Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona

Pantai Kondang Merak merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang terdapat di pesisir selatan yang menghadap langsung kepada hamparan perairan Samudera Indonesia. Pantai Kondang Merak ini memiliki panorama alam yang sangat menggoda, dengan garis pantainya yang lumayan panjang, yakni kurang lebih 800 meter. Akan membuat anda puas menjelajahi pantai indah di kabupaten malang ini.


Foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
picture by justenote.wordpress.com

Sejarah Pantai Kondang Merak


Pantai ini diberi nama "Kondang Merak" bukan tanpa alasan, sebab kondisi pantai inilah yang memiliki kondang (sebutan bagi daerah muara yang menjadi pertemuan antara air tawar dengan air laut) serta pantai ini dahulunya banyak dihuni oleh spesies burung merak telah menjadi dasar bagi masyarakat setempat untuk menyebut pantai ini sebagai Pantai Kondang Merak.

Namun dengan sejarah pantai ini yang dahulunya banyak dihuni oleh spesies burung merak buka berarti anda bisa menjumpai spesies burung dengan ekor menawan itu di Pantai Kondang Merak, sebab pada sekitar tahun 1980-an, spesies burung merak yang dulunya banyak menghuni pantai ini telah mulai hilang (mengalami kepunahan) akibat maraknya aksi penangkapan liar terhadap burung merak di pantai ini.

Foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
Picture by 1001wisata.com

Letak Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak ini secara administratif terletak di Desa Sumberbening, Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 59 Km perjalanan disebelah selatan dari pusat kota malang. Adapun eksistensi dari Pantai Kondang Merak ini sudah cukup dikenal oleh para wisatawan lokal maupun asing di Malang Raya.



Aktivitas Wisata Di Pantai Kondang Merak.


Pantai Kondang Merak ini memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Sebab saat anda tiba di Pantai Kondang Merak ini maka hal pertama yang akan membuat anda terpukau adalah pasir pantaiya yang putih bersih serta keberadaan pohon-pohon yang tumbuh berjejer di bagian pinggir pantai yang akan membuat anda merasa nyaman dengan suasana di Pantai Kondang Merak ini.

Di bagian pantainya, Pantai Kondang Merak ini kondisinya agak berlumut serta memiliki banyak terumbu karang, spons, serta kerang dan biota laut lainnya yang hidup di sekitar pantainya.

Maka tak heran jika anda di tepi pantai dan anda akan menjumpai berbagai jenis biota laut seperti gurita kecil, mentimun laut, landak laut, maupun ikan-ikan kecil serta lobster yang sedang bersembunyi pada sela-sela batuan karang.



Foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
picture by 1001wisata.com

Maka tak heran jika Pantai Kondang Merak ini sudah menjadi salah satu tempat utama yang akan dituju oleh wisatawan lokal hingga wisatawan asing yang ingin merasakan serunya bermain olahraga snorkeling serta untuk melihat indahnya pemandangan bawah laut. Dan dengan keunggulannya sebagai salah satu tempat snorkeling di kabupaten malang inilah yang menjadikan Pantai Kondang Merak sebagai salah satu daya tarik yang ditawarkan kabupaten malang yang harus dikunjungi oleh para wisatawan.


Ombak laut di Pantai Kondang Merak ini bisa dikatakan tidak terlalu besar sebab sebelum ombak besar samudra Indonesia tiba di kawasan pantau merak sudah terlebih dahulu terpecah oleh keberadaan gugusan batu karang yang menjulang dan berjajar di radius ± 200 meter dari bagian bibir pantai.

Gugusan batu karang yang ada di pantai kondang merak ini terbagi dalam lima titik gugusan batu karang yang menjadi media pemecah ombak. Selain menjadi pemecah ombak besar, keberadaan batu karang ini juga berperan untuk menghiasi sekeliling Pantai Kondang Merak sehingga panorama pantai menjadi semakin indah.





Foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
picture by justenote.wordpress.com


Kondisi pantai Kondang Merak ini yang memiliki ombak yang tak terlalu besar telah dimanfaatkan menjadi tempat singgah perahu oleh para nelayan setempat. Saat anda berkunjung ke Pantai Kondang Merak ini anda akan menyaksikan bagaimana aktivitas transaksi jual-beli ikan hasil tangkapan para nelayan yang berlangsung di tepi pantai.

Ada beragam jenis ikan yang menjadi hasil tangkapan para nelayan, namun umumnya berupa ikan tuna, ikan kakap, dan gurita. Para nelayan ini juga telah mendirikan perkampungan nelayan di sekitar kawasan pantai yang membuat pantai ini selalu tampak hidup di kala siang ataupun malam.

Tak lupa pula untuk menyaksikan indahnya suasana dan pemandangan pantai Kondang Merak tatkala sang surya mulai kembali ke peraduannya, sungguh tampak teramat indah.


Foto indah sunset pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
Foto Pantai Kondang Merak
Picture by anomharya.com

Di Pantai Kondang Merak ini Anda dapat merasakan beragam kuliner khas yang nyaris tidak bisa anda jumpai di tempat lain. Dan anda bisa merasakan berbagai kuliner khas tersebut pada warung-warung makan di sekitar kawasan pantai yang menyediakan berbagai olahan ikan segar. Namun salah satu yang menjadi primadona adalah sate tuna.

Namun tak hanya sajian sate tuna yang ada disini, sebab di sepanjang bibir pantai masih tersedia beragam menu kuliner hasil olahan ikan laut, misalnya gurita asem manis, gurita saos tiram, kuah pedas kepala ikan laut, dan fish kebab. Maka dari itu sebaiknya sebelum anda pulang, maka sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh berupa ikan tuna sirip kuning yang merupakan hasil tangkapan nelayan.


Akses/Rute Menuju Pantai Kondang Merak.

Rute #1 : Malang Kota → Kepanjen → Pagak → Bantur → Kondang Merak.
Rute #2 : Terminal Arjosari → Turen → Gondang legi → Bantur → Kondang merak.

Dengan jarak perjalanan yang harua ditempuh adalah sekitar 59 Km disebelah selatan dari pusat kabupaten malang.


Foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona
picture by 1001wisata.com

Penjelasan Mengenai Rute Menuju Pantai Kondang Merak.

Untuk bisa tiba di lokasi Pantai Kondang Merak, Anda dapat mengikuti rute jalan yang sama saat menuju Pantai Balekambang. Namun setelah keluar dari kawasan perkebunan tebu anda akan menjumpai sebuah perempatan, disini anda harus mengambil arah ke kanan. Sebab rute lurus maka anda akan menuju Balekambang sedangkan mengambil rute yang belok ke kiri maka akan menuju ke Pantai Bajulmati.


Nah dari perempatan tersebut perjalanan masih kurang lebih sejauh 4 km lagi untuk bisa tiba di Pantai Kondang Merak. Anda akan menjumpai sebuah papan kecil (papan petunjuk arah) yang bertuliskan Kondang Merak yang hampir tak bisa terlihat oleh orang yang melewatinya karena bentuknya yang kecil.

Setelah melewati papan petunjuk jalan tersebut, perjalanan anda akan semakin sulit sebab anda harus melewati jalan tanah dan makadam. Lebih parah lagi pada saat musim penghujan, sebab jalanan disini akan memiliki banyak kubangan lumpur yang tersebar di sepanjang jalan untuk menuju Pantai Kondang Merak.

Dengan bentuk jalan relatif sempit dan diapit olehhamparan pepohonan besar dan semak yang lebat di kedua sisi jalan. Nah, Jika kondisi jalan normal/tidak rusak, maka lama perjalanan yang harus anda lalui dari perempatan menuju Pantai Kondang Merak akan bisa ditempuh sekitar 10 menit.

Akan tetapi jika kondisi jalanan sedang rusak maka minimal waktu yang anda perlukan sekitar 30 menit. Setibanya anda di pos penarikan tiket yang terletak didekat pantai, akan tetapi biasanya pos ini dalam keadaan kosong tanpa petugas. Namun jika ada petugasnya maka anda harus membayar tiket masuk Pantai Kondang Merak sebesar Rp3.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000.

Dan itulah tadi ulasan dan foto Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona yang bisa saya sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat

16 Responses to "Pantai Kondang Merak Malang Yang Penuh Pesona"

  1. SUbhanallah. . . . indah banget ya gan pemandangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas pesona alam Indonesia memang sangat indah

      Delete
  2. jauh gak gan dari Jalur transportasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu relatif mas tapi menurut saya nggak jauh kok

      Delete
  3. View nya keren banget, apalagi langitnya bisa biru clean gtu...jd pingin ke sana deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja datang, dalam postingan diatas kan ada penjelasan mengenai rute-rute apa saja yang harus anda lintasi untuk menuju ke pantai Bajulmati

      Delete
  4. dear TS, saya lahir di malang tapi blm pernah ke pantai malang :'( makasih deh foto2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget kalo arek malang nggak tahu kalo di kotanya ada pantai seindah ini. Mungkin karena tempatnya yang tersembunyi jadi jarang di ekspose

      Delete
  5. masukin whitelist dulu ah, nabung nabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok silahkan nabung dulu. Biaya masuknya murah tapi mungkin biaya perjalanan yang agak mahal jika datang dari luar malang apalagi dari luar Jawa Timur

      Delete
  6. wah indah juga yah
    makasih infonya gan

    ReplyDelete
  7. Makasih gan infonya kapan kapan ane kesana ah bagus banget pemandangannya

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya