Pantai Bajulmati, Si Pantai Super Eksotis di Malang

Pantai Bajulmati merupakan nama dari sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang letaknya di berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Yang bisa ditempuh dengan jarak perjalanan sekitar 58 km dari pusat Kota Malang.


Lokasi Pantai Bajulmati Malang.


Foto Jembatan Dan Pantai Bajulmati Yang Super Indah Dan Keren
Photo By Soloraya.com

Pantai Bajulmati merupakan nama dari sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang letaknya di berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Yang bisa ditempuh dengan jarak perjalanan sekitar 58 km dari pusat Kota Malang.


Aspek Sejarah Pantai Bajulmati Malang.

Nama dari Pantai Bajulmati ini berasal dari kosakata dalam bahasa Jawa yakni : Bajul = Buaya; Mati = Mati; sehingga kata BajulMati bisa diartikan sebagai Buaya Mati, buaya yang sudah mati.

Konon Pantai Bajulmati ini pertama kali ditemukan pada sekitar tahun 1890-an. Dan pada saat menemukan pantai ini, sang penemu pantai ini menjumpai ditemukan seekor buaya yang telah mati di sekitar pantai, sehingga dia namakan pantai ini dengan sebutan Pantai Bajulmati.

Adapun menurut pendapat lainnya yang menyebutkan bahwa asal muasal dinamakannya pantai ini dengan nama Pantai Bajulmati adalag karena di pantai ini terdapat sebuah deretan batu karang panjang yang berbentuk menyerupai bentuk seekor buaya.

Dan ketika hari sudah menjelang larut malam, deretan batu karang tersebut seakan terlihat seperti seekor buaya yang hidup pada saat dihempas ombak pasang.


Keindahan Alam Pantai Bajulmati Malang.

Foto Jembatan Dan Pantai Bajulmati Yang Super Indah Dan Keren
Photo by Okaza
Di Pantai Bajulmati Anda akan menyaksikan hamparan pasir pantai berwarna putih bersih ditambah denagn hamparan bebatuan karang yang terbentang luas di depan mata yang terlihat begitu menawan.

Pantai Bajulmati ini juga memiliki bentang alam lainnya yang berupa teluk-teluk yang cantik. Namun akibat kondisi pantai ini yang cukup dalam serta curam maka mengakibatkan para pengunjung disarankan agar tidak berenang.

Akan tetapi Anda tak perlu berkecil hati sebab Anda bisa leluasa untuk bermain air di beberapa bagian pada bibir pantai sebelah barat yaitu di sebuah muara sungai. Aliran air pada sungai yang bermuara di Pantai Bajulmati ini tampak tenang serta berwarna kehijauan.

Pantai Bajulmati ini mencapai puncak kunjungan wisatawan pada saat libur hari raya Idul Fitri dan hari-hari libur nasional lainnya. Nah jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Bajulmati ini maka sebaiknya berkunjunglah pada hari ketujuh syawal.

Bukan tanpa sebab, karena biasanya di Pantai Bajulmati malang pada sepekan setelah hari raya Idhul Fitri ini akan diselenggarakan prosesi Larung Ketupat, acara ini yang selalu ramai oleh para pengunjung.

Namun pada hari-hari biasa, Pantai Bajulmati ini masih cukup sepi dari aktivitas pengunjung. Di Pantai Bajulmati ini terdapat beberapa warung yang menjual berbagai makanan kecil di tersebar di sekeliling kawasan pantai.

Selain itu Pantai Bajulmati ini juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan berkemah (camping).


Keunikan Pantai Bajulmati Malang.

Foto Jembatan Dan Pantai Bajulmati Yang Super Indah Dan Keren
photo by beritahuin.com

Ada sebuah pemandangan unik nan ganjil di Pantai Bajulmati ini, yakni di tengah-tengah lautan ada beberapa pulau kecil yang terbentuk dari susunan batu karang sehingga mirip seperi bukit yang keluar dari dalam laut. Hal ini semakin membuat panorama Pantai Bajulmati memakin menarik.


Selain menawarkan keindahan panorama pantai, Pantai Bajulmati juga menawarkan objek wisata lainnya dimana tak jauh dari Pantai Bajulmati ini terdapat sebuah gua bernama Goa Wil yang masih berada dalam satu kompleks bersama Pantai Bajulmati yang letaknya berada di sebelah timur Pantai Bajulmati.

Dan untuk menjangkau goa wil ini hanya cukup dengan cara berjalan kaki sejauh 300 meter dari lokasi pintu masuk pantai. Posisi goa wil ini berada tepat di bawah sebuah bukit batuan karang. Di sekeliling bukit tersebut terhampar pemandangan hijau dari susunan ladang kelapa serta ketela pohon yangbanyak ditanami warga sekitar.

Meski disebut dengan goa, namun tidak ada lubang masuk menjorok cukup dalam. Goa ini lebih tepat disebut sebagai batu karang yang dasarnya terkena abrasi, karena memang seperti dasar bukit yang agak menjorok sedikit. Meski begitu, di lokasi ini dikenal angker oleh penduduk.



Pengenalan Rute Dan Akses Menuju Pantai Bajulmati.

# Dari Kota Malang.

Jika Anda memilih berangkat dari Kota Malang, maka Anda bisa mengambil arah menuju Turen, kemudian berbelok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan lalu terus lurus menyusuri jalan menuju arah Pantai Sendangbiru hingga Anda menjumpai sebuah pertigaan dengan plakat petunjuk jalan ke sebelah kanan untuk menuju lokasi Pantai Bajulmati.

Jalannya yang akan Anda lewati jika melalui rute ini sudah cukup bagus dan beraspal namun bentuk jalan yang berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan tampaknya akan menyulitkan Anda dam mengharuskan Anda untuk extra hati-hati. Dan sekitar tiga kilometer sebelum Anda tiba di lokasi Pantai Bajulmati jalannya akan sedikit lebih lebar.


# Melalui Rute Ke Pantai Balekambang.

Selain rute di atas Anda juga bisa menuju Pantai Bajulmati dengan melalui jalur yang sama saat ingin pergi menuju lokasi Pantai Balekambang, namun setibanya Anda pada sebuah perempatan, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni biila lurus akan menuju lokasi Pantai Balekambang, dan bila ke kiri akan menuju lokasi Pantai Bajulmati.


Yang perlu Anda tahu jika lokasi Pantai Bajulmati ini masih berdekatan dengan Pantai Goa China. Jarak antara Pantai Bajulmati dengan pantai Goa China hanya sekitar 2 kilometer atau bisa ditempuh dengan waktu perjalanan selama ±10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Anda tak perlu khawatir akan merasa bosa dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Bajulmati, banyak hal menarik yang bisa Anda jumpai dalam perjalanan Anda menuju Pantai Bajulmati ini. Seperti Anda akan melalui jembatan unik sebelum Anda tiba lokasi Pantai Bajulmati

Foto Jembatan Dan Pantai Bajulmati Yang Super Indah Dan Keren
photo by beritahuin.com


Sebelum Anda memasuki lokasi Pantai Bajulmati ini Anda akan melintasi sebuah jembatan unik sepanjang 90 meter yang berbentuk setengah lingkaran. Jembatan Bajulmati ini merupakan salah satu jembatan yang berada di ruas Jalan Lintas Selatan.

Dengan keberadaan Jalan Lintas Selatan ini telah berpengaruh terhadap jumlah kunjungan ke Pantai Bajulmati ini, sebab jika para wisatawan ingin berwisata ke Sendangbiru, maka pengunjung bisa mampir terlebih dahulu di Pantai Bajulmati ini.

Bila dilihat dari segi ukuran maupun dari segi desainnya, jembatan ini tampak sangat artistik karena posisinya yang melintang di atas sungai yang lebar, dengan berhiaskan pemandangan bukit-bukit karang serta lautan lepas. Jembatan ini juga merupakan salah satu titik favorite bagi para pengunjung untuk mengambil foto atau berselfie ria.

Foto Jembatan Dan Pantai Bajulmati Yang Super Indah Dan Keren
Photo By Soloraya.com

Setelah puas mengambil foto dengan background Jembatan Bajulmati, Anda harus melanjutkan perjalanan ke lokasi Pantai Bajulmati, dan tidak sampai 10 menit perjalanan dari lokasi Jembatan Bajulmati tersebut, maka Anda akan tiba di Pantai Bajulmati. Dan untuk bisa memasuk area pantai manda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp4.000 per orang.


Sekian informasi yang bisa saya sajikan kepada Anda tentang objek wisata Pantai Bajulmati malang. Semoga bermanfaat dan liburan Anda menyenangkan.

0 Response to "Pantai Bajulmati, Si Pantai Super Eksotis di Malang"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya