Pantai Sanggar, Dreamland of Tulungagung

Tulungagung sebagai salah satu daerah yang dalam lingkup wilayah provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini ternyata menyimpan berbagai potensi Pariwisata Bahari (Khususnya Pantai) yang sangat menakjubkan.

Foto Pantai Sanggar
foto : jambulrhoma.blogspot.com

Salah satunya objek wisata pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi saat di Tulungagung adalah Pantai Sanggar. Pantai Sanggar ini tampak begitu memesona karena memiliki pasir pantai yang putih serta berombak besar.

Beribu pesona yang terpancar dari keindahan pantai selatan yang dapat kamu nikmati mulai deburan ombak, batuan karang, goa, pasir pantai putih, aneka biota laut yang sangat banyak di Pantai Sanggar ini.

Pantai Sanggar
foto : maringetrip

Pantai Sanggar ini masih sangat terjaga kealamiannya karena rata-rata pengunjungnya hanyalah para penggila mancing “Mancing Maniax” serta para penggiat alam. Sehingga Pantai Sanggar cocok bagi kamu yang ingin mencari pantai yang masih perawan di Tulungagung.

Pantai Terindah Di Tulungagung

Namun keberadaan Pantai Sanggar ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas apalagi para wisatawan karena tempatnya yang memang cukup jauh dari pemukiman warga serta akses jalannya yang masih sulit ditempuh.

Hal ini sangat disayangkan sebab Pantai Sanggar Tulungagung begitu menawan mata dengan panorama air laut yang sangat jernih tanpa sampah (tanpa sampah plastik khususnya) yang tentu akan sangat cocok sekali bagi para wisatawan yang memiliki hobi berpetualangan dan menjelajah sesuatu yang baru.

Alamat Pantai Sanggar Tulungagung

Lokasi Pantai Sanggar ini terletak sekitar 30 km dari kota Tulungagung. Yakni berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Meskipun menawarkan panorama yang menakjubkan namun Pantai Sanggar ini belum termasuk kawasan wisata layaknya pantai Sine yang tak jauh dari lokasi Pantai Sanggar.

Namun jangan berharap kamu akan langsung bisa berdiri di bibir Pantai Sanggar ini setelah turun dari kendaraan tanpa perjuangan, sebab lokasi Pantai Sanggar ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1,5 jam atau kurang lebih 3-5 km setelah turun dari kendaraan anda.

Bagi kamu yang merupakan seorang traveller atau seorang petualang sejati medan yang ditempuh tidak cukup sulit walau hanya berupa jalan setapak yang di tumbuhi rerumputan dan pohon alami.


Aktivitas Wisata Di Pantai Sanggar.

Hal yang perlu kamu ketahui saat bermain-main dengan ombak maka kamu harus selalu berhati-hati sebab ombak serta berbagai peristiwa alam di Pantai Sanggar tidak dapat kita prediksi, karena bisa saja ombak besar akan datang secara tiba-tiba dan ini tentu sangat membahayakan keselamatanmu.

foto pantai sanggar
foto : maringetrip.com

Apalagi di Pantai Sanggar Tulungagung belum terdapat Safety Guard atau penjaga pantai yang mengawasi serta membantu para wisatawan apabila terjadi sesuatu yang berbahaya terhadap para wisatawan.

Diperkirakan jika pemerintah daerah telah selesai melakukan evaluasi dan kajian secara menyeluruh terhadap Pantai Sanggar Tulungagung ini, maka Pantai Sanggar ini akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata paling menarik di Tulungagung.

Pantai Terindah Di Tulungagung

Jalan setapak yang cenderung naik serta penataan lokasi sekitar pantai tentu akan menjadi poin utama dalam pembangunan Pantai Sanggar.


Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Sanggar

Foto Google ke Pantai Sanggar
foto : jambulrhoma.blogspot.com

Bagi kamu yang berniat berkunjung ke Pantai Sanggar Tulungagung ini, maka kamu bisa memalui jalur yang hampir sama seperti saat akan ke pantai Popoh, yaitu :

〉Perjalanan dimulai dari pusat kota Tulungagung menuju ke kecamatan Campurdarat.
〉Sesampainya kamu dipertigaan pasar Campurdarat, maka kamu harus belok ke arah kiri menuju arah ke Pantai Popoh.
〉Setelah sekitar 7 km dari pasar Campurdarat, akan ada pertigaan SMA 1 Campurdarat. Di pertigaan tersebut, maka kamu harus belok ke kiri yang menuju ke arah Tanggunggunung.
〉Nah, dari pasar Tanggunggunung kamu masih harus terus hingga tiba di SMPN 1 Tanggunggunun, dan tepat didepan SMP tersebut ada pertigaan, maka kamu harusbelok ke arah kanan.
〉Dan untuk arah menuju ke lokasi Pantai Sanggar Tulungagunh masih relatif jauh dan bila kamu merasa ragu, kamu bisa bertanya kepada penduduk setempat yang kamu temui di perjalanan.

Bagi para wisatawan yang datang berkunjung dengan menggunakan kendaraan, maka bisa menitipkan kendaraannya di rumah para penduduk setempat, dan kamu mungkin akan dikenai biaya penitipan seikhlasnya.

Dan selanjutnya untuk menuju ke lokasi Pantai Sanggar Tulungagung hanya tinggal berjarak 1 km dari rumah para penduduk dan harus kamu tempuh dengan berjalan kaki.

foto pantai sanggar
foto : maringetrip.com

Setelah tiba di lokasi Pantai Sanggar, maka perjuanganmu untuk ke Pantai Sanggar akan akan terbayar lunas dengan sajian panorama pantai yang sangat indah dan mempesona dengan air laut yang jernih, tebing-tebing berdiri tinggi menjulang, serta gulungan ombak berkejaran dan menghantam karang. Sungguh menarik bukan!??

Tak hanya itu tak jauh dari lokasi Pantai Sanggar ini terdapat Pantai Patuk Gebang sehingga kamu hanya melanjutkan perjalananmu ke Pantai Patuk Gebang.

Semoga Bermanfaat..
Selamat Berwisata...

Penulis : Tatang Aditya



0 Response to "Pantai Sanggar, Dreamland of Tulungagung"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya