Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur

Pantai Watu Ulo di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai indah yang sangat terkenal dengan mitos asal mula pantai Watu Ulo ini sangat menarik perhatian untuk anda kunjungi, sebab selain memiliki keindahan panorama pantai yang memang sudah terkenal juga disini memiliki nilai mitos dan history yang sangat menarik untuk diketahui lebih dalam.

Pantai Watu Ulo, Pantai Indah Penuh Misteri Dan Budaya Menarik
Panorama Pantai Watu Ulo.
Source : Telusurindonesia.com

Mengenai popularitas pantai ini yang tak hanya dikenal oleh para masyarakat Jember, namun juga terkenal di kalangan masyarakat di kota-kota yang lain, khususnya para travelers.


Lokasi Pantai Watu Ulo.

Pantai Watu Ulo ini berada di desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur. Atau terletak sekitar kurang lebih 40 Km ke arah selatan dari pusat kota Jember, selain itu pantai Watu Ulo ini berada bersebelahan dengan Pantai Papuma yang posisinya terdapat disebelah barat pantai Watu Ulo ini.

Letaknya yang relatif berdekatan dengan pantai lainnya yaitu pantai Papuma, mengakibatkan pantai Watu Ulo ini menjadi pilihan detinasi wisata bagi para wisatawan yang datang ke Kabupaten Jember bersama pantai Papuma.

Meskipun demikian, pamor dari pantai Watu Ulo tak kalah memikat para wisatawan dibandingkan dengan pantai Papuma.


Sejarah Pantai Watu Ulo.


Pantai Watu Ulo, Pantai Indah Penuh Misteri Dan Budaya Menarik
Panorama Pantai Watu Ulo.
Source : Telusurindonesia.com

Bila dilihat secara bahasa ternyata nama Watu Ulo berarti Batu Ular, hal ini karena dalam bahasa Jawa (Watu = Batu) dan (Ulo = Ular) nama unik ini berasal panorama unik di pantai ini mempunyai sebuah hal unik.

Hal unik itu adalah barisan batu karang yang memiliki bentuk fisik yang menyerupai ular tersusun memanjang dari arah bibir pantai hingga arah tepi laut. Dan sebab bentuk karang yang seperti ular itulah, yang mengakibatkan pantai tersebut kini disebut dengan nama Pantai Watu Ulo.


Sejarah dan Cerita Legenda Watu Ulo.

Ada sebuah cerita legenda rakyat setempat, yang terus disampaikan dan dipercaya secara turun-temurun dari generasi ke generasi, tentang Legenda pantai Watu Ulo di Jember ini.

Konon, batu karang yang ada di pantai Watu Ulo ini mempunyai ukuran panjang kurang lebih 500 meter dan berbentuk menyerupai ular ini, dipercaya merupakan sosok perwujudan dari sosok raja naga yang sedang tertidur pulas.Dan Hewan raksasa (Naga) tersebut adalah utusan Ajisaka yang diperintah untuk melindungi dirinya dari berbagai serangan musuh.

Dan dalam legenda tersebut diceritakan bahwa pada suatu hari nanti, sang ular naga yang kini tertidur pulas itu akan terbangun dari tidur panjangnya itu dan akan berubah menjadi sosok seorang manusia.


Acara Adat Budaya Setempat Di Pantai Watu Ulo.

Larung laut di Pantai Watu Ulo, Pantai Indah Penuh Misteri Dan Budaya Menarik
Upacara Larung Sesaji Pantai Watu Ulo.
Source : pemandanganalamindonesiaa.blogspot.com

Selain itu ada pula legenda atau cerita rakyat yang menyebutkan bahwa bentuk susunan batuan yang disebut ekor dari Watu Ulo ini menembus daratan hingga terhubung dengan pantai utara.

Selain Mitos dan legenda setempat di pantai Watu Ulo juga sering diadakan upacara budaya. Maka dari itu jika anda berkeinginan untuk menikmatinya, anda dapat datang pada tanggal 7 bulan Syawal (Lebaran Ketupat) sebab pada waktu tersebut secara rutin dan turun-terumurun di pantai Watu Ulo ini akan diadakan upacara Larung Sesaji.

Upacara Larung Sesaji ini sendiri merupakan saat dimana para nelayan melepas sesaji menuju ke tengah laut, menurut mereka hal ini bertujuan sebagai ungkapan rasa terimaksih mereka kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah memberikan rejeki yang berlimpah pada mereka melalui Laut tersebut.


Selain upacara Larung Sesaji di Pantai Watu Ulo juga terdapat upacara adat lainnya yang diadakan setiap tanggal 1 sampai 10 Syawal (setelah Hari Raya Idul Fitri) yaitu di sekitar pantai Watu Ulo ini akan diadakan sebuah pekan raya dengan berbagai acara hiburan serta penjualan hasil kerajinan tangan para nelayan setempat.


Aspek Wisata Di Pantai Watu Ulo.

Pantai Watu Ulo, Pantai Indah Penuh Misteri Dan Budaya Menarik
Panorama Pantai Watu Ulo.
Source : Telusurindonesia.com

Di sepanjang bibir pantai, kita bisa menyaksikan banyak perahu tradisional nelayan setempat yanh terjejer. Perahu-perahu nelayan tersebut digunakan sebagai sarana utama bagi para nelayan setempat untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian mereka, seperti aktivitas mencari ikan di laut lepas ataupun hanya sekedar mengantar para wisatawan bila ada yang berniat menyewa perahu mereka.

Selain memiliki panorama pantai yang begitu indah. Kita juga dapat meneruskan menjelajahi destinasi wisata lainnya seperti Goa Jepang, sebuah taman bermain untuk anak-anak, hingga menjelajahi Goa Kelelawar.

Bagi para pecinta alam tentunya akan bersenang hati bila bisa melakukan kegiatan perkemahan, karena di pantai Watu Ulo ini terdapat spot khusus yang sangat cocok untuk digunakan mendirikan tenda perkemahan.

Dengan berlatar belakang panorama pantai Watu Ulo, tentunya kegiatan berkemah di kawasan pantai Watu Ulo ini akan menjadi terasa begitu berkesan di hati dan tentunya sangat menyenangkan.



Rute Menuju Kawasan Pantai Watu Ulo.

Bagi yang yang belum pernah mengunjungi Pantai Watu Ulo Jember mungkin akan sedikit merasa bingung dengan rute jalan yang akan ditempuh saat menuju ke pantai Watu Ulo ini.

Ada banyak sekali rute yang bisa anda tempuh saat menuju ke pantai Watu Ulo ini. Namun ada hal yang perlu di ingat, yakni kunci utama yang dijadikan sebagai patokan adalah kota Ambulu. Sebab jalan poros yang kondisinya paling bagus adalah jalan dari kota Ambulu :

Adapun sedikit petunjuk mengenai beberapa rute bila anda datang dari luar kota Jember :

1. Bila Berangkat Dari Arah Surabaya.

Bagi yang berangkat dari arah kota Surabaya, maka terdapat satu lagi jalur alternatif setelah anda tiba di Lumajang, yakni:

Jika Anda memilih berbelok ke arah kiri maka anda akan melalui Tanggul menuju ke Jember Kota.

a) Dari Arah Surabaya → Pasuruan → Probolinggo → Lumajang → Tanggul → Jember → Ambulu → Lokasi Pantai Watu Ulo.

Namun jika memilih arah lurus, maka anda akan melalui rute sebagaimana berikut:

b) Dari arah Surabaya → Pasuruan → Probolinggo → Lumajang → Yosowilangun → Kencong → Balung → Ambulu → Lokasi pantai Watu Ulo.


2. Bila Berangkat Dari Denpasar.

Selain anda bisa berangkat dari arah Surabaya, anda juga bisa berangkat dari arah timur Jember yakni dari Banyuwangi atau Denpasar. Dan bila anda berangkat dari arah timur (Bali) maka anda bisa melalui rute sebagai berikut :

a) Dari Denpasar → Banyuwangi → Jember → Ambulu → Lokasi Pantai Watu Ulo.


Setelah mengetahui mengenai segala informasi mengenai keindahan panorama Pantai Watu Ulo Jember ini menggugah gairah petualangan bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Serta keindahan pantai yang telah bercampur dengan mitos masyarakatnnya yang kental tentunya menjadi sebuah unsur daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya bagi mereka yang menganggap dirinya seorang traveler sejati.

1 Response to "Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur"

  1. wah keren cocok untuk wisata nie,, liburn maen lah

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya