Air Terjun Toroan Di Sampang Madura

Air terjun toroan terindah di madura

Bagi sebagian travelers mungkin telah mengenal objek wisata air terjun Toroan ini. Air terjun yang merupakan salah satu pilihan favorite bagi para travelers untuk dikunjungi saat berada di Pulau Madura. Keadaan alam Pulau Madura yang selama ini terkenal sebagai pulau yang gersang, namun opini tersebut akan terbantahkan saat anda tahu ada sebuah air terjun yang sangat asri yang bagai surga tersembunyi di Pulau Madura.

Kawasan objek wisata air terjun Toroan ini terletak di Kecamatan Ketapang, Sampang, Madura. Yang juga masih berada dalam satu kawasan dengan beberapa objek wisata lainnya seperti : Hutan Kera Nepa dan Pantai Nepa.


Daya Tarik Objek Wisata Air Terjun Toroan.


Air terjun Toroan begitulah para masyarakat sekitar menyebutnya air terjun ini. Air terjun tidak hanya mempunyai keindahan panorama namun juga mempunyai kealamian yang masih sangat terjaga. Hal ini tentu tak jauh berbeda bila dibandinhkan dengan beberapa kawasan wisata yang terdapat di Pulau Madura lainnya yang terkenal masih sangat alami dan sederhana.

Jika dilihat dari keadaan objek wisata ini tampaknya dari pihak pemerintah setempat belum berminat untuk melakukan pengembangkan objek wisata ini secara serius juga profesional. Meskipun demikian anda tidak perlu merasa khawatir akan dikecewakan oleh pemandangan yang ada di air terju Toroan ini. Disekeliling lokasi air terjun Toroan ini banyak terdapat pepohonan yang sehingga mengakibatkan udara di objek wisata ini begitu sejuk dan sangat rindang dan bagai surga tersembunyi.


Jika biasanya objek wisata air terjun hanya terdapat di kawasan pegunungan maupun perbukitan maka sesuatu yang ajaib terjadi pada air terjun Toroan ini. Sebab letak dari air terjun Toroan ini bukan berada gunung maupun bukit namun air terjun Toroan ini berada di kawasan pesisir pantai yang menghadap laut lepas yang tentunya akan membuat anda terpukau karenanya.

Aliran air yang mengucur deras di air terjun Toroan ini jatuh dari ketinggian 20 meter dan langsung mengalir menuju ke muara laut, dan ditambah dengan begitu sempurnanya pemandangan serta bebatuan yang berkumpul di bawah air terjun.



Aktivitas Menarik Bagi Para Wisatawan Di Objek Wisata Air Terjun Toroan.


Bagi anda para pecinta kegiatan fotografi maka sebaiknya anda berkunjung ke air terjun Toroan ini. Sebab air terjun ini juga merupakan tempat yang sangat bagus untuk dijadikan spot fotografi maupun dijadikan sebagai lokasi untuk foto pre wedding bagi sepasang kekasih yang sedang melakukan persiapan resepsi yang tentunya akan sangat bangga bila foto pre wedding berlatarbelakang surga tersembunyi berupa air terjun yang bagai taman imajinasi.

Nah kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini adalah berenang. Jika anda bisa berenang maka anda harus mencoba sensasi berenang di bawah air terjun, pasalnya genangan air di bawah kucuran air terjun Toroan ini cukup dalam yakni memiliki kedalaman sekitar 2 meter.

Namun seperti yang saya paparkan di awal karena belum dikelola secara profesional dan mendapat perhatian dari pemerintah. Maka dari itu objek wisata super indah ini masih tidak terdapat beberapa fasilitas penunjang yang sangat penting seperti masih belum tersedianya fasilitas penunjang seperti kamar mandi umum, ruang untuk ganti pakaian atau berbagai fasilitas umum lainnya.


Biasanya para pengunjung bisa menikmati indahnya panorama sunset di dekat lokasi air terjun Toroan sambil mendengarkan suara deburan ombak di laut yang berada di dekat air terjun yang mungkin akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan karena mungkin tak akan bisa anda nikmati di tempat lain.


Akses Jalan + Informasi Rute Menuju Ke Lokasi Objek Wisata Air Terjun Toroan.

Bagi anda tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk bisa tiba di kawasan air terjun Toroan ini. Sebab akses jalannya yang sudah cukup bagus walaupun sesekali anda harus bersimpangan dengan truck Fuso di kawasan jalan Pantura. Untuk bisa tiba di air terjun ini ada dua pilihan jalur yang dapat anda pilih untuk bisa tiba di air terjun Toroan.

1. Pertama, anda bisa memilih untuk melewati jalur Pantura (Pantai Utara) di kabupaten Bangkalan.

2. Kedua, anda bisa memilih untuk memutar arah melewati jalanan di tengah kota Sampang.

Jika anda memilih untuk memakai kapal laut yang terdapat di pelabuhan Kamal, maka anda disarankan agar melalui jalur Pantura. Sebab melalui jalur tersebut maka jarak tempuhnya akan jauh lebih dekat.

Jika anda memilih untuk melaui jalur Tol Suramadu, maka anda bisa tetap bisa melewati jalan Pantura atau juga dapat memilih untuk berputar melewati jalanan di tengah kota Sampang dan kemudian menuju ke kecamatan Ketapang.

Bagi anda yang ingin datang menggunakan kendaraan umum, maka dari pelabuhan Kamal anda bisa naik mobil L 300 yang menuju ke kecamatan Ketapang dengan ongkos jalan sebesar Rp20.000,00.

Begitu pula bagi anda yang memilih untuk melaui Tol Suramadu, maka dari Terminal Bungurasih, Surabaya anda dapat langsung memilih bus akas yang beroperasi menuju ke kabupaten Sampang. Setelah tiba di kota Sampang, anda dapat turun di kawasan Barisan lalu melanjutkan perjalanan menggunakan mobil L 300 untuk menuju ke kecamatan Ketapang, dengan ongkos jalan sebesar Rp10.000,00.

Di Objek wista air terjun Toroan ini Anda tidak akan dikenakan biayaatau tarif masuk kedalam objek wisata air Terjun Toroan. Namun hanya saja anda diharuskan membayar tarif parkir kendaraan sebesar Rp5.000,00 saja bagi anda yang datang dengan membawa kendaraan pribadi roda dua. Bagi anda yang datang memakai mobil maka anda diharuskan untuk membayar tarif parkir sebesar Rp10.000,00.



Namun satu lagi yang harus anda ingat bahwa sebelum anda benar-benar tiba di lokasi air Terjun Toroan ini, anda diharuskan untuk sedikit menempuh jalan dengan berjalan kaki melewati kawasan pesisir pantai yang berbatu. Nah saat itulah anda akan melihat kaum ibu juga bapak yang sedang bekerja memikul pasir. Pasir yang mereka ambil adalah pasir yang berasal dari dasar pantai yang kemudian mereka bawa menuju tempat yang lebih tinggi untuk di jual (aktivitas penambangan pasir).


Pesan Saat Berkunjung Ke Air Terjun Toroan.

Dan sebuah pesan sederhana namun bermakna besar dari kami adalah sebagai para pecinta alam Indonesia maka anda harus turut serta menjaga kebersihan dengan cara tidak membuat tempat ini kotor karena sampah serta berusaha untuk tidak merusak ekosistem yang sudah terjaga kealamiannya.

1 Response to "Air Terjun Toroan Di Sampang Madura"

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya