House of Sampoerna: Wisata Unik dan Bersejarah Di Surabaya.

House of Sampoerna: Wisata Unik dan Bersejarah Di Surabaya, Indonesia


Galeri Seni Di House of Sampoerna

  House of Sampoerna - Sebuah Bangunan Museum yang dibangun di lokasi bekas Pabrik bagi produksi merk rokok paling bergengsi di Indonesia, seperti Dji Sam Soe. Rumah tua Sampoerna ini terletak di bagian pusat kota Surabaya. Atau lebih tepatnya berada di Jln. Taman Sampoerna No.6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya.


Sejarah House of Sampoerna.

Tampak Depan Banguna Museum  House of Sampoerna
Tampak Depan Banguna Museum
 House of Sampoerna
Bangunan Rumah Produksi Sampoerna ini dibangun dan dirintis mulai tahun 1862 yang awalnya tempat ini merupakan sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

Dan salah satu anak yatim yang pernah dibesarkan di panti asuhan ini yaitu Liem Seeng Tee, membeli bangunan panti asuhan yang bergaya kolonial Belanda di tahun 1932 untuk dijadikan sebagai sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam produksi rokok.

Dan pada tahun 2003, tepat pada saat ulang tahun ke-90 perusahaan, kompleks rumah produksi rokok tersebut dikembalikan dan kini sebagian bangunan berubah fungsi menjadi bangunan museum.

Namun hingga saat ini pula masih sebagian bangunannya juga masih dipergunakan sebagai rumah produksi rokok paling bergengsi di Indonesia yakni rokok dengan merk dagang "Dji Sam Soe".




Keunikan House of Sampoerna.

Salah satu kegiatan sangat menarik yang bisa anda saksikan di sini adalah anda akam bisa melihat secara langsung proses pembuatan rokok yang dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan tradisional dan dilakukan oleh para ribuan pekerja wanita yang mampu bekerja menghasilkan kurang lebih 325 batang rokok per jam.

Dikarenakan adanya kombinasi unik antara keberadaan bangunan bersejarah atau museum dan juga perusahaan produksi tradisional, maka menjadikan House of Sampoerna bisa dianggap sebagai salah satu tujuan utama wisata yang ada di Surabaya.

Sepeda Koleksi Benda Bersejarah Milik House of Sampoerna  Bangunan
Koleksi Benda Bersejarah Milik House of Sampoerna

Bangunan ini sendiri terbagi menjadi empat bagian, yakni bagian auditorium utama, bagian produksi yang berada di belakang auditorium serta terdapat dua bagian bangunan yang berbentuk lebih kecil berfungsi adalah sebagai tempat tinggal bagi keluarga yang terletak di sebelah barat.

 Sedangkan bangunan yang ada di sebelah timur kini telah diubah menjadi tempat publik seperti sebuah bangunan kafe, kios dan juga galeri seni. Serta Auditorium pusat yang asli kini terlah beralih fungsi menjadi sebuah museum.

Cafe Di House of Sampoerna
Cafe Di House of Sampoerna
Credit Image: gigaontrip.wordpress.com


Namun pabrik untuk memproduksi rokok Dji Sam Soe masih tetap berjalan, dan memproduksi rokok di belakang kompleks.

Dan biila Anda ingin melihat proses produksi rokok khas Dji Sam Soe, maka sebaiknya anda datang pada hari-hari biasa (Senin sampai Sabtu) pada sebelum jam 15:00.

Galeri Seni Di House of Sampoerna1
Galeri Seni Di House of Sampoerna


Fasilitas Yang Tersedia.



Bus untuk "Surabaya Heritage Track"
Bus untuk "Surabaya Heritage Track"
Credit Image: gigaontrip.wordpress.com

Tiket untuk "Surabaya Heritage Track"
Tiket Untuk  "Surabaya Heritage Track"
Credit Image: gigaontrip.wordpress.com

House of Sampoerna memiliki acara rutin keliling Surabaya secara gratis yang disebut dengan "Surabaya Heritage Track". Dengan adanya acara rutin yang diselenggarakan oleh House of Sampoerna ini maka para wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas bus ini untuk melakukan perjalanan berkeliling Surabaya. Adapun jadwal busnya adalah dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB, lalu pada pukil 13.00-14.00 WIB dan pada pukul 15.00-16.00 WIB.

Anda bisa memilih sesi pagi hari di akhir pekan yang berangkat pukul 09.00-10.30 WIB yang bertema Exploring Surabaya. Rute sesi ini yaitu melewati Balai Pemuda – City Hall – lalu terakhir ke De Javasche Bank.

Fasilitas lainnya yang terdapat di House of Sampoerna adalah ruang pameran galeri seni, kafe yang berada di bagian timur bangungan, serta disini juga terdapat kamar mandi umum.



Akses Menuju House of Sampoerna.

Untuk mencapai House of Sampoerna ini tidaklah sulit. Pasalnya lokasi dari House of Sampoerna ini berada di bagian pusat kota Surabaya, sehingga membuat akses untuk menuju ke tempat ini cukup mudah.

Bila menggunakan bus untuk datang ke sini, maka anda bisa berangkat dari Terminal Surabaya dan menaiki bus dengan tujuan menuju ke Jembatan Merah Plaza.

Nah, Dari Jembatan Merah Plaza maka anda sudah bisa melihat lokasi House of Sampoerna, dan selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan cara berjalan kaki ataupun memilih untuk menyewa becak.



Jam Buka House of Sampoerna

Buka Setiap Jari (Senin-Minggu) mulai pukul 09.00-22.00 WIB.


Biaya Tiket Masuk


Tidak dipungut biaya apapun atau Tiket masuk gratis.


Tarif Akomodasi

*Tarif bus kota dari Terminal Surabaya - Jembatan Merah Plaza seharga Rp.4.500,00 hingga Rp.7.000,00.

*Sedangkan ongkos naik becak dari Jembatan Merah Plaza menuju ke Museum House of Sampoerna seharga Rp.10.000,00 hingga Rp.20.000,00.

Keterangan:
*harga bervariasi dan dapat berubah kapan saja

1 Response to "House of Sampoerna: Wisata Unik dan Bersejarah Di Surabaya."

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya