Goa Lowo Watulimo Trenggalek, Terbesar di Asia Tenggara

Lokasi Goa Lowo.


Goa Gong - Si Goa Alam Yang Menawan dan Eksotis
Panorama Dalam Goa Lowo
Taken from tmbatrenggalek.com 
Goa Lowo atau yang dalam bahasa Jawa berarti Goa Kelelawar (Lowo = Kelelawar) merupakan goa menawan yang berisi stalaktit dan stalagmit yang terletak di sebuah lereng gunung yang berada di desa Watuagung, Watulimo, Trenggalek. Atau lebih tepatnya Goa Lowo ini berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dari kota Trenggalek, searah rute menuju ke Pantai Prigi, Pantai Karangggongso, serta Pantai Damas. Luas kawasan Goa Lowo ini ± 20 ha terdiri dari kawasan luar dan dalam goa.



Informasi Lebih Lanjut Mengenai Goa Lowo.


Goa Gong - Si Goa Alam Yang Menawan dan Eksotis
Panorama Dalam Goa Lowo.
Taken from www.tmbatrenggalek.com

Menurut Mr. Gilbert Manthovani dan Mr. Robert Kingstone Kho yakni 2 orang ahli goa berkebangsaan Prancis yang pada penelitiannya tahun 1985 telah menyatakan bahwa Goa Lowo merupakan salah satu goa alam yang terbesar di Asia Tenggara bahkan juga yang terbesar di Asia dengan panjang goa total mencapai sekitar 2 kilometer.

Namun, dari jumlah total panjang goa lowo itu, yang saat ini bisa dinikmati oleh para wisatawan hanya sekitar 850 meter. Untuk dapat menikmati 1.150 meter panjang goa sisanya, maka para penikmat petualangan diharuskan menyusuri goa dengan jalan menyelam dengan kedalaman air sedalam 10 meter didalam sungai bawah tanah di go lowo.



Sejarah Goa Lowo.

Goa Gong - Si Goa Alam Yang Menawan dan Eksotis
Panorama Eksotis dalam Goa Lowo.
Taken From www.tmbatrenggalek.com

Menurut berbagai cerita yang berkembang di kalangan rakyat setempat yang kemudian terus berkembang secara turun-temurun, adapun penemuan Goa Lowo tak bisa lepas dari perjalanan spiritual yang dijalani oleh seorang tokoh masyarakat yang hidup pada zaman itu, bernama Mbah Lomedjo.

Kala itu Mbah Lumedjo memiliki niat mencari sebuah tempat bersemedi dan hanya menjumpai sebuah goa kecil yang kemudian dipergunakannya untuk melakukan sebuah ritual kejawen yaitu sebuah kegiatan bertapa disertai dengan ritual-ritual adat Jawa.

Dan sebuah kebetulan, lokasinya berada persis di dekat kedung atau telaga yang memiliki air berwarna kebiru-biruan. Letak kedung atau telaga kecil ini berada kurang lebih 600 meter arah timur laut Goa Lowo.

Dari hasil upaya melakukan puasa, dan semedi inilah Mbah Lomedjo konon mendapatkan sebuah wangsit melalui mimpi yang menyebutkan jika di sekitar lokasinya bertapa terdapat sebuah goa besar dimana di dalamnya tersembunyi kelelawar berjumlah hingga ribuan ekor.

Setelah mendapatkan wangsit tersebut, kemudian Mbah Lomedjo berusaha untuk membuktikan kebenaran wangsit tersebut hingga pada akhirnya Mbah Lomedjo berhasil menemukan sebuah mulut gua yang besar dan juga gelap yang dipenuhi oleh banyak kelelawar yang mempunyai bau yang menyakiti hidung. Maka malai saat itulah para masyarakat setempat akhirnya menyebut goa itu dengan sebutan Goa Lowo atau Goa Kelelawar.



Akses Jalan Menuju Goa Lowo.

Tidaklah sulit untuk melakukan perjalanan menuju ke lokasi goa ini, sebab jalanan yang dilalui relatif sudah bagus dan aman, meskipun begitu anda diharuskan melewati jalan di antara hutan jati. Goa Lowo sendiri memiliki lebar ± 50 M dan tinggi goa berkisar antara 20-50 M, dan dihiasi dengan dinding goa serta stalaktit dan stalagmit yang terbentuk sejak ratusan tahun lalu secara alami, namun menghasilkan pemandangan yang unik.



Kegiatan Di Goa Lowo.


Goa Gong - Si Goa Alam Yang Menawan dan Eksotis
Keindahan Panorama Goa Lowo
Taken From www.tmbatrenggalek.com


Setibanya di Guo Lowo para pengunjung akan disambut oleh suasana udara pegunungan yang menyejukkan tubuh dengan aroma hutan jati yang khas, hal ini tak lain karena disebabkan oleh lokasi Goa Lowo yang dikelilingi oleh hutan jati yang rimbun.

Dari tempat parkir kendaraan menuju ke mulut gua, jalan setapak yang sudah dipaving bersih yang tampak membelah diantara rindangnya hutan kayu jati disini.

Begitu para pengunjung melewati mulut gua, maka akan langsung disambut oleh ruang gua pertama yang sangat luas bagai aula. Langit - langit gua terbentuk setinggi berkisaran 20-50 meter dengan lebar gua ± 50 meter.

Serta dinding-dinding gua dipenuhi dengan panorama stalagtit yang menggantung maupun stalagmit yang mencuat disana sini, tentu semakin terlihat artistik dengan tambahan sinaran lampu warna-warni yang ditata sedemikian rupa untuk menerangi ornamen bebatuan yang menjadikan dinding goa lowo menjadi terlihat semakin menarik.

Kegiatan utama saat berada di obyek wisata Goa Lowo adalah menikmati panorama stalaktit dan stalagmit yang terdapat pada sepanjang 850 meter lorong goa atau pada 9 ruang utama goa yang didukung panggung hiburan yang secara berkala diadakan pertunjukan seni berupa band, campursari dan lainnya.


2 Responses to "Goa Lowo Watulimo Trenggalek, Terbesar di Asia Tenggara"

  1. wehh keren lokasinya kapan-kapan kesana deh aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan datang dengan keluarga tercinta

      Delete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya