Pantai Teluk Banyu Biru, Objek Wisata Indah Di Banyuwangi



DESTINASI WISATA TELUK BANYU BIRU.


Teluk Banyu Biru  Potensi Obyek wisata laut ini dengan kategori teluk di Banyuwangi bukan hanya ada Teluk Ijo akan tetapi juga ada Teluk Banyu Biru. Lokasi dari Teluk Banyu Biru ini berada di wilayah administrasi Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang lokasinya juga berada tepat di balik semenanjung Sembulungan yang juga masih termasuk dalam area Taman Nasional Alas Purwo.   Masyarakat Banyuwangi yang tinggal disekitar lokasi ini menyebut objek wisata teluk biru ini dengan sebutan Selanggrong. Selanggrong ini memiliki keindahan alam bawah laut yang akan membuat anda kagum.
Foto Teluk Banyu Biru

Potensi Obyek wisata laut ini dengan kategori teluk di dalam daftar Potensi Wisata Banyuwangi bukan hanya adaTeluk Ijo akan tetapi juga ada Teluk Banyu Biru. Lokasi dari Teluk Banyu Biru ini berada di wilayah administrasi Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang lokasinya juga berada tepat di balik semenanjung Sembulungan yang juga masih termasuk dalam area Taman Nasional Alas Purwo.

 Masyarakat Banyuwangi yang tinggal disekitar lokasi ini menyebut objek wisata teluk biru ini dengan sebutan Selanggrong. Selanggrong ini memiliki keindahan alam bawah laut yang akan membuat anda kagum.


KEINDAHAN DARI POTENSI WISATA TELUK BANYU BIRU.



Teluk Banyu Biru  Potensi Obyek wisata laut ini dengan kategori teluk di Banyuwangi bukan hanya ada Teluk Ijo akan tetapi juga ada Teluk Banyu Biru. Lokasi dari Teluk Banyu Biru ini berada di wilayah administrasi Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang lokasinya juga berada tepat di balik semenanjung Sembulungan yang juga masih termasuk dalam area Taman Nasional Alas Purwo.   Masyarakat Banyuwangi yang tinggal disekitar lokasi ini menyebut objek wisata teluk biru ini dengan sebutan Selanggrong. Selanggrong ini memiliki keindahan alam bawah laut yang akan membuat anda kagum.
Kondisi Air Laut Di Teluk Banyu Biru Yang Jernih

 Meskipun demikian Teluk Banyu Biru ini masih tergolong belum banyak diketahui bahkan oleh para wisatawan bahkan juga bagi para masyarakat Banyuwangi sendiri. Hal ini dikarenakan oleh keberadaan dari surga bawah laut yang ada di pulau ini masih belum se-populer seperti layaknya Teluk Ijo, Pulau Merah, Pantai Sukamade,  Blue Fire Kawah Ijen, Serta Pantai Bama.

 Hal ini bisa dimaklumi karena keberadaannya yang memang belum dikelolah secara profesional, selain itu juga lokasinya yang cukup tersembunyi dan juga hanya dapat dijangkau melalui jalur laut, yang membuat Teluk Banyu Biru ini bagai surga tersembunyi di pelosok Banyuwangi.

 Keindahan alam inilah yang masih perlu banyak di ekspos agar lebih dikenal oleh para traveller. Namun anda tak akan kecewa bila datang kesini karena keindahannya dijamin tidak kalah dengan tempat-tempat wisata tadi.

 Berbeda dengan Potensi Wisata Teluk Hijau yang menandalkan keindahan dari segi keberadaan pasir putih dan juga warna air lautnya yang berwarna kehijauan, hal ini justru bisa dikatakan cukup berbeda karena potensi wisata Teluk Biru ini mengandalkan keindahan yang justru terletak pada keindahan alam bawah laut dengan keindahan pemandangan terumbu karangnya.   Keindahan terumbu karang di selanggrong yang begitu tampak eksotis yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis biota laut, sehingga Teluk Banyu Biru dapat menjadi sebuah alternatif untuk kegiatan snorkeling saat anda berada di Banyuwangi selain kegiatan snorkeling yang berada di Pulau Tabuhan, Bangsring maupun di Pantai Bama di Baluran.
Keindahan Alam Bawah Laut Di Teluk Banyu Biru


 Berbeda dengan Potensi Wisata Teluk Hijau yang menandalkan keindahan dari segi keberadaan pasir putih dan juga warna air lautnya yang berwarna kehijauan, hal ini justru bisa dikatakan cukup berbeda karena potensi wisata Teluk Biru ini mengandalkan keindahan yang justru terletak pada keindahan alam bawah laut dengan keindahan pemandangan terumbu karangnya.

 Keindahan terumbu karang di selanggrong yang begitu tampak eksotis yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis biota laut, sehingga Teluk Banyu Biru dapat menjadi sebuah alternatif untuk kegiatan snorkeling saat anda berada di Banyuwangi selain kegiatan snorkeling yang berada di Pulau Tabuhan, Bangsring maupun di Pantai Bama  di Baluran.

 Karena laut disini juga masih sangat asri dan juga masih terjaga kealamiannya, hal ini terbukti dari kondisi warna air lautnya yang masih biru jernih. Maka dari itulah alasan kenapa teluk ini diberi nama Teluk Banyu Biru atau Blue Bay.



PERAN KOMUNITAS PELESTARI ALAM.

 Teluk Banyu biru ini juga merupakan salah satu kawasan Fishground (Areal tangkap ikan) bagi para nelayan yang ada di sekitar selat Bali.

 Sebagai akibat dari kurangnya informasi yang diberikan kepada para nelayan mengenai kelestarian laut, maka sejak tahun 1980-1990 hingga sekarang begitu banyak nelayan melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan bom Ikan, potasium serta melakukan penangkapan ikan dengan memakai jaring monofilament yang tidak digunakan pada tempat yang semestiya, sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan ekosistem laut yang luar biasa.

eluk Banyu biru ini juga merupakan salah satu kawasan Fishground (Areal tangkap ikan) bagi para nelayan yang ada di sekitar selat Bali.   Sebagai akibat dari kurangnya informasi yang diberikan kepada para nelayan mengenai kelestarian laut, maka sejak tahun 1980-1990 hingga sekarang begitu banyak nelayan melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan bom Ikan, potasium serta melakukan penangkapan ikan dengan memakai jaring monofilament yang tidak digunakan pada tempat yang semestiya, sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan ekosistem laut yang luar biasa.   Foto Disalah Satu Sudut Teluk Banyu Biru    Maka dari itu, dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam setempat dan agar tidak terjadi kembali peristiwa pengeboman ikan, maka kawasan ini telah dilindungi oleh komunitas dari daerah setempat yang bernama Gerakan Muncar Rumahku atau biasa di singkat dengan GEMURUH   Komunitas GEMURUH ini memiliki beberapa kegiatan dala upaya pelestarian lingkungan. Yakni diantaranya adala
Foto Disalah Satu Sudut Teluk Banyu Biru


 Maka dari itu, dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam setempat dan agar tidak terjadi kembali peristiwa pengeboman ikan, maka kawasan ini telah dilindungi oleh komunitas dari daerah setempat yang bernama Gerakan Muncar Rumahku atau biasa di singkat dengan GEMURUH

 Komunitas GEMURUH ini memiliki beberapa kegiatan dala upaya pelestarian lingkungan. Yakni diantaranya adalah melakukan transpalantasi terumbu karang, penanaman fish apartement, dan juga gerakan penanaman pohon mangrove didaerah pantai yang memiliki tujuan utama yakni untuk menyelamatkan dan menjaga kelestarian alam sekitar.



AKTIVITAS YANG DAPAT DILAKUKAN DI TELUK BANYU BIRU.


 Terlepas dari perjuangan dari komunitas GEMURUH yang ingin menjaga keindahan pulau ini. Maka Anda juga bisa menikmati keindahan pulau ini dengan cara melakukan kegiatan diving, snorkeling, bermain ski air, berenang di laut, berkano ataupun berperahu.

AKTIVITAS YANG DAPAT DILAKUKAN DI TELUK BANYU BIRU.   Terlepas dari perjuangan dari komunitas GEMURUH yang ingin menjaga keindahan pulau ini. Maka Anda juga bisa menikmati keindahan pulau ini dengan cara melakukan kegiatan diving, snorkeling, bermain ski air, berenang di laut, berkano ataupun berperahu.   Berenang Di Laut Teluk Banyu Biru    Dengan menilik dari kondisi geografi Banyu Biru yang terletak di area teluk, maka Teluk Banyu Biru ini akan membuat kita merasa sangat nyaman untuk melakukan kegiatan snorkling, hal ini juga di tambah dengan kondisi ombaknya cukup tenang dan juga terumbu karang yang masih dalam kondisi yang bagus.
Berenang Di Laut Teluk Banyu Biru


 Dengan menilik dari kondisi geografi Banyu Biru yang terletak di area teluk, maka Teluk Banyu Biru ini akan membuat kita merasa sangat nyaman untuk melakukan kegiatan snorkling, hal ini juga di tambah dengan kondisi ombaknya cukup tenang dan juga terumbu karang yang masih dalam kondisi yang bagus.



AKSES UNTUK MENUJU KE TELUK BANYU BIRU.


 Untuk bisa tiba dilokasi Teluk Banyu Biru ini jalur satu-satunya yang bisa anda akses adalah melalui jalur laut. Untuk itu, pengunjung dapat menyewa perahu dari Katiran, baik perahu tradisional ataupun kapal boat yang berangkat dari pelabuhan Muncar. Untuk biaya menyewa perahu ini sendiri, anda cukup dengan mengeluarkan biaya harga antara Rp300.000 hingga Rp500.000. Biasanya didalam satu paket perjalanan untuk menuju Teluk Banyu Biru ini biasanya juga telah tersedia peraalat untuk Snorkling, Life Jaket, dan juga Kano.


 Dan dikarenakan ombak di daerah muncar yang cukup besar maka lama perjalanan yang anda butuhkan untuk menuju Teluk Biru dari Kutiran adalah sekitar 2-3 jam, sehingga jika anda ingin datang untuk berkunjung maka sebaiknya anda berangkat pada saat pagi hari hingga siang hari dengan alasan keselamatan.

 Hal ini dikarenakan jika anda berangkat pada saat sore hari, maka para nelayan tidak akan bersedia untuk mengantarkan anda hal ini dikarenakan ombaknya yang terlalu besar. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih waktu yang tepat, dan  waktu terbaik pergi ke Teluk Banyu Biru adalah pada saat Pukul 02.00 dini hari, hal ini karena selain ombaknya lebih bersahabat, anda juga akan dapat menikmati keindahan sunrise di tengah laut.

Selamat Berlibur
Semoga Liburan Anda Menyenangkan

6 Responses to "Pantai Teluk Banyu Biru, Objek Wisata Indah Di Banyuwangi"

  1. gan ada info cp kapal yg recommended (safety, price, time) gak?

    ReplyDelete
  2. wah trnyata banyak wisatanya ya gan, dlu main ke bali cuma lewat di banyuwangi, jdi gatau wisata di bayuwangi kaya apa :3

    ReplyDelete
  3. lihat foto dan baca artikelnya jdi pgn kesana neh .... semoga bisa ...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya nih, lengkap banget pembahasannya. Terus posting tentang keindahan Indonesia.

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya