Air Terjun Nglirip, Indahnya Air Terjun Di Tuban

Objek Wisata Air Terjun Nglirip merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Tuban yang sudah terkenal dikalangan para wisatawan karena memiliki pemandangan alam yang eksotis yang disuguhkan oleh sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi pepohonan rimbun di sekitarnya.

Pemandangan Air Terjun Nglirip
Pemandangan Air Terjun Nglirip
via islahagus.blogspot.com


Lokasi Air Terjun Nglirip

Secara administratif, letak Air Terjun Nglirip Tuban ini berada di Dusun Jojogan, Mulyo Agung, Singgahan, Tuban. Untuk bisa tiba di lokasi Air Terjun Nglirip ini diperlukan perjalanan sejauh 37 km ke arah barat daya dari Pusat Kota Tuban, Jawa Timur yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Rute Google Map Air Terjun Nglirip
Rute Google Map Air Terjun Nglirip
via travpacker.blogspot.com

Dan buat yang membutuhkan informasi koordinat air terjun nglirep ini tak perlu khawatir, Peta dan Koordinat GPS Air terjun Nglirep ada di : 6°58'6"S 111°47'38"E


Ulasan Mengenai Pemandangan Dan Aktivitas Wisata Di Air Terjun Nglirip

Sajian air yang mengucur deras di Air Terjun Nglirip ini tampak menarik sebab airnya yang sangat jernih jatuh dan menjadi pemandangan yang begitu menyejukan mata. Setidaknya itulah gambaran singkat mengenai Air Terjun Nglirip, Air Terjun yang konon pernah dijadikan Tempat Semedi untuk mencari ilmu di masa lampau Yang Begitu Indah.

Sesaat setelah kamu menginjakan kaki di lokasi Air Terjun Nglirip ini maka mata kamu akan langsung terkesima dengan keindahan yang telah tersaji di hadapanmu. Suasana di sekeling air terjun nglirip yang begitu sejuk yang disebabkan oleh pepohonan rindang yan banyak tumbuh di sekitar lokasi air terjun.

Pemandangan Air Terjun Nglirip
Pemandangan Air Terjun Nglirip
via islahagus.blogspot.com

Jernihya air yang mengalir dan jatuh dari atas tebing juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Air Terjun Nglirip, yang seolah ingin mengajak kamu untuk mandi dan bermain air sambil menikmati guyuran air yang jatuh. Dengan ketinggian air terjun Nglirip yang mencapai 30 meter ini membuat air yang jatuh mengguyur tubuh kamu akan terasa sangat menyejukan badan.

Jernihnya Air Terjun Nglirip ini disebabkan oleh aliran air yang jatuh pada air terjun ini bersumber dari beberapa sumber mata air yang terdapat di daerah Hutan Krawak yang jaraknya sekitar 3 km dari lokasi Air Terjun Nglirip yang menyatu dalam sebuah bangunan bendungan air yang terletak di atas air terjun.


Legenda Dan Asal-Usul Air Terjun Nglirip.

Air Terjun Nglirip ini ternyata memiliki sebuah cerita legenda yang hingga kini masih begitu dipercaya oleh masyarakat sekitar. Yakni Konon, di sebuah Goa yang terletak di sekitar air terjun nglirip ini dahulu dijadikan tempat bertapa oleh seorang putri.

Pemandangan Air Terjun Nglirip
Pemandangan Air Terjun Nglirip
via islahagus.blogspot.com


Pertapaan ini diakibatkan oleh sang putri yang merasa patah hati sebab cintanya dengan seorang pangeran tidak mendapat restu yang kemudian dia memilih untuk menyepi dan bertapa di goa tersebut.

Dan menurut legenda dikisahkan juga bahwa akibat sang putri melakukan pertapaan itu dia memperoleh kesaktian dimana dia mampu menampakan diri di sekitar gua dan juga mampu mengambil air yang ada di dasar Air Terjun Nglirip.

Adanya legenda tentang pertapaan putri si sekeliling Air Terjun Nglirip ini membuat masyarakat yang tinggal tak jauh dari lokasi air terjun ini percaya tentang adanya mitos bahwa bagi para pasangan yang sedang menjalin hubungan percintaan serta bagi para calon pengantin yang akan menikah di larang mengunjungi Air Terjun Nglirip ini.

Konon, masyarakat percaya bahwa jika ada pasangan kekasih yang melangar dengan datang bersama mengunjungi Air Terjun Nglirip ini maka merekan akan terpisah dalam kurun waktu kurang dari 40 hari seperti rusaknya hubungan percintaan sang putri pertapa dan pangeran yang dicintainya. Tapi ingat itu hanyalah mitos..


Aksesbilitas Dan Kondisi Jalur Menuju Air Terjun Nglirip.

Lokasi air terjun nglirip yang hanya berjarak 36 km dari pusat kota Tuban. Ditambah lokasinya yang tak jauh dari jalan raya beraspal membuat objek wisata ini tidak sulit untuk dicapai oleh para wisatawan baik bagi mereka yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi hingga mereka yang datang dengan angkutan umum sejenis colt.


Rute/Jalur Menuju Air Terjun Nglirip.

Pemandangan Air Terjun Nglirip
Pemandangan Air Terjun Nglirip
via islahagus.blogspot.com


Bila memilih datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu dapat melewati rute Tuban → Montong → Singgahan ataupun rute Tuban → Kerek → Singgahan yang mana kamu juga akan melewati lokasi Cabang Pabrik Semen Gresik yang ada di Tuban. Ada juga rute alternatif lain yang bisa juga kamu tempuh yakni dari arah Kota Bojonegoro → Parengan → Singgahan.

Sedangkan bagi kamu yang memilih datang menggunakan angkutan umum maka kamu punya dua pilihan rute untuk menuju air terjun nglirep ini, yaitu:

~ Rute Montong : Silahkan kamu naik angkutan umum dari Terminal Tuban, ingat pilih angkutan umun dengan jurusan Montong, setelah itu kamu harus melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan jurusan Jojogan. Karena lokasi Air Terjun Nglirip terletak antara Montong - Jojogan, maka dapat langsung terlihat manakala melewati rute ini.

~ Rute Singgahan : Setelah kamu berada Terminal Tuban silahkan melanjutkan perjalanan dengan naik bis jurusan Jatirogo, bis ini akan berhenti di terminal Kabupaten Bojonegoro yang akan dilanjutkan ke tujuan utama, yaitu Jatirogo. Selanjutnya kamu turun di pertigaan "Warung Anjlok" - Jojogan. Dari sini, lokasi air terjun nglirip tersebut kini hanya berjarak kurang dari 1 km.

Setibanya kamu di lokasi air terjun, kamu akan disajikam pemandangan yang begitu menawan, dan bagi kamu yang ingin menyusuri aliran air di bawah air terjun diharapkan sangat berhati-hati, karena jalanan setapak tersebut akan sangatlah licin, terutama pada saat musim hujan.


Tiket dan Parkir Di Air Terjun Nglirip.

Pada hari biasa, kamu tidak akan dikenai tarif masuk. Akan tetapi pada saat hari minggu atau libur nasional kamu akan dikenai tarif Rp5000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir sebesar Rp2000 untuk kendaraan roda dua serta Rp3000 khusus kendaraan roda empat.

Pemandangan Air Terjun Nglirip
Pemandangan Air Terjun Nglirip
via islahagus.blogspot.com


Fasilitas dan Akomodasi Di Air Terjun Nglirip.

Di Air Terjun Nglirip tersedia juga shelter (gardu pandang) yang terletak di bagian atas lokasi air terjun nglirip. Selain shelter juga banyak para penjual makanan dan minuman di kedai-kedai yang tersebat sekitar lokasi air terjun.


Demikian Informasi Mengenai Air Terjun Nglirip, Semoga Bermanfaat, Dan Selamat Berlibur....

3 Responses to "Air Terjun Nglirip, Indahnya Air Terjun Di Tuban"

  1. mantap , kapan kapan bisa kesaana

    ReplyDelete
  2. indah banget kira kira brapa jam untuk sampe kesana ? :D

    ReplyDelete
  3. mengingatkan kesana bareng temen" SMA, jadi pengen mengulang masa" yang indah disana dulu..

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya