Air Terjun Tumpak Sewu, Berlibur Sambil Bertualang di Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu, Berlibur Sambil Bertualang di Lumajang

Sudah pernah dengar nama Air Terjun Coban Sewu?. Mungkin bagi kamu yang orang Lumajang atau Malang mungkin sudah tahu, tapi yang diluar dua daerah tersebut mungkin masih ada yang belum pernah tahu atau bahkan ada yang belum pernah sekalipun mendengar namanya.

Objek wisata Air Terjun Coban Sewu ini agak berbeda bila dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya, pasalnya Air Terjun Coban Sewu ini tergolong wisata yang lebih ekstrim dan identik dengan petualangan.


Lokasi atau Alamat Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Coban Sewu atau banyak orang yang menyebutnya Air Terjun Tumpak Sewu merupakan sebuah destinasi wisata menarik baru yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Baca Juga: Pantai Indah Popoh Tulungagung Memang Sesuai Namanya




Sejarah Air Terjun Tumpak Sewu

Dikarenakan merupakan objek wisata yang masih baru, maka informasi mengenai wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini masih sangat minim sehingga masyarakat luas masih belum banyak yang pernah mendengarnya.

panorama coban sewu
foto : islahagus.blogspot.com

Namun kini Air Terjun Coban Sewu ini telah mulai menjadi perbincangan hangat dan menjadi destinasi utama kunjungan wisatawan lokal.

Meskipun awalnya memang oleh warga sekitar Air Terjun Tumpak Sewu ini disembunyikan dikarenakan khawatir objek wisata ini tidak akan terawat oleh pemerintah seperti halnya Goa Tetes.

Namun pada akhirnya warga sekitar mulai percaya setelah pemerintah daerah mulai serius dalam memperhatikan tempat wisata alam seperti B-29. Dan Warga sekitar berharap kepada pemerintah agar segera melakukan pengembangan dengan adanya objek wisata baru ini.


Asal-Usul Nama Coban Sewu

Asal-asul atau sejarah penamanaan Objek wisata ini yang disebut Air Terjun Coban Sewu berasal dari dua kata yaitu Coban dan Sewu.

Dalam basa Jawa coban dapat diartikan sebagai air terjun dan sewu yang berarti seribu. Sehingga makna Air Terjun Coban Sewu adalah seribu air terjun.

Disebut Air Terjun Coban Sewu sebab di lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ini terdapat banyak air terjun (aliran air yang jatuh dari atas) yang tersebar di sepanjang tebing.

Karakteristik Air Terjun Tumpak Sewu ini sangat tinggi yang bahkan sanggup memacu adrenalin anda saat mengambil foto dari atas tebing.


Jalan atau Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

menyusuri sungai ke coban sewu
foto : amirenesia.id

Untuk bisa tiba di lokasi Air Terjun Coban Sewu kita perlu pergi ke Lumajang kemudian setelah anda tiba di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang, maka sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut terdapat sebuah gang menurun yang terapat di bagian kiri jalan (itu jika kamj datang dari arah Lumajang)

Kemudian kita lurus mengikuti jalan itu saja sampai sungai, lalu sepeda motormu letakkan saja di gubuk penambang pasir.

Dan perjalanan kamh harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sejauh sekitar 200 meter, dan setelah itu, kita akan menemukan Air Terjun Tumpak Sewu ini.

Rute yang telah disebutkan diatas merupakan rute untuk melihat Air Terjun Tumpak Sewu dari atas. Namun jika kita ingin melihat Air Terjun Tumpak Sewu dari bawah maka kita harus turun, dan melalui melalui Goa Tetes yang dilanjutkan dengan cara berjalan menelusuri sungai dengan melawan arus.


Keindahan Alam Di Air Terjun Tumpak Sewu

Tak perlu khawatir, sebab pengorbanan kamu selama perjalanan kita akan terbayar lunas ketika kamu tiba di bagian bawah Air Terjun Tumpak Sewu yang menyajikan pemandangan air terjun yang begitu eksotis, dan tak kalah dengan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Baca Juga: Air Terjun Madakaripura, Surga Tersembunyi Di Alam Probolinggo



Kejernihan aliran airnya yang segar jatuh dari atas menghujani tubuh anda ditambah lokasinya yang masih asri. Air terjun ini sangatlah cocok bagi kamu yang hobi fotografi dan petualangan (atau hobi selfie dan pamer di sosial media).


Tips dan Persiapan Bertualang Ke Air Terjun Tumpak Sewu

Agar petualangan anda ke Air Terjun Tumpak Sewu berjalan lancar. Maka berikut ini sedikit tips dan persiapan sebagai bekal sebelum menuju Air Terjun Coban Sewu :

〉Bawalah Sendal atau Sepatu Outdoor.

Memakai sepatu atau sendal dengan gerigi atau standar outdoor sangat berguna untuk digunakan saat menuruni tebing-tebing yang curam serta medan batuan cadas yang berlumut sekaligus licin.


〉Gunakan Jasa Travel Guide.

Jalannya yang sulit untuk diprediksi dan terkesan memang tidak ada jalannya membuat anda disarankan untuk tidak pernah mencoba untuk mencari jalan sendiri.

Selain itu, Travel Guide adalah masyarakat setempat yang biasa mencari rumput dengan menerobos jalan dan membuatnya mudah dilalui wisatawan.


〉Simpan Alat Elektronik Di Tempat yang Aman.

Bungkus alat elektronik menggunakan plastik kemudian masukkan dalam tas. Hal ini untuk mencegah alat elektronikmu rusak terkena air dikarenakan kita juga akan menyusuri sungai.


〉Membawa Tali Juga Akan Sangat Membantu.

Kalau kamu datang bersama rombongan maka patut kiranya untuk membawa tali sebagai perangkat keselamatan.


〉Siapkan Perbekalan.

Bawalah camilan serta air mineral, karena dipastikan tidak akan ada penjual makanan disana, (Astaga.. ini masih alam liar guys).


〉Siapkanlah Fisikmu.

Sebagai bahan referensi saja :
> Dari Tempeh ~ Goa Tetes (± 60 menit).
> Turun sungai melalui Goa Tetes (± 30 menit).
> Menyusuri sungai ~ Air Terjun Coban Sewu (± 20 menit).
> Naik sungai ~ Goa Tetes (± 45 menit).


〉Perhatikan Cuaca dan Pemilihan Waktu.

Baca ramalan cuaca dari BMKG akan membantu anda mempeekirakan cuaca saat anda datang ke Air Terjun Tumpak Sewu tidak hujan.

Panorama Coban Sewu Dari Atas
foto : explore1ndonesia.blogspot.com

Benar bukan?? Jika objek wisata Air Terjun Coban Sewu ini agak berbeda bila dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya, pasalnya Air Terjun Coban Sewu ini tergolong wisata yang lebih ekstrim dan identik dengan petualangan.

Dan tolong perhatikan pemilihan waktunya juga, jangan sampai memulai perjalanan ketika sudah terlalu sore, karena perjalanan akan sangat berbahaya jika hari telah gelap.


Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat...

0 Response to "Air Terjun Tumpak Sewu, Berlibur Sambil Bertualang di Lumajang"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya