11 Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung yang Menakjubkan

11 Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung Jadi Destinasi Impian

Beberapa waktu lalu, sosial media ramai membahas Pantai Kedung Tumpang. Bukan keindahan pasar putihnya yang membuat pantai ini banyak dibicarakan. Namun, keberadaan sebuah laguna karang yang terlihat begitu cantik menawan.

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung
Foto: Panorama Pantai Kedung Tumpang

Ditemukannya Pantai Kedung Tumpang seakan menyadarkan kita bahwa Tulungagung juga punya pantai cantik.

Selain Kedung Tumpang, masih ada beberapa pantai cantik lain yang bisa kita temukan di Tulungagung. Dan berikut ini 11 Daftar Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung yang mungkin akan menjadi tujuan traveling impian bagi kamu:


11. Pantai Brumbun, Ngrejo, Tulangagung.

11. Pantai Brumbun, Ngrejo, Tulangagung.
Pantai Brumbun

Pantai Brumbun adalah nama dari sebuah pantai berpasir abu-abu kehitaman yang berada di wilayah administrasi Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Memang jika di lihat sepintas, Pantai Brumbun ini memang tampak biasa saja dan tidak istimewa. Namun, itu bukan berarti bahwa Pantai Brumbun ini tak layak untuk dikunjungi. Sebab area Pantai Brumbun yang cukup luas sehingga merupakan tempat yang menyenangkan untuk bermain.

Ombak yang ada di Pantai Brumbun juga cukup kecil sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin bermain di sana dengan lebih leluasa. Dari pusat kota Tulungagung pantai ini hanya berjarak sekitar 22.5 km dan harus melewati medan yang cukup sulit.


10. Pantai Sine, Kalidawir.

Pantai Sine Tulungagung
Foto: travellers2009.wordpress.com/

Lokasi Pantai Sine ini ada di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung. Pantai Sine ini memiliki suasana yang tidak jauh berbeda dengan suasana di Pantai Brumbun, dimana Pantai Sine ini juga memiliki pasir pantai berwarna keabunan dengan area bibir pantai yang cukup lebar.

Namun, Pantai Sine tidak hanya menawarkan indahnya pesona panorama pantai yang akan membuat kita merasa nyaman saat bermain di area pantai, melainkan juga menyajikan berbagai kebudayaan lokal daerah setempat.

Diantara kebudayaan lokal yang tersaji di Pantai Sine Tulungagung ini adalah pagelaran seni wayang kulit yang biasanya akan diselenggarakan pada tanggal satu suro.

Tak hanya itu, pada saat kamu berada di Pantai Sine maka kamu akan menyaksikan aktivitas para nelayan yang sedang sibuk.

Selain pagelaran seni wayang kulit, di pantai Sine ini juga sering diadakan acara ritual seperti Upacara Larung Sesaji yaitu semacam upacara adat setempat untuk mengusir hal-hal buruk.


9. Pantai Pamulang atau Pantai Silangkap.

Pantai Pamulang Silangkap Tulungagung
Foto: maringetrip.com/

Pantai Pamulang atau Pantai Silangkap ini memang bisa dianggap sebagai pantai yang masih perawan alias belum banyak terjamah tangan manusia. Pantai Pamulang Silangkap ini berada di Desa Ngrejo, TanggungGunung, TulungAgung, Jawa Timur.

Ketika kamu berada di Pantai Pamulang Silangkap ini kamu akan merasa seperti memiliki pantai pribadi sebab suasana di Pantai Pamukang Silangkap ini masih sangat sepi dan teduh karena di pantai ini banyak tumbuh pepohonan rindang.

Meskipun Pantai Pamulang Silangkap ini tidak mempunyai bibir pantai yang luas, namun hal tersebut tidak akan sedikitpun mengurangi keindahan panorama alam di Pantai Pamulang Silangkap ini.

Pantai Pamulang Silangkap tampak begitu indah dengan hamparan pasir pantai berwarna putih kemerahan ditambah lagi penorama laut biru dan jernih di depan mata tentu akan membuat Pantai Pamulang Silangkap ini semakin memesona pantai ini.


8. Pantai Pathok Gebang, Tanggunggunung.

Pantai Pathok Gebang, Tulungagung
Foto: mreyhanflorean.blogspot.com/

Lokasi Pantai Pathok Gebang ini berada di desa Jengglungharjo kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Berdekatan dengan Pantai Ngalur maupun di Pantai Sanggar.

Meskipun Pantai Pathok Gebang ini juga tidak bisa diakses dengan mudah serta akan membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Namun, setelah kamu tiba disana, maka kamu akan terpukau karena disuguhi oleh panorama sebuah pantai yang sangat memesona.

Di Pantai Pathok Gebang ini terdapat sebuah batu karang yang memiliki bentuk menyerupai sebuah bendungan. Pada saat air laut sedang mengalami pasang maka kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

Yakni sebuah pertunjukan dimana ombak di Pantai Pathok Gebang ini akan langsung menghantam batu karang tersebut sehingga menimbulkan semburan air yang tingginya dapat mencapai lebih dari 10 meter.


7. Pantai Molang

Pantai Molang, Tulungagung
Foto: islahagus.blogspot.com/

Pantai Molang mempunyai penorama yang sangat indah dengan pasir pantainya yang putih kecoklatannya. Lokasi pantai Molang ini berada daerah perbatasan kabupaten Blitar dan kabupaten Tulungagung sehingga kamu dapat mengakses lokasi Pantai Molang ini melalui dua daerah tersebut.

Di Pantai Molang ini kamu akan disajikan panorama Samudra Hindia dan apa yang menjadi ciri khas Pantai Selatan yakni gulungan ombak yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu kamu diharuskan berhati-hati jika ingin bermain air di Pantai Molang ini. Apalagi pada saat air sedang mengalami pasang.


Baca Juga: Pantai Molang, Pantai Yang Wajib Dikunjungi Saat Di Tulunggagung




6. Pantai Sanggar, Tanggunggunung.

Pantai Sanggar Tulungagung
Foto: bloggertulungagung.blogspot.co.id/

Pantai Sanggar ini berada di desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Pantai Sanggar mempunyai pesona alam yang akan membuat kamu merasa nyaman saat berada di sana. Dengan pasir pantainya yang putih serta air lautnya yang tampak masih sangat bersih, Pantai Sangar ini merupakan salah satu pantai paling cantik di Tulungagung.

Meski demikian, untuk bisa tiba di Pantai Sangar ini akan membutuhkan sedikit perjuangan, sebab lokasinya yang cukup sulit diakses dan dijangkau.

Namun karena itu pula, tidak banyak pengunjung yang mendatangi Pantai Sangar ini sehingga kamu bisa merasakan bagaimana suasana pantai yang benar-benar natural.


5. Pantai Ngalur, Tanggunggunung.

Pantai Ngalur, Tulungagung
Foto: ilhamridhwan.blogspot.co.id/

Pantai Ngalur berada tidak jauh dari lokasi Pantai Sanggar sehingga keduanya mempunyai panorama alam yang tidak jauh berbeda. Yap Pantai Sangar dan Pantai Ngalur ini sama-sama berada di desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Seperti halnya Pantai Sangar, pasir pantai di Pantai Ngalur ini juga berwarna putih serta air lautnya yang masih dalam kondisi bersih yang akan menyambut kedatangan kamu di Pantai Ngalur maupun di Pantai Sanggar.

Di sisi lain, Pantai Ngalur ini juga merupakan tempat yang sangat tepat dijadikan sebagai lokasi berkemah karena suasananya yang masih asri, sehingga akan merasa lebih dekat dengan alam.

4. Pantai Popoh, Tulungagung

Pantai Popoh, Tulungagung
Foto: http://griyacerita.wordpress.com/

Pantai Popoh ini merupaka salah satu yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan di Tulungagung. Hal itu bukan tanpa alasan sebab karena Pantai Popoh ini memiliki pemandangan alam yang tak bisa diragukan lagi.

Pantai Popoh ini merupakan pantai berbentuk teluk yang memiliki ombak cenderung tenang. Pemandangan yang tersaji di sekitar Pantai Popoh ini menjadi semakin indah berkat keberadaan barisan pegunungan yang berdiri mengelilinginya.

Pantai Popoh ini hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung.


3. Pantai Coro, Besuki.

Pantai Coro Tulungagung
Foto: Panoram Pantai Coro

Pantai Coro ini merupakan nama pantai eksotis yang berada di pesisir selatan Tulungangung, Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dan letaknya juga tak terlalu jauh dari lokasi Pantai Recu Sewu Popoh.

Meskipun menyandang nama "Pantai Coro" yang dalam bahasa Jawa berarti "Pantai Kecoa", namun kamu tidak akan pernah menyangka apabila objek wisata Pantai Coro yang dikelola oleh dinas pariwisata Tulungagung ini memiliki panorama alam yang sangat indah, sangat jauh dari kesan kecoa yang menjadi nama Pantai Coro ini.


Baca Juga: Pantai Coro, surga tersembunyi dipesisir selatan Tulungagung




2. Pantai Lumbung, Puncanglaban.

Pantai Lumbung, Tulungagung
Foto: Panorama Pantai Lumbung

Pantai Lumbung ini berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kecamatan Pucanglaban ini memang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tulungagung yang langsung berbatasan dengan hamparan Samudera Hindia yang mempunyai banyak pantai yang cantik dan memiliki daerah pesisir yang sangat eksotis.

Salah satu keindahan Pantai Lumbung ini adalah keberadaan batu besar di kawasan Pantai Lumbung, batu besar tersebutlah yang menjadi icon dari Pantai Lumbung.

Meski begitu tampaknya itu tak hanya itu banyak keindahan yang terpancar dari Pantai Lumbung ini yang mampu untuk membuat para pengunjung mau datang ke pantai ini.


Baca Juga: Pantai Lumbung, Pantai Eksotis Yang Sangat Butuh Untuk Diekspose





1. Pantai Kedung Tumpang, Pucanglaban.

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung
Foto: Panorama Pantai Kedung Tumpang

Dan inilah pantai yang sedang menjadi primadona di kalangan para penggemar traveling, yakni Pantai (Laguna) Kedung Tumpang yang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Saya lebih menyebutnya laguna sebab kecantikan Pantai Kedung Tumpang ini bukan terletak pada pasir pantainya yang putih dan menawan, melainkan laguna yang berupa cekungan air berwana hijau, kunjng dan biru.

Pantai Kedung Tumpang yang berupa pantai tebing karang. Dan yang membuat banyak wisatawan menjadi tertarik pada pantai ini adalah banyaknya lubang-lubang karang yang terbentuk secara alami yang membentuk laguna yang benar-benar cantik.

Tak hanya itu, air yang ada pada laguna-laguna tersebut terlihat berwarna biru dan jernih sehingga siapapun yang datang berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang ini pasti tidak akan tahan untuk segera berenang di dalamnya, dan tentumya berselfie ria. Tapi waspadalah ombaknya besar.



Baca Juga: Pantai Kedung Tumpang, Laguna Indah Diatas Karang




Dan itukah tadi 11 Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung yang mungkin akan menjadi tujuan traveling impian bagi anda.

Yap setelah mengetahui 11 Daftar Terindah Dan Popular di Tulungagung yang mungkin akan menjadi tujuan traveling impian bagi kamu, maka sebaiknya kamu segera memilih dan bersiap untuk traveling menjelajahi Kabupaten Tulungagung.

2 Responses to "11 Pantai Terindah Dan Popular di Tulungagung yang Menakjubkan"

  1. sungguh keren pantai yang terdapat di tulung agung. Rasanya pingin kesana

    ReplyDelete
  2. Mantap, indah pantainya. Untuk info wisata lain kunjung marik www.marikitapiknik.id

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya