Pantai Sawarna Banten, Primadona Bagi Wisatawan Dari Manapun

Pantai Sawarna adalah sebuah pantai yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai yang memiliki pemandangan alam yang elok dan menawan ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bagi kamu dan keluarga.

gambar Pantai Sawarna
Panorama Pantai Sawarna
goalangir-sawarna.blogspot.com

Pantai Sawarna yang berlokasi di sebuah desa di pesisir selatan, membuat Pantai Sawarna tak bisa dilepaskan dengan kisah sang penguasa laut selatan, yakni Nyai Roro Kidul.

Lokasi Pantai Sawarna yang berjarak ±150 KM dari posisi kota Rangkasbitung menjadikannya banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari berbagai kota mulai dari Bandung, hingga Jakarta, dan kota-kota sekitarnya.

Hal ini juga mengingat waktu perjalanan yang diperlukan dari Jakarta menuju lokasi Pantai Sawarna Banten adalah sekitar 7 jam perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 270 KM.

Selain itu, jalan raya yang menuju Pantai Sawarna juga sudah mulai membaik, sehingga memudahkan para wisatawan datang ke salah satu tempat wisata di Banten. Dan diharapkan akan menjadi salah satu destinaai wisata primadona bagi wisatawan as Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Sebagai objek wisata andalan, Pantai Sawarna Banten ini merupakan pantai yang sangat bersih dan belum tercemar di Banten.

Suatu hal yang membuat Pantai Sawarna Banten ini menjadi tampak lebih indah dikarenakan adanya perpaduan antara panorama alam asri yang berasal dari hijaunya pepohonan hutan tropis ditambah dengan panorama pasir putih serta air lautnya yang jernih.

Selain memiliki pasir pantai berwarna putih, Pantai Sawarna Banten ini memiliki bibir pantai sepanjang sekitar 65 km. Sehingga kamu bisa puas berjalan-jalan sambil mencari tempat yang tepat untuk dapat mengabadikan foto dengan latar belakang berbagai pemandangan di Pantai Sawarna Banten.


Baca Juga : Pantai Sipelot, Jadi Bukti Kalau Malang Itu Indah



Aktivitas Selancar Di Pantai Sawarna Banten

gambar Ombak Pantai Sawarna
Panorama Ombak Pantai Sawarna
goalangir-sawarna.blogspot.com

Pantai Sawarna sebagai sebuah pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia maka tidaklah heran jika Pantai Sawarna mempunyai gulungan ombak yang besar serta berarus kuat, yang menjadikannya sangat cocok untuk wisata bagi penggemar olahraga selancar.

Meskipun memang aktivitas wisata selancar belum terlalu digemari oleh masyarakat di Indonesia, akan tapi di luar negeri banyak sekali wisatawan yang menyukai kegiatan selancar sambil menaklukan ombak.

Karena ombaknya yang besar dan pemandangannya yang menawan maka banyak wisatawan asing yang betah berlama-lama berada di Pantai Sawarna untuk berselancar, dan tentunya berkunjung ke berbagai objek wisata lain yang terdapat di Desa Sawarna.

Baca Juga : Pantai Plengkung, Surga Bagi Para Peselancar


Karakteristik Pantai Sawarna Banten


gambar Pantai Sawarna
Panorama Pantai Sawarna
info-wisata-pantai.blogspot.com

Salah satu karakteristik Pantai Sawarna Banten adalah keberadaan batu besar yang mana warga sekitar menyebutnya sebagai batu layar. Batu tersebut terdapat di dekat kawasan bibir Pantai Sawarna yang menambah keindahan pemandangan di Pantai Sawarna.

Pantai Sawarna yang mempunyai panjang bibir pantai sekitar 65 KM, dengan air laut yang jernih lagi bersih, pasir pantai yang putih, dikelilingi perbukitan hijau, dihiasi banyak karang, menjadikan Pantai Sawarna sebagai salah satu pantai yang paling indah di Banten sehingga kamu tidak perlu lagi merasa ragu untuk datang berkunjung dan langsung menikmati pesona alam bahari yang akan di sajikan Pantai Sawarna ini.

Baca Juga : Pulau Selayar, Spot Menyelam Terbaik Di Indonesia


Cara Mencapai Pantai Sawarna Banten

Untuk bisa tiba di lokasi Pantai Sawarna kamu bisa berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun berbagai kendaraan umum. Jika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, maka rute yang harus kamu tempuh untuk bisa tiba di lokasi Pantai Sawarna yaitu:

■ Jalur Timur: Tol Jagorawi → Ciawi → Cibadak → Pelabuhan Ratu → Sawarna.
■ Jalur Barat: Tol Merak → Serang Timur → Pandeglang → Gunung Kencana → Malingping → Bayah → Sawarna.

Anda disarankan untuk memilih melalui jalur timur karena jalur barat suasananya cukup sepi dan gelap di kala malam, sehingga kamu akan mendapat kesulitan menemukan bantuan saat terjadi masalah. Selain itu, di jalur barat juga jarang terdapat tempat makan serta SPBU.

Nah, Jika kamu ingin memilih menggunakan kendaraan umum, maka kamu dapat menumpang bus dengan jurusan Pelabuhan Ratu dari terminal bus setempat, selanjutnya dari Pelabuhan Ratu kamu harus melanjutkan perjalanan ke arah Sawarna dengan naik mobil elf.

Adapula yang menyarankan jangan tiba terlalu sore jika memilih menaiki kendaraan umum, karena kendaraan umum yang menuju Desa Sawarna hanya beroperasi sampai dengan pukul 5 sore saja.


Penginapan Di Pantai Sawarna Banten

Dan untuk mengatasi masalah penginapan, kamu dapat menyewa rumah penduduk atau kamu juga dapat menyewa tempat penginapan yang cukup besar di daerah tersebut, yaitu Sawarna Beach dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, kamu pun dapat memilih untuk berkemah di kawasan Pantai Sawarna.

Di objek wisata Pantai Sawarna Banten juga terdapat berbagai fasilitas penunjang pariwisata mulai pusat oleh-oleh dan cenderamata, shelter, gazebo, pemandu wisata, hingga warung.


Baca Juga : Pantai Sangar, Dreamland Of Tulungagung


Goa Kelelawar Di Desa Sawarna

gambar goa kelelawar
Panorama goa kelelawar
goalangir-sawarna.blogspot.com

Selain keindahan pantai yang ditawarkan Pantai Sawarna, kamu juga dapat berkeliling dan berkunjung ke salah satu goa indah bernama Goa Kelelawar yang dihuni oleh ratusan kelelawar.

Panjang goa kelelawar ini mencapai 1000 m. Dan pada bagian dasar gua kelelawar terdapat aliran sungai bawah tanah dengan lumpur tebal mencapai 10-15 cm.


Dan itulah sedikit informaai dari saya tentang objek wisata pantai sawarna, yang diharapkan akan menjadi salah satu destinaai wisata primadona bagi wisatawan as Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

0 Response to "Pantai Sawarna Banten, Primadona Bagi Wisatawan Dari Manapun "

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya