Pantai Indah Popoh Tulungagung Memang Sesuai Namanya

Pantai Indah Popoh - Letak geografis Kabupaten Tulungagung yang menghadap Samudera Hindia di bagian selatan telah menjadikan Tulungagung mempunyai panorama pesisir yang begitu eksotis. Sebagai contoh ambil saja Pantai Teluk Popoh.

Panorama Pantai Indah Popoh Tulungagung
Foto: griyacerita.wordpress.com

Pantai Popoh yang berada di sebuah teluk ini hanya berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dari pusat kota, dimana di sepanjang perjalanan kamu akan disajikan pemandangan pegunungan kapur, hingga area persawahan, dan kemudian anda harus melalui jalanan yang berkelok dan menyusuri hutan perbukitan sebelum dapat tiba di lokasi Pantai Popoh.


Alamat/Lokasi Pantai Indah Popoh Tulungagung.

Pantai Indah Popoh ini berada di wilayah administrasi Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Atau lebih tepatnya berada di pesisir Samudera Hindia, sekitar 30 Km arah selatan kota Tulungagung.

Baca Juga: Pantai Lumbung, Pantai Eksotis Yang Sangat Butuh Untuk Diekspose.




Sejarah dan Legenda Pantai Popoh Tulungagung.

Sejarah Pantai Popoh tak bisa lepas dari kisah salah satu ikon Tulungagung di masa lalu yaitu Pabrik Rokok Retjo Pentung yang mengalami kebangkrutan pada awal tahun 2000 dan kini sudah tidak lagi berproduksi.

Namun ternyata sebelum mengalami kebangkrutan, sang pemilik Pabrik Rokok Retjo Pentung yakni Alm. Bapak Soemiran telah mendirikan sebuah bangunan yang hingga kini dikenal sebagai Pesanggrahan Retjo Sewu di dekat lokasi Pantai Indah Popoh Tulungagung.

Panorama Pantai Indah Popoh Tulungagung
Foto: poguman.blogspot.com


Namun entah apa yang mendasari hingga didirikannya kompleks pesanggrahan ini. Ada anggapan bahwa kisah Roro Jonggrang yang begitu terkenal di Candi Prambanan dengan 1000 Arcanya yang telah menjadi salah satu faktor pemicu yang mendasari dibuatnya kompleks Pesanggrahan.

Konon dahulu kala, Kompleks Pesanggrahan ini merupakan tempat dimana para petinggi kerajaan beserta para pasukannya beristirahat, sementara kata Retjo Sewu berasal dari Basa Jawa yang berarti arca atau patung yang berjumlah 1000 buah.

Baca Juga: Air Terjun Madakaripura, Surga Tersembunyi Di Alam Probolinggo




Dua Bagian Pantai Popoh Tulungagung.

Pantai Popoh Tulungagung ini terbagi dalam dua kawasan, yaitu Pantai Popoh bagian barat dan Pantai Popoh bagian timur.

Antara Pantai Popoh bagian timur dan barat Pantai Popoh dipisahkan oleh kawasan hutan mangrove yang luas.

Dan Jalan yang menghubungkan kedua bagian dari Pantai Popoh Tulungagung ini berupa jalan berundak dan dengan rute cukup panjang.

Panorama Pantai Indah Popoh Tulungagung
Foto: awesomeindonesia.asia


Dan area itulah yang biasa digunakan untuk berolahraga jalan kaki santai sambil menikmati membusan angin segar dikawasan Pantai Popoh Tulungagung.

Baca Juga: 11 Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung yang Menakjubkan




》Pantai Popoh Bagian Timur.

Bagian ini merupakan wilayah Pantai Popoh yang memiliki kondisi terjal dan berbatu. Dengan kondisi tersebut, kamu tidak dianjurkan jalan-jalan di pesisir Pantai Popoh bagian timur ini.

Walaupun telah dipasangi pagar pengaman, ombak di Pantai Popoh ini cukup besar sehingga setiap pengunjung diharuskan untuk selalu waspada pada saat berada di tepi tebing di Pantai Popoh bagian timur.


》Pantai Popoh Bagian Barat.

Bagian ini merupakan daerah yang terbilang lebih landai dan berombak lebih kecil. Pantai Popoh bagian barat ini merupakan lokasi dimana perahu-perahu wisata terparkir berjejer yang dapat kamu sewa.

Pantai Popoh Bagian Barat ini banyak nelayan yang hilir mudik mengangkut ikan hasil tangkapan selama semalaman.

Di Pantai Popoh bagian barat ini terdapat pula berbagai kios-kios rakyat yang menjajakan beragam jajanan serta kuliner khas Tulungagung tak lupa pula souvenir berupa hasil kerajinan tangan masyarakat setempat juga dijual di kios-kios tersebut.


Baca Juga: 11 Pantai Terindah Di Banyuwangi Yang Bikin Kamu Melongo




Aktivitas Wisata Di Pantai Popoh Tulungagung.

Di Kawasan Wisata Pantai Indah Popoh ini kamu akan dapat menikmati waktu kebersamaan dengan keluarga atau sahabat sambil berwisata. Bagi Anak-anak, mereka bisa bermain di playground area.

Sedang bagi anda yang merupakan penikmat hiburan musik, maka Pantai Indah Popoh ini sangat cocok untuk anda karena secara rutin akan digelar pementasan panggung gembira di Kawasan Pantai Indah Popoh.

Selain itu anda juga bisa puas berbelanja di deretan kios yang menjajahkan berbagai souvenir pernak-pernik laut yang tentunya masih bisa ditawar bagi kamu yang memang jago menawar harga.

Adapun keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kawasan Pantai Indah Popoh ini juga memungkinkan kamu dapat membeli ikan hasil tangkapan para nelayan selepas pulang melaut, yang tentunya masih dalam keadaan Fresh.

Nah, jika anda ingin mengarungi laut Kawasan Pantai Indah Popoh maka sebaiknya anda menyiapkan uang IDR8,000/orang untuk menikmati layanan Tour berkeliling di sekitar kawasan teluk Popoh dengan perahu motor berkapasitas 20 orang.

Panorama Pantai Indah Popoh Tulungagung
Foto: balibackpacker.blogspot.com



Baca Juga: Air Terjun Nglirip, Indahnya Air Terjun Di Tuban




Ingin dapat spot berfoto dengan engel yang menakjubkan, maka anda dapat berjalan mendaki bukit dan menikmati panorama alam yang luar biasa dan menjadi salah satu spot berfoto andalan di Kawasan Wisata Pantai Indah Popoh ini.

Laut bebas dengan berbatu karang. Ditambah desiran angin, berserta deburan ombak tinggi yang menghantam karang, yang tampak di depan mata adalah panorama bentangan laut biru yang bertemu dengan kaki langit pada garis horizontal akan merelaksasi mata Anda. Sungguh tempat wisata yang menenangkan jiwa dan merelaksi pikiranmu.


Harga Tiket Masuk dan Parkir di Pantai Popoh Tulungagung.

Dan untuk bisa masuk ke dalam kawasan Wisata Pantai Popoh ini kamu harus membayar retribusi sebesar IDR3,000/orang serta IDR1,000/kendaraan bermotor.

Panorama Pantai Indah Popoh Tulungagung
Foto: awesomeindonesia.asia


Rute Menuju Pantai Popoh Dari Tulungagung (source: www.trackpacking.com):

1) Ke arah barat menuju Jalan Pesantren kurang lebih sejauh 100 meter.
2) Belok kiri ke Jalan Pesantren kurang lebih sejauh 2 km
3) Belok kanan kurang lebih sejauh 2,4 km
4) Belok kiri kurang lebih sejauh 500 meter
5) Belok kanan kurang lebih sejauh 1,9 km
6) Belok kiri kurang lebih sejauh 500 meter
7) Belok kanan kurang lebih sejauh 900 meter
8) Terus ke Jalan Raya Pucung Kidul kurang lebih sejauh 2,3 km
9) Belok kiri ke Jalan Ki Mangun Sarkoro kurang lebih sejauh 1,3 km
10) Terus ke Jalan Raya Boyolangu/Jalan Raya Pojok Campurdarat, dan lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Boyolangu kurang lebih sejauh 9 km
11) Terus ke Jalan Raya Sukoanyar kurang lebih sejauh 2,5 km
12) Terus ke Jalan Raya Bandung Campurdarat kurang lebih sejauh 2,4 km
13) Terus ke Jalan Raya Bandung/Jalan Raya Bandung - Prigi. Lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Bandung - Prigi kurang lebih sejauh 11,5 km
14) Belok kiri untuk tetap di Jalan Raya Bandung - Prigi kurang lebih sejauh 2,2 km
15) Belok kiri ke Jalan Raya Bandung - Prigi/Jalan Raya Pantai Prigi. Lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Bandung - Prigi kurang lebih sejauh 4,9 km
16) Belok kiri ke Jalan Durenan-Watulimo/Jalan Raya Bandung - Prigi. Lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Bandung - Prigi kurang lebih sejauh 2,9 km

Baca Juga: Goa Lowo Watulimo Trenggalek, Terbesar di Asia Tenggara




Lanjutkan Tour Wisata Kamu Ke Pantai Prigi Trenggalek Juga.

Meski Pantai Popoh dan Pantai Prigi berada pada dua kabupaten yang berbeda. Namun sebenarnya jarak antara lokasi Pantai Popoh dengan lokasi Pantai Prigi ini kurang lebih 5 km.

Tak hanya itu, kedua pantai yang berdekatan ini juga memiliki karakteristik alam yang berbeda. Di Pantai Popoh Tulungagung mempunyai ombak yang relatif lebih besar dibandingkan ombak di Pantai Prigi Trenggalek.

Baca Juga: Pantai Prigi: Destinasi Favorite Di Tulungagung Dengan Pemandangan Yang Eksotis.



Hal semacam ini dimungkinkan sebagai akibat teluk pada Pantai Prigi lebih menjorok kedalam dan lebih luas dibandingkan teluk pada Pantai Popoh sehingga gulungan ombak Samudera Hindia lebih dahulu tertahan oleh daratan di kawasan Pantai Munjungan serta Panti Popoh.

Ya itulah tadi informasi mengenai Pantai Indah Popoh Tulungagung, semoga bermanfaat dan selamat liburan, Happy Holiday....


1 Response to "Pantai Indah Popoh Tulungagung Memang Sesuai Namanya"

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya