Pantai Pandawa Kutuh Bali - Salah Alternatif Pantai Terindah Di Bali

Wisata Bali – Pantai Pandawa (Pantai Kutuh)

Pantai Pandawa Bali bisa jadi adalah sebuah objek wisata yang tepat bagi kamu yang cenderung menghindari keramaian saat berlibur.

foto pemandangan Di Pantai Pandawa
albertputut.blogspot.co.id

Oleh sebab itu pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Bali, serta pantai ini juga menjadi alternatif dari pantai Kuta, atau Pantai Sanur Bali.

Sebab objek wisata Pantai Pandawa di Bali ini masih tergolong masih baru dan tidak seramai dibandingkan aktivitas di Pantai Kuta, Pantai Legian maupun Pantai Seminyak.

Sejarah Pantai Pandawa

Nama Pantai Pandawa yang tersemat pada pantai indah di Bali ini berasal dari terdapatnya lima buah patung Pandawa, tokoh-tokoh legenda dalam ajaran Hindu (Mahabrata), yang terletak menghadap pantai dan laut lepas.

Kelima patung Pandawa itu diletakkan di sebuah tebing kapur di belakang objek wisata ini. Di tebing kapur tersebut dibuat lima lubang guna menempatkan kelima patung Pandawa.

foto patung pandawa Di Pantai Pandawa
albertputut.blogspot.co.id

Patung-patung terdiri dari patung Yudistira, Bima, Arjuna serta patung si kembar Nakula – Sadewa. Selain disebut dengan Pantai Pandawa, pantai ini juga disebut dengan Pantai Kutuh.

Destinasi wisata yang satu ini dahulunya dikenal dengan sebutan "Secret Beach" atau "Pantai Rahasia" sebab lokasi Pantai Kutuh yang tersembunyi di balik tebing kapur yang menjulang tinggi, sehingga tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan Pantai Kutuh.

Namun kini, pihak pemerintah daerah sudah membuka akses masuk ke lokasi Pantai Kutuh dengan cara membuat jalan sepanjang 1,5 km yang membelah tebing kapur.


Lokasi Pantai Pandawa

Lokasi Pantai Pandawa ini berada di Desa Kutuh, Kutu Selatan, Badung, Bali. Oleh sebab itu pula pantai ini juga di sebut Pantai Kutuh. Objek wisata Pantai Pandawa ini berjarak kurang lebih 18 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.


Keindahan Panorama Alam Di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa ini menyajikan hamparan pasir putih dengan air lautya yang berwarna biru kehijauan tentu akan membuat siapa saja menjadi betah berlama-lama memandanginya sambil bersantai dengan duduk di deretan kursi malas yang berjejer di sepanjang Pantai Kutuh ini.

Jika kamu pergi ke Pantai Kuta untuk menyaksikan indahnya pemandangan saat matahari terbenamnya, maka di Pantai Kutuh yang menghadap ke timur ini kamu akan disajikan pemandangan matahari terbit yang tak kalah memesona mata kamu.

Namun tak jarang, kamu bisa menyaksikan aktivitas wisatawan lain yang sedang melakukan paragliding dari Bukit Timbis, dan terbang melewati atas Pantai Kutuh.


Ritual Budaya Di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa setiap tahunnya menjadi lokasi berlangsungnya upacara Malesti yang merupakan sebuah upacara ritual sebagai rangkaian peringatan hari raya Nyepi di Bali.

Menurut orang Hindu Bali, Upacara Malesti ini bertujuan untuk menyucikan diri dari segala kesalahan serta perbuatan buruk yang pernah dilakukan pada masa lalu.


Budidaya Rumput Laut di Pantai Pandawa

Tak hanya itu, di kawasan Pantai Pandawa ini juga terdapat kegiatan pembudidayaan rumput laut yang dilakukan para nelayan setempat.


Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Untuk dapat menikmati segala keindahan panorama Pantai Pandawa ini, kamu hanya perlu menggeluarkan biaya sebesar Rp2.000,00 untuk kamu WNI dan Rp5.000,00 untuk WNA. Tentu ini harga yang terlampau murah dibandingkan keindahan yang tersaji di Pantai Pandawa.

Apa yang bisa kamu lakukan selama di Pantai Kutuh?

List Aktivitas Menarik Yang Bisa di Lakukan di Pantai Kutuh

》Hunting Foto Keren Di Pantai Pandawa

Hamparan pasir pantai yang putih serta air laut yang biru kehijauannya tampak menjadi pemandangan yang cantik dan menawan. Maka dari itu, keindahan Pantai Kutuh membuat para wisatawan termasuk kamu ingin mengabadikannya pada media foto.

Kamu akan mendapatkan foto yang luar biasa bila mengambil background Pantai Pandawa. Dan jika ingin mengambil foto dengan angle yang lebih luar biasa, sebaiknya kamu naik ke atas tebing dan capture foto terbaik dari atas tebing. Dijamin banyak yang like dan iri :) .

Tak hanya foto diunggah ke socmed, tapi tak jarang Pantai Pandawa juga lokasi berfoto prewedding dan pengambilan adegan untuk keperluan komersil baik iklan maupun film.


》Berjemur Sekaligus Bersantai Sambil Dipijat Di Pantai Pandawa

Di sepanjang Pantai Pandawa ini banyakberjejer kursi malas yang dilengkapi payung yang disewa untuk kamu yang ingin berjemur.

Bersantai Di Pantai Pandawa
albertputut.blogspot.co.id

Anda cukup berjemur dan menikmati suasana sambil membaca buku favorit kamu. Selain berjemur dan membaca, kamu juga dapat memanggil tukang pijat yang biasa berkeliling di sekitar Pantai Pandawa.


Baca Juga: Pantai Nusa Dua: Pesisir Terbersih di Bali



》Berselancar Menaklukan Ombak Di Pantai Pandawa

Ombak di Pantai Pandawa tergolong sangat ideal dan menarik untuk ditaklukan melalui berselancar.

Bahkan menurut warga sekitar, terungkapnya keberadaan Pantai Pandawa ini juga tak lepas dari wisatawan yang dahulu seringkali membawa papan selancarnya dan berjalan menyelusuri jalan ke arah Pantai Pandawa ini.

Banyak orang yang penasaran mengapa mereka susah payah melewati tebing kapur dengan membawa papan selancar. Mulai saat itulah keberadaan Pantai Pandawa ini diketahui banyak orang hingga saat ini.


》Menyewa Perahu Dan Berlayar Di Pantai Pandawa

Jika kamu merasa kurang puas jika hanya menikmati keindahan Pantai Pandawa dari atas pasir putihnya saja, kamu bisa memiliki option lain yakni berlayar ke laut lepas.

Di Pantai Pandawa banyak tersedia perahu dayung yang dapat kamu sewa dengan harga Rp15.000,00. Dan jangan ketinggalan untuk sekalian menyewa baju pelampungnya dengan harga Rp10.000,00 sebagai bagian dari keamanan dan keselamatan kamu.


》Belajar Budidaya Rumput Laut Di Pantai Pandawa

Seperti yang saya tuturkan diatas bahwa di Pantai Pandawa ada budidaya rumput laut, dan menjelang kala sore, akan banyak nelayan yang datang guna mengambil rumput laut yang terdampar karena terseret ombak ke tepi pantai.

Para nelayan ini selain datang untuk mengambil rumput laut yang telah mati dan terbawa ombak ke tepi pantai, juga datang guna melakukan penanaman rumput laut demi menjaga kelestarian alam di Pantai Pandawa.


Baca Juga: Water Sports Seru Di Pantai Tanjung Benoa




》Wisata kuliner dan Berburu Souvenir Di Pantai Pandawa

Di Pantai Pandawa ini banyak berdiri warung makan dan kios yang berjejer menjual aneka kuliner dan souvenir khas wisata pantai.

Kuliner yang tak boleh lupa dicicipi adalah aneka olahan seafood dengan citarasa yang memuaskan lidah. Dan souvenir yang bisa ditemukan, mulai gantungan kunci dari susunan kerang, gelang maupun kalung kayu dengan ukiran khas Bali serta frame foto dengan ornamen pasir pantai.


Transportasi dan Akomodasi Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kutu Selatan, Badung. Pantai Pandawa ini hanya berjarak sekitar 18 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Meski demikian, tidak ada alat transportasi umum yang melewati lokasi Pantai Pandawa ini.

foto jalan Di Pantai Pandawa
albertputut.blogspot.co.id

Untuk bisa tiba di lokasi Pantai Pandawa ini, cara paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, naik taksi atau dengan menyewa mobil/sepeda motor.

Untuk akomodasi Pantai Pandawa ink sendiri, terdapat penginapan terdekat yang berada di kawasan Nusa Dua dengan jarak hanya sekitar 3 km dari lokasi Pantai Pandawa ini.

Baca Juga: Bali Camel Safari Untuk Menikmati Pantai Sawangan Bali



Akses dan Rute Ke Lokasi Pantai Pandawa

Lokasi objek wisata Pantai Pandawa dapat kamu tempuh hanya dalam waktu sekitar satu jam dari Bandara Ngurah Rai. Perjalanan ini dapat diarahkan dari Kuta menuju ke arah Garuda Wastu Kencana setelah itu belok kiri menuju Nusa Dua ataupun Bali Cliff.

Sebenarnya yang Anda perlukan adalah memerhatikan petunjuk arah yang bertulisan Pantai Pandawa, dan untuk setelah belok kiri hingga tiba di perempatan dan kemudian mengikuti jalurnya hingga akhirnya kamj tiba di lokasi Pantai Pandawa.

Jalanan yang kamu lalui akan melewati tebing batu dan dinding bukit yang telah dilubangi kemudian diisi oleh lima patung tokoh Pandawa sesuai namanya.


Peringatan Bagi Pangunjung Pantai Pandawa

aktivitas wisata Di Pantai Pandawa
nyamenusanet.blogspot.co.id

Kamu diharuskan berhati-hati saat beraktivitas di pinggir pantai seperti berenang atau bermain kano.

Meskipun di pantai kutuh ini sudah ada penjaga pantai, akan tetapi keadaan ombak dan angin di pantai ini terkadang tidak dapat diprediksi, dan berpotensi membahayakan keselamatan anda.

4 Responses to "Pantai Pandawa Kutuh Bali - Salah Alternatif Pantai Terindah Di Bali"

  1. wah bakal bagus tuh ngeliat sunrise dipantai itu, sayangnya ane belum ada uang buat kesana hihi maklum nakos.

    ReplyDelete
  2. indah sekali pantainya, jadi pingin sekali OTW ke lokasi

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya