Pantai Pulau Merah - Pantai Terbaik Di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu objek wisata utama yang wajib kamu kunjungi saat kamu berada di Kabupaten Banyuwangi.

Foto Pantai Pulau Merah
Foto Pantai Pulau Merah


Dengan pemandangannya yang indah dan ombaknya yang cukup besar membuat tempat ini menarik untuk di kunjungi siapapun baik untuk para pengemar olah raga selancar.

Tak hanya bagi para peselancar melainkan juga bagi orang orang yang ingin sekedar berlibur sambil menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh Pantai Pulau Merah ini guna melepaskan diri dari kepenatan akibat kesibukan sehari-hari.


Lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Lokasi Pantai Pulau Merah ini masuk dalam wilayah administrasi Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Panorama Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Foto Pantai Pulau Merah
Foto : pariwisatabanyuwangiterkenal.blogspot.com/

Pantai Pulau Merah ini tampak begitu indah dengan hamparan pasir pantai di bibir pantai sepanjang kurang lebih 3 km.

Di dekat Pantai Pulau Merah ini tepatnya sejauh kurang lebih 200 meter dari bibir Pantai Pulau Merah ini terdapat bukit yang tampak berwarna hijau kecil. Bukit yang tampak hijau kecil tersebut, ternyata sangat indah saat dikunjungi.

Anda bisa mengunjungi bukit hijau ini dengan cara jalan kaki ketika air laut sedang surut. dan pada pulau tersebut terdapat tanah yang memiliki warna kemerahan berada di dekat bibir pantai.

Pantai Pulau Merah ini dahulunya bernama Pantai Ringin Pitu namun Dari penduduk sekitar ada cerita sejarah Pulau Merah Banyuwangi yaitu penamaanya berasal dari pancaran sinar merah hingga warga seputar menamainya Pulau Merah.


Pura Tawang Alun Di Pulau Merah Banyuwangi

Di sana juga ada Pura yang disebut dengan nama "Pura Tawang Alun" yaitu sebuah tempat bagi warga beragama Hindu setempat untuk melakukan upacara Mekiyis.

Pura Tawang Alun
Foto https://bimashindujatim.blogspot.com

Pura Tawang Alun ini hampir serupa seperti Pura yang berada di gunung bromo yaitu Luhur Poten Bromo yang terkenal dengan upacara kasadanya.


Ombak dan Olahraga Surfing Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Di Pantai Pulau Merah mempunyai ombak dengan tinggi sekitar 3-5 meter di bulan Mei - Desember yang cukup ideal untuk pemula yang ingin belajar berselancar atau professional untuk bermain selancar.

Tempat ini juga di jadikan sebagai tempat untuk pemanasan jika ingin menaklukkan ombak yang lebih besar di Pantai Plengkung. Maka tak heran jika banyak peselancar dari luar negeri yang berkunjung ke tempat ini.

Satu lagi keistimewaan yaitu tempat ini memiliki akses jalan yang lebih mudah untuk di jangkau dari pada Pantai Plengkung.

Baca Juga: Pantai Plengkung Banyuwangi - Surganya Ombak Besar




Macam Rute dan Jalur Menuju Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Rute yang bisa di lewati saat ingin mengunjungi Pantai Pulau Merah Banyuwangi ini dapat di tempuh dengan melalui Dua jalur, yaitu jalur udara dan jalur darat seperti sebagai berikut :

Foto Pantai Pulau Merah
Foto : pariwisatabanyuwangiterkenal.blogspot.com/


》Rute yang Melalui Jalur Udara,

〉 Bagi kamu yang berasal dari Jakarta atau daerah lain yang ingin berkunjung ke Objek wisata Pantai Pulau Merah dengan menggunakan Pesawat maka kamu tak perlu khawatir atau bingung karena kamu bisa langsung menaiki pesawat yang menuju bandara Belimbing sari.

Kemudian menyewa mobil atau kendaraan lain untuk melanjutkan perjalanan ke objek wisata Pantai Pulau Merah.


》 Rute yang Melalui Jalur Darat.

Jalur darat yang tersedia untuk di lewati saat ingin menuju objek wisata Pantai Pulau Merah sebagian sudah cukup bagus dengan jalan yang sudah beraspal.

〉Dari arah Banyuwangi kamu bisa menuju ke arah selatan sejauh sekitar kurang lebih kurang lebih 60 km yang bisa memakan waktu sekitar kurang lebih 3 jam yang bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.


〉Jika kamu berasal dari kota Jember, maka kamu dapat melalui jalan nasional arah Banyuwangi - Jember hingga tiba ke kecamatan Genteng, kabupaten Banyuwangi.

Setelah itu kamu harus melanjutkan perjalanan melewati jalan beraspal sejauh 15 km untuk sampai ke kecamatan Gambiran (Banyuwangi), kemudian setelah kamu tiba di kecamatan Gambiran selanjutnya kamu bergerak menujuh arah selatan untuk sampai di kecamatan Pesanggrahan.

Setibanya kamu di kecamatan Pesanggrahan, kemudian kamu akan dipandu oleh banyak rambu rambu yang cukup lengkap untuk sampai di tempat wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

〉Jika kamu menggunakan kendaraan umum (seperti bus atau kereta api) baik dari arah malang maupun Surabaya maka setelah tiba di terminal atau stasiun Banyuwangi kamu di haruskan untuk menyewa kendaraan untuk bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Pulau Merah karena sampai sekarang belum ada transportasi umum yang melewati atau untuk sampai ke lokasi Tempat wisata Pantai Pulau Merah.


Momen Keren Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Foto Pantai Pulau Merah
Foto : pariwisatabanyuwangiterkenal.blogspot.com/

Di sini juga terdapat sebuah moment unik yang bisa kamu jumpai saat berkunjung di Pantai Pulau Merah yaitu kamu dapat menemui Bupati Banyuwangi di saat acara melepaskan 1.000 anak penyu ke laut lepas.

Ya itu saja yang bisa saya sampaikan, selamat liburan...

6 Responses to "Pantai Pulau Merah - Pantai Terbaik Di Banyuwangi"

  1. Mantap Kali bro, Tapi Kenapa Hurupnya Small ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah pengaturan templatenya yang begitu

      Delete
  2. Pantai ini memang primadona Banyuwangi...asik banget kalau lihat sunset disini. Kangen pulau merah. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Luar biasa! Pantai yang sangat indah dengan bukit yang merona hijau. Indonesia memiliki potensi wisata yang mumpuni. Ayo berwisata ke Indonesia.

    ReplyDelete
  4. meskipun jauh di Kaltim, Tembakur, Pulau Merah, Pancer tetap jadi bagian dari Saya. PM Mantap

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya