Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran

Pantai Watu Dodol merupakan pantai yang terletak dipinggir jalan utama Situbondo-Banyuwangi yang berarti Pantai Batu Dodol, pantai ini merupakan tempat rekreasi keluarga dan juga tempat peristirahatan bagi para pengendara.

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Pantai Watu Dodol ini berdekatan dengan kawasan hutan, selain itu itu mendapatkan pemandangan yang bagus maka sebaiknya para pengunjung menyaksikan panorama pantai dari atas bukit yang berada di dekat pantai.

Pantai ini juga memiliki banyak keunikan yang ditandai oleh keberadaan sumur berair tawar, Goa Jepang, Watu Dodol yang belum bisa dipindahkan hingga Upacara Puter Kayun.

Selain itu, untuk menunjang aktivitas pariwisata di Pantai Watu Dodol ini memiliki berbagai fasilitas hingga penginapan dan restoran yang bisa anda baca dalam penjabaran saya di bawah ini :


Lokasi Pantai Watu Dodol.


Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Pantai Watu Dodol berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol ini merupakan gerbang untuk masuk ke Kabupaten Banyuwangi bila anda datang dari wilayah Kabupaten Situbondo.

Bila anda ingin datang ke tempat ini maka lokasi kawasan wisata ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer perjalanan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.


Etimologi Pantai Watu Dodol.

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Dalam bahasa Jawa, istilah Watu bermakna Batu, sedangkan istilah Dodol dapat juga diartikan sebagai Jenang Dodol dapat merujuk kepada jenis makanan tradisional yang manis dan berbentuk persegi seukuran kelingking.

Dodol juga dapat diartikan sebuah makanan tradisional yang berupa makanan dari ketan yang ditumbuk, kemudian dibentuk lonjong seukuran telapak tangan, dan kemudian digoreng.


Legenda Di Pantai Watu Dodol.

Kawasan Objek Wisata Watu Dodol ini cukup terkenal sebagai tempat wisata yang mengandung banyak cerita legenda mistis yang turut menarik perhatian wisatawan yang penasaran untuk mencoba mendatangi Pantai Watu Dodol.


Sejarah Asal Mula Pemberian Nama Watu Dodol.

Aktivitas Wisata Pantai Watu Dodol
Aktivitas Wisata Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Pada masa Kerajaan Blambangan yang diperintah oleh Minak Jinggo, pernah terjadi sebuah peperangan antara pasukan Blambangan dengan pasukan Majapahit . Pasukan Blambangan yang saat itu mengalami kekalahan, telah mengakibatkan banyak prajuritnya yang melarikan diri menuju ke arah pantai di utara.

Dan seorang prajurit Blambangan yang membawa bekal berupa jadah/dodol saat beristirahat di tepi pantai, namhn bekal dodol yang dia bawa tertinggal. Dodol tersebut akhirnya berubah menjadi sebuah batu besar yang disebut Watu Dodol.

Dan nama Pantai Watu Dodol sendiri diambil dari sebuah batu besar dengan tinggi 6 meter yang terletak tepat di antara kedua ruas jalan raya di dekat Pantai Watu Dodol Banyuwagi.


Keunikan Wisata Watu Dodol


Baca Juga: Pantai Balekambang, Tanah Lot Ala Malang, Jawa Timur




》Keindahan Panorama Saat Sunset

Sunset Di Pantai Watu Dodol
Sunset Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Gambar diatas mungkin sudah bisa menggambarkan bagi anda bagaimana indahnya panorama alam di Pantai Watu Dodol saat matahari mulai kembali ke peraduannya.



》Watu Dodol Di Pantai Watu Dodol.

Watu Dodol
Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Watu Dodol merupakan batu karang yang berwarna hitam pekat yang sangat keras serta memiliki bentuk bagian atasnya yanh lebih besar daripada bagian dasarnya menjadikannya tampak unik.

Di bagian selatan sisi Watu Dodol, tumbuh sebuah pohon kelor yang membuat watu dodol tampak angker, tetapi itu dulu dan kini Watu Dodol sudah terlihat asri karena banyak dihiasi taman yang merupakan jalur hijau.


》Patung Gandrung Di Pantai Watu Dodol.

Patung Selamat Datang Gandrung
Patung Gandrung Selamat Datang
banyuwangibagus.com

Patung Gandrung merupakan patung berbentuk penari dengan tarian khas Banyuwangi yang dihiasi tulisan "Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi" yang dijadikan sebagai penghias gerbang masuk ke Kabupaten Banyuwangi dari Kabupaten Situbondo.


》Sumur Air Tawar Di Pantai Watu Dodol.

Sumur Air Tawar
Sumur Air Tawar
banyuwangibagus.com

Meski berada di daerah pesisir pantai, sumur air yang berlokasi di kawasan Pantai Watu Dodol ini berair tawar. Karena keunikannya tersebut penduduk setempat membatasinya dengan dinding melingkar yang terbuat dari batu.

Mitosnya Air tawar yang dikeluarkan oleh sumur ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.



Baca Juga: Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Laguna Indah Diatas Karang




》Gua Jepang Di Pantai Watu Dodol.

Goa Jepang Di Pantai Watu Dodol
Goa Jepang Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Pada zaman Perang Dunia II, Gua Jepang ini digunakan sebagai benteng pertahanan serta sebagai pos untuk mengawasi setiap kapal yang melintasi Selat Bali. Gua tersebut menghubungkan antara pintu gua yang berada di sisi bukit dengan pintu gua di puncaknya.

Kini kondisi Gua Jepang ini suah tidak terawat dan sudah tertutup oleh semak-semak sehingga cukup sulit untuk ditemukan, kecuali bagi orang-orang yang sudah mengenal betul lokasinya saja yang dapat menemukannya.


Wisata dan Peristirahatan Di Tepian Pantai.

Pantai Watu Dodol dilengkapi beberapa tempat peristirahatan sementara bagi para pengendara yang sedang melintasi jalur Situbondo-Banyuwangi. Lokasi sekitar Pantai Watu Dodol cukup rindang akibat banyak ditumbuhi oleh pepohonan.

Selain dibatasi oleh hanparan laut biru di sebelah timur, lokasi wisata Pantai Watu Dodol ini juga berbatasan langsung dengan bukit dan hutan.

Dan para pengunjung alias pengendara dapat menikmati indahnya panorama laut lepas serta Watu Dodol dari atas bukit, atau bisa juga menikmati keasrian yang terpancar dari hutan yang juga dihuni oleh berbagai jenis satwa liar.


Upacara Puter Kayun Di Pantai Watu Dodol.

Tak hanya punya banyak fasilitas untuk peristirahatan tapi jika punya banyak budaya. Salah satunya adalah Upacara atau Ritual Puter Kayon yang merupakan sebuah festival yang diadakan oleh penduduk setempat yang biasa digelar seusai Lebaran (Idhul Fitri).

Inti dari upacara tersebut adalah perwujudan syukur dari penduduk setempat karena bisa merayakan Lebaran serta mengenang jasa-jasa dari Buyut Jakso, yang merupakan seorang sesepuh yang pertama kali membuka Kampung Boyolangu (lokasi Pantai Watu Dodol).

Upacara dibuka dengan mengarak tumpeng dan berbagai sesajian dari Boyolangu ke lokasi Pantai Watu Dodol. Sesampainya di pantai, seluruh sesajian selanjutnya akan dilarungkan ke laut lepas sementara Tumpeng dijadikan santapan bersama.


Hotel dan Restoran Di Pantai Watu Dodol.

Letak Pantai Watu Dodol yang memang berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang membuatnya sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pelancong yang hendak pergi menuju atau datang dari Pulau Bali. Hotel yang ada di kawasan wisata Pantai Watu Dodol ini adalah Hotel Watu Dodol. Sedang Restoran yang saya tahu ada di lokasi kawasan wisata Pantai Watu Dodol adalah Restoran Melaties.


Fasilitas Wisata Di Pantai Watu Dodol.

Penyewaan Perahu Di Pantai Watu Dodol
Penyewaan Perahu Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Kawasan wisata Pantai Watu Dodol ini dilengkapi dengan banyak fasilitas mulai dari area parkir yang luas, warung-warung berjejer yang menyediakan makanan khas Banyuwangi, toko-toko yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, kamar mandi bagi para wisatawan yang bermain air di pantai, hingga tempat penyewaan perahu nelayan untuk ke tengah laut.


Baca Juga: 11 Pantai Terindah Di Banyuwangi Yang Bikin Kamu Melongo




Rute Dan Jalur Menuju Wisata Alam Pantai Watu Dodol :

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

〉Dari Banyuwangi Kota pergi menuju ke Pelabuhan Ketapang.
〉Dari Pelabuhan Ketapang lalu dilanjutkan menuju ke Pantai Watu Dodol sekitar 2 km.

→ Untuk bisa tiba kawasan wisata Pantai Watu Dodol sangatlah mudah karena lokasinya berada di sebelah jalan lintas propinsi, yang bisa anda tempuh dengan menggunakan bus antarkota jurusan Surabaya-Banyuwangi.

Anda juga bisa menuju lokasi Pantai Watu Dodol dengan menggunakan Kereta Api dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Stasiun Banyuwangi Baru yang kemudian dilanjutkan dengan kendaraan antardesa colt atau isuzu.

→ Apabila anda datang dari arah Bali, setelah anda tiba di pelabuhan penyebrangan Meneng – Ketapang maka anda harus menempuh perjalanan sejauh ±2 km menggunakan angkutan antardesa ataupun bus yang menuju arah Kabupaten Situbondo.


Sekian Informasi Dari Saya Tentang Pantai Watu Dodol Banyuwangi, Semoga Bermanfaat Dan Selamat Berlibur..

2 Responses to "Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran"

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya