Pantai Pangi - Destinasi Di Blitar Yang Mampu Buat Pikiran Refresh

Sebagai salah satu kabupaten yang berada di daerah pesisir, kabupaten Blitar tentunya mempunyai banyak dikawasan pesisir atau pantai, dan dari sekian banyak pantai yang terdapat di kabupaten Blitar, ada sebuah pantai dengan pemandangan yang sangat eksotif namun hingga kini (masih) belum banyak diketahui apalagi dijelajahi, nama dari pantai yang saya maksud adalah pantai Pangi.

Pantai Pangi - Destinasi Tersembunyi Dipelosok Blitar Yang Mampu Buat Hati Damai
Panorama Pantai Pangi

Dikarenakan belum banyak dijelajahi dan tersentuh campur tangan manusia mengakibatkan pantai ini masih ini masih dalam kondisi yang benar-benar terjaga kebersihannya serta keasriannya.


Lokasi Pantai Pangi.


Lokasi Pantai Pangi ini berada tak jauh dari lokasi goa embultuk, sehingga mampu menyajikan sensasi pantai yang hening dan damai. Selain itu, bagi para pengunjung yang ingin berwisata di Pantai Pangi ini hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp2.000.

Pantai Pangi ini juga terletak tidak jauh dari lokasi Pantai Tambak Rejo, meskipun demikian aktivitas kepariwisataan di pantai pangi ini bisa dibilang masih sangat sepi kunjungan oleh para wisatawan.


Kondisi Serta Keindahan Pantai Pangi.


Kondisi serta suasana di pantai pangi ini masih sangat alami. Panorama alam pantai selatan dibingkai indah oleh pasir pantai putih yaang terhampar pada sepanjang bibir pantai, semua keindahan yang disajikan disana masih merupakan karya alam yang murni tanpa sedikit pun ada rekayasa dan sentuhan modernisasi.


Pantai Pangi - Destinasi Tersembunyi Dipelosok Blitar Yang Mampu Buat Hati Damai
Panorama Pantai Pangi


Sekilas bentuk dari Pantai Pangi terlihat seperti sebuah cekungan kecil pada tepian laut selatan yang sangat luas. Dengan disisi kanan dan kirinya batu-baru karang yang kokoh bagai pagar alam dan berhias kan deburan ombak saling berkejaran silih berganti menghantam bibir pantai, buih-buih ombak laut yang tertiup oleh angin pun kian menambah segar suasana saat berada di atas hamparan pasir pantai berwarna putih di Pantai Pangi.

Tak hanya itu keadaan sekitar tepian pantai juga tak kalah menarik pasalnya di tepian pantai pangi ini banyak ditanami dengan pohon-pohon cemara yang teduh dan rindang sehingga mampu membuat suasana di Pantai Pangi ini menjadi terasa lebih asri.


Pantai Pangi - Destinasi Tersembunyi Dipelosok Blitar Yang Mampu Buat Hati Damai
Panorama Pantai Pangi 

Terlebih lagi pada saat di ujung-ujungpada dari dahan pohon cemara yang terus dari bergerak bergoyang-goyang akibat tertiup angin ditambah lagi oleh aneka macam burung-burung liar yang berkicau bagai bernyanyi bersahutan, sungguh suasana pantai yang sangat menakjubkan.

Bila anda ingin berfoto dengan background kapal nelayan atau sekedar menikmati pemandangan kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar, maka di Pantai Pangi terdapat puluhan kapal nelayan untuk di jadikan background foto anda atau hanya untuk sekedar dilihat.

Dan bukan hanya pesona pantainya yang bisa anda nikmati di tempat ini. Pasalnya di tempat ini pula kita juga dapat menyaksikan pemandangan sungai dari pegunungan yang bermuara di Pantai Pangi menuju ke laut bebas yang membentuk sebuah danau payau. Danau air payau yang terbentuk disana memiliki bentuk cukup luas, berair tenang dengan airnya yang jernih dan sangat segar sepanjang waktu.

Keindahan danau payau ini mampu menyatu bersama dengan akar-akar pohon raksasa yang memang banyak tumbuh secara liar di tepian danaus sehingga benar-benar akan memberikan sensasi menakjubkan di mata para pengunjung.

Pantai pangi ini menawarkan sebuah pesona alam di pantai selatan yang memang sangat menawan dan hampir selalu mampu membuat siapapun yang datang akan kembali kesini.

Selain objek wisata pantai dan danau payau, Desa Tumpakkepuh juga mempunyai objek wisata lainnya yakni diantaranya Goa Embultuk, Goa Trawangan, dan juga Randu Alas, (sebuah pohon jenis randu yang memiliki ukuran yang sangat besar).

Nah, tempat-tempat itulah yang merupakan destinasi wisata andalan yang terdapat di kawasan pesisir laut selatan ini.



Kegiatan Di Pantai Pangi.


Bagi anda yang merasa dirinya merupakan pecinta alam dan hobi berkemah maka Pantai Pangi ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk tempat camping ground.

Pantai Pangi - Destinasi Tersembunyi Dipelosok Blitar Yang Mampu Buat Hati Damai
Panorama Pantai Pangi

Pasalnya disini kita dapat dengan mudah menemukan mata air bersih. Selain itu juga pada salah satu sisi pantai Pangi ini juga terdapat aliran sungai dengan aliran air yang sangat jernih yang memang bermuara di pantai Pangi ini.

Selain menjadi camping ground, pantai ini juga sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan seperti bakti sosial oleh para pecinta alam. Dan apabila anda bermalam di pantai Pangi ini, maka anda diwajibkan untuk membersihkan semua sampah yang anda hasilkan selama bermalam di pantai ini. Hal ini dilakukan agar kebersihan serta keindahan pantai pangi ini bisa tetap terjaga.




Akses Jalan Menuju Pantai Pangi.


Anda bisa berangkat dari pusat Kota Blitar, lokasi dari pantai ini berjarak sekitar 40 km ke arah selatan dari pusat kota Blitar. Para pengunjung disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan jarang ada kendaraan angkutan umum yang melintasi desa itu.

Terdapat dua akses yang dapat anda dilalui untul bisa tiba di Pantai Pangi, yakni yang pertama adalah melalui perempatan Kantor Desa Tumpakkepuh lalu langsung menuju ke arah selatan, dan yang kedua melalui jalur menuju Goa Embultuk yang terdapat di wilayah barat desa Tumpakkepuh. Dari kawasan wisata Goa Embultuk, terdapat jalur alternatif untuk menuju ke lokasi pantai. Dari kedua titik tersebut jarak pantai hanya sekitar 3 km saja.



Rute Menuju Pantai Pangi.



Untuk bisa tiba di lokasi pantai pangi, maka anda dapat mengikuti jalur yang sama untuk menuju ke pantai Tambak Rejo. Nah, dari perempatan gawang anda harus mengikuti jalan lurus terus hingga menemukan papan penunjuk jalan menuju goa Embultuk.

Dari sana anda harus belok ke kanan dan mengikuti terus jalanan hingga tiba di perempatan kantor desa Tumpak Kepuh. Dan dari perempatan tersebut, untuk menuju goa Embultuk anda harus berbelok ke arah kanan, sedang untuk anda yang ingin menuju ke lokasi pantai pangi maka anda di sarankan oleh warga sekitar untuk tetap jalan lurus.

Sebenarnya dulu ada jalan dari goa Embultuk ke pantai pangi, namun dikarenakan jalan tersebut kini terputus akibat terkena banjir, maka dari itu anda disarankan untuk melalui kantor desa Tambak Kepuh. Maka dari itu anda sebaiknya mengikuti terus jalanan yang cukup rusak tersebut hingga anda menjumpai tempat parkir kendaraan.

Setelah itu untuk tiba di lokasi pantai, Kalau anda memarkirkan kendaraan anda di atas, maka anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter melalui jalanaan setapak yang sengaja dibuat diatas sungai. Saya rasa perjalanan ini tak akan terasa melelahkan bagi anda karena pemandangan di sekitarnya cukup bagus.


Update Information Terakhir Oktober 2015.

Pantai pangi ini telah diresmikan menjadi salah satu destinasi wisata di Blitar, maka dari itu mulai saat ini para pengunjung dikenakan biaya retribusi untuk dapat memasuki kawasan ini, berikut ini rincian biaya yang anda butuhkan apabila berwista ke pantai Pangi ini:

Biaya Retribusi Masuk : Rp2.000/orang
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp2.000
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp5.000


Pantai Pangi - Destinasi Tersembunyi Dipelosok Blitar Yang Mampu Buat Hati Damai
Panorama Pantai Pangi
Meskipun akses untuk menuju ke lokasi pantai Pangi ini cukuo melelahkan, akan tetali hal tersebut tak menyurutkan niat para pengunjung datang pasalnya semua rasa lelah akan sirna berganti rasa semangat untuk bermain di pantai tatkala para pengunjung melihat panorama alam yang sangat menawan di pantai Pangi ini yang masih belum dikelola secara maksimal ini.

0 Response to "Pantai Pangi - Destinasi Di Blitar Yang Mampu Buat Pikiran Refresh"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya