Pantai Sembilan, Pesona Menakjubkan Dari Giligenting Sumenep


Sebutan sebagai kota wisata mungkin memang pantas disematkan untuk Kabupaten Sumenep. Sebab Kabupaten Semenep yang juha mendapat julukan The Soul of Madura ini nyatanya memang memiliki beragam objek wisata menarik.

Yang terbaru, Pantai Sembilan yang terdapat di Desa Bringsang Kecamatan/Kepulauan Gili Genting Kabupaten Sumenep telah ikut menjadi salah satu daya tarik wisata kota semenep yang mulai terkenal.

gambar Pantai Sembilan Giligenting
Panorama Pantai Sembilan Giligenting
instagram.com/anielavida


Lokasi Pantai Sembilan Sumenep

Pantai Sembilan adalah salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur. Lokasi Pantai Sembilan ini ada di Desa Bringsang, Kecamatan/Pulau Gili Genting.


Keadaan Sosial Budaya Di Sekitar Pantai Sembilan Sumenep

gambar Pantai Sembilan Giligenting
Panorama Pantai Sembilan Giligenting
instagram.com/anielavida

Kecamatan Gili Genting meliputi wilayah Desa Aenganyar, Bringsang, Galis, Gedugan, Jate, Banbaru, Banmaleng dan Lombang. Masing-masing wilayah tersebut terletak di Giligenting dan Giliraja.

Mayoritas penduduk pulau Gili Genting ini merupakan warga asli keturunan suku Madura. Adapun Kecamatan Gili genting ini merupakan sebuah kecamatan yang terbentuk sejak tanggal 7 April 1982 sebabai hasil pemekaran kecamatan Bluto (sebuah kecamatan di selatan kota Sumenep).

Wilayah Kecamatan Gili Genting sendiri adalah meliputi wilayah Desa Aenganyar, Banmaleng, Lombang, Bringsang, Galis, Gedugan, Jete Banbaru. Masing-masing dari wilayah tersebut berada di Gili Genting dan Gili Raja.

Pantai Sembilan ini memiliki daya tarik dan panorama alam yang tidak kalah bagus dengan pantai-pantai lainnya yang sudah terkenal di Indonesia.

Alasan ini didasarkan pada selain Pantai Sembilan yang berbentuk angka sembilan, pantai ini juga memiliki hamparam pasir putih yang bersih tanpa sampah, air laut yang masih jernih tanpa dengan dihiasi terumbu karang, sehingga sangat cocok bagi kamu yang hobi snorkling.

gambar Pantai Sembilan Giligenting
Panorama Pantai Sembilan Giligenting
portalmadura.com


Baca Juga :
10 Pantai Terindah Di Malang Yang Wajib Kamu Jelajahi
Pantai Banyu Anjlok Malang Punya Dua Pesona Menakjubkan


Sejarah/Asal-Usul Nama Pantai Sembilan Sumenep

Asal-usul pemberian nama Pantai Sembilan ini dilatarbelakangi oleh karena bentuk "Pantai Bringsang" ini akan menyerupai angka sembilan apabila dilakukan foto udara.Sedangkan warga sekitar sendiri lebih memilih untuk menyebutnya dengan nama "pantai putih".

Dulunya Pantai Sembilan ini merupakan sebuah pelabuhan kecil tempat dimana perahu-perahu penyebrangan yang menghubhngkan antara Pulau Giligenting dengan Pulau yang adai sebrang dan disebut dengan nama "Pantai Marethen" oleh masyarakat sekitar.

Namun kini Pantai Sembilan yang dahulunya merupakan sebuah pelabuhan kecil telah berubah drastis menjadi salah satu obyek wisata baru bagi masyarakat Giligenting dan sekitarnya yang disebut dengan Pantai Sembilan.


Hal Yang Menarik Di Pantai Sembilan Sumenep

Di hamparan pasir putih Pantai Sembilan ini terdapat air laut yang terperangkap ke lingkaran cekungan. Genangan air laut dalam cekungan di tengah pasir putih itulah yang menjadi suatu keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di pulau Gili Genting tersebut.

Selain itu, Pantai Sembilan ini sudah tak diragukan lagi dalam hal sajian pemandangan alam yang sangat memesona. Pasir pantainya yang berwarna putih bersih dengan gulungan ombak serta angin yang berhembus sepoi-sepoi sangatlah cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga maupun sahabat.

Keindahan yang terpancar dari gugus terumbu karang Pantai Sembilan, serta kondisi alam sekitar Pantai Sembilan yang masih terbilang asri dan rindang menjadi pelengkap keindahan Pantai Sembilan yang eksotis.

Tak jauh dari lokasi Pantai Sembilan ini juga terdapat objek wisata bahari lainnya yaitu Pantai Miring dan Pantai Wangi (Pantai Ro’om) yang sangat cocok untuk kamu dijadikan salah satu tujuan wisatamu selama berlibur di Madura.

Pesona dan Keindahan Pantai Sembilan - Pantai Sembilan merupakan salah satu obyek wisata terbaru di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Letaknya di Desa Bringsang, Kecamatan atau Pulau Giligenting.

Tidak hanya oleh bentangan pasir putih yang memesona, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih juga seolah mengajak kamu untuk berenang ke dalamnya. Kkeindahan terumbu karangnya, serta kondisi alam sekitar yang terbilang masih asri membuat pengunjung nyaman di sini.


Jalan Serta Cara Menuju Lokasi Pantai Sembilan Sumenep.

Keberadaan Pantai Sembilan ini memang sudah mulai ramai diperbincangkan di media sosial disebabkan oleh keunikan Pantai Sembilan yang baru dikenal tersebut.

Keindahan Pantai Sembilan ini juga didukung oleh akses transportasi yang cukup mudah untuk mengantarkanmu ke lokasi Pantai Sembilan.

Kamu hanya membutuhkan waktu tempuh selama 30 menit perjalanan untuk menyeberang dari pelabuhan Tanjung Saronggi dan menuju ke pelabuhan Bringsang yang terdapat di Kecamatan Gili Genting menggunakan perahu rakyat dengan ongkos perahu naik perahu untuk menuju kesana hanya Rp10.000 per penumpang.

Pantai Sembilan ini memanglah mudah kamu jangkau yang penasaran akan keindahan Pantai Sembilan ini, sebab setelah kamu berlabuh di pelabuhan Bringsang maka kamu harus melanjutkan sedikit perjalanan lagi untuk tiba di Pantai Sembilan dengan berjalan kaki, karena lokasi pelabuhan dengan lokasi Pantai Sembilan yang memang berdampingan.


Baca Juga :
Pantai Bajulmati, Pantai Super Eksotis Di Pesisir Malang.
Pantai Clungup, Pulau Raja Ampat Ala Malang
Pantai Balekambang, Tanah Lot Ala Malang, Jawa Timur



Paket Wisata Pantai Sembilan - Gili Labak


gambar Pantai Sembilan Giligenting
Panorama Pantai Sembilan Giligenting
instagram.com/anielavida

Saat ini sudah ada penyedia paket wisata Pantai Sembilan - Pulau Gili Labak. Bagi kamu yang punya hobi menjelajahi pulau, maka kamu bisa memilih dan memanfaatkan paket wisata tersebut dengan tarif relatif lebih murah murah.

Untuk melakukan tour wisata dengan paket wisata melalui pelabuhan Tanjung Saronggi dan menuju ke Pantai Sembilan yang terdapat di pulau Gili Genting, kemudian dilanjutkan menuju pulau Gili Labak di Kecamatan Talango, kamu hanya perlu membayar perahu Rp1,5 juta dengan kapasitas maksimal perahu mencapai 50 orang.

“Dari Pantai Sembilan lalu menuju Pulau Gili Labak hanya butuh waktu 1 jam perjalanan dengan menggunakan perahu besar. Jadi paket wisata tersebut waktu tempuhnya 1,5 jam. Sementara untuk biaya transportasi perahu sendiri hanya Rp1,5 juta dan itu untum pulang-pergi"

- Ibnu Hajar -
(Selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Disbudparpora Kabupaten Sumenep)


Baca Juga :Keindahan Pulau Gili Labak Yang Akan Membuatmu Tercenggang


Rute dan Akses Menuju Pantai Sembilan Sumenep

Banyak akses yang bisa kamu gunakan menuju ke Pantai Sembilan dan bahkan sekarang sudah banyak bermunculan pihak yang menyediakan paket wisata dengan harga terjangkau yang berisi paket untuk menikmati keindahan Gili Genting dan Gili Labak.

Salah satu rute yang dapat kamu lalui bila ingin datang ke Pantai Sembilan ini yakni kamu bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Tanjung, Saronggi, Kabupaten Sumenep. Dari pelabuhan rakyat inilah kamu akan dibawa menggunakan perahu bermotor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit bila dalam kondisi cuaca normal.

Kita hanya membutuhkan waktu tempuh selama sekitar 30 menit untuk menyeberang dari pelabuhan Tanjung Saronggi menggunakan perahu rakyat menuju ke pelabuhan Bringsang di Kecamatan Gili Genting.

Adapun ongkos naik perahu untuk menuju kesana sebesar Rp10.000 per penumpang. Akan tetapi jika mengikuti ikuti Paket Tour ini akan lebih mudah, karena kita hanya tinggal mengikuti arahan dari para pemandu wisata.


Itulah sedikit informasi dari saya tentang objek wisata Pantai Sembilan Sumenep Madura

Semoga Bermanfaat..
Selamat Berlibur dan Semoga Menyenangkan....

1 Response to "Pantai Sembilan, Pesona Menakjubkan Dari Giligenting Sumenep"

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya