas di Pantai Sine Tulungagung kamu juga bisamelanjutkan perjalanan ke Pantai Ngalur, Pantai Sanggar, dan Pantai Patuk Bebang. Untuk itu kamu bisa memilih menaiki tambangan (perahu khusus penyeberangan sungai) kemudian menuju ke desa terakhir sebelum lokasi pantai sanggar serta jalanan menuju ke Pantai Sanggar dan Pantai Patuk Gebang.

Untuk Informasi lebih lanjut kamu bisa membaca artikel tentang Pantai Sanggar dan Pantai Patuk Gebang berikut ini:

Pantai Patuk Gebang
Pantai Sanggar, Dreamland of Tulungagung
Pantai Indah Popoh Tulungagung Memang Sesuai Namanya


Dan itulah sedikit informaai dari saya tentang objek wisata Pantai Sine, yang diharapkan akan menjadi salah satu destinaai wisata primadona di Tulungagung.

0 Response to "Pantai Sine Kalidawir, Nikmati Sunrise Di Balinya Tulungagung"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya

Nubie Templates