Pantai Bama, Pantai Eksotis Di Kawasan Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama, Pantai Eksotis Di Kawasan Taman Nasional Baluran.






Jawa Timur tak pernah bisa berhenti membuat orang untuk mengunjunginya dengan berbagai Destinasi Wisata yang begitu beraneka beragam. 


Mulai dari Air terjun yang indah seperti Air Terjun Madakaripura, Wisata Sejarah Candi Rimbi serta Situs Trowulan, wisata wahana seru seperti Jatim Park 1 dan Wisata Bahari Lamongan, serta pesisirnya dengan Pantai Papuma, Teluk Ijo

Selain beberapa potensi wisata yang telah saya sebutkan tadi, masih banyak potensi wisata yang terdapat di Jawa Timur, dan salah satunya adalah Pantai Bama seperti apa yang akan saya berikut ini.

Pantai  Bama ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, atau lebih tepatnya berada dalam kawasan Taman Nasional Baluran.


Taman Nasional Baluran ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah taman nasional dengan kondisi alam wilayah yang beragam. Yakni wilayah dari Taman nasional ini terdiri atas wilayah daratan serta wilayah lautan.

Uniknya, di Taman Nasional Baluran ini Wilayah daratan serta wilayah lautan mampu untuk saling melakukan kolaborasi sehingga mampu menyajikan pesona alam yang akan membuat Anda kagum karenanya.

Baca Juga :



Lokasi Pantai Bama 

Letak lokasi dari Taman Nasional Baluran ini berada di antara wilayah administrasi Kabupaten Banyuwangi serta Kabupaten Situbondo.

Selain Pantai Bama, objek wisata lainnya yang terkenal di Taman nasional ini adalah Savana Bekol yang mampu memberikan kepada pengunjung bagaimana suasana yang mirip dengan alam liar, sehingga karena ini pula Savana Bekol ini juga sering disebut sebagai Afrika-nya Indonesia

Baca Juga :

Hal ini di karenakan suasana yang disajikan disana memiliki kondisi yang mirip seperti alam liar ala Afrika. Dan Pantai Bama yang akan kita bahas ini berjarak sekitar 4 km dari dari Savana Bekong.

Pantai Bama ini begitu tampak indah dengan dihiasi pasir putih disepanjang garis pantai serta pemAndangan ombak yang saling berkejaran.

Dan secara administratif, Pantai Bama ini termasuk dalam wilayah yang berada dalam wilayah kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Pantai Bama merupakan salah satu tujuan utama bagi para wisatawan yang datang ke Baluran.

Dengan suasana pantai yang belum terlalu ramai membuat Pantai Bama menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk bertualang.

Selain dengan pasir putihnya, dan air laut yang masih jernih bersih dari sampah, ternyata Pantai Bama juga memiliki daya tarik lainya yaitu pantai ini akan mampu menyajikan suasana alam yang tenang dan damai yang bisa menenangkan pikiran Anda.

Hal ini dikarenakan lokasi dari pantai ini terletak di sebuah kawasan taman nasional serta dikelilingi oleh area hutan mangrove.


Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Bama:
Dikerenakan air lautnya yang jernih dan belum tercemar oleh sampah maka para wisatawan akan bisa menyaksikan indahnya pemandangan dunia bawah laut di Pantai Bama yang ini terlihat sangat memesona dengan dihiasi oleh terumbu karang serta beraneka ragam ikan hias yang hidup didalamnya.

Karena memiliki ombak yang tidak besar bahkan cenderung tenang maka bagi Anda para pecinta snorkeling bisa menikmati pemandangan alam bawah laut yang dimiliki oleh Pantai Bama dengan nyaman.

Adanya kawasan Hutan mangrove yang terdapat di area pantai ini yang merupakan habitat bagi beberapa jenis burung liar.

Tentu akan menjadi sebuah hal yang menyenangkan saat Anda jalan-jalan di pantai, serta dengan adanya hutan mangrove ini membuat suasana diPantai Bama ini menjadi terasa begitu alami.

Kesan alami dan damai saat berada di pantai ini akan menjadi semakin terasa dengan hadirnya beberapa jenis hewan liar yang memang hidup di sekitar pantai.

Anda akan dapat menyaksikan beberapa hewan-hewan liar yang menampakkan dirinya kepada Anda, hewan-hewan tersebut seperti biawak, lutung dan juga berbagai macam hewan dari jenis burung.

Namun Anda perlu berhati-hati jika membawa bahan makanan saat ke pantai ini. Hal ini dikarenakan di sekitar pantai terdapat banyak kera-kera liar yang sudah bersiap-siap mencuri berbagai makanan yang Anda bawa disaat Anda lengah.


Baca Juga :
Pemandangan Sunrise Di Pantai Bama

Pantai Bama juga merupakan salah satu tempat yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati indahnya awan tatkala sang surya terbit diufuk timur saat Anda sedang berada di Taman Nasional Baluran.


Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya jika Pantai Bama ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat snorkeling. Maka dari itu Anda sebaiknya membawa peralatan snorkeling.

Namun jika Anda lupa membawa peralatan snorkeling atau baru teringat pada saat sudah jalan-jalan di pantai ini, maka Anda tak perlu merasa menyesal maupun khawatir, karena di Pantai Bama telah tersedia tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun peralatan menyelam.

Di Pantai Bama ini juga terdapat beberapa cottage yang dapat Anda gunakan bila Anda ingin menginap disana.

Selain itu bagi Anda yang ingin mengelilingi kawasan pantai, maka disini juga telah tersedia fasilitas penyewaan kano yang dapat Anda gunakan dengan membayar dengan jumlah tertentu.

Untuk dapat memasuki lokasi Taman Nasional Baluran Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk, dan berikut ini adalah daftar harganya:

– Biaya Tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang
– Biaya masuk kendaraan:
*) Motor sebesar  Rp3.000
*) Mobil Rp6.000,00


Lalu bagaimanakah jika Anda ingin datanh namun tidak mempunyai kendaraan?, jawabanya Anda dapat memakai jasa ojek:


– Melalui jalan dari pintu masuk sampai ke Bekol :
*) Ojek motor Rp30.000,00
*) Mobil Rp100.000,00
– Melalui jalan dari pintu masuk ke Pantai Bama, (juga melewati bekol) :
*Ojek motor Rp35.000,00
*Mobil Rp120.000,00


Jika Anda ingin menginap  maka Anda harus menyewa kamar. Dan berikut ini daftar harganya:


– Penginapan didaerah Bekol :
Rp35.000,00 hingga Rp50.000,00 per orang
– Penginapan didaerah Pantai Bama:
Rp75.000,00 perorang.
– Bagi keluarga besar maka dapat menyewa Bungalow di Pantai Bama dengan harga Rp300.000,00
– Plus Fasilitas Extra bed, harus menambah Rp25.000,00

Yang perlu diingat adalah listrik disini hanya menyala pada kisaran antara pukul 5 sore hingga pukul 11 malam, jika Anda sangat membutuhkan sekali listrik untuk semalaman, maka mereka juga menyediakan sumber listrik tenaga surya yang yang sudah mereka simpan, dengan harga sewa Rp150.000,00 untuk bisa menikmati listrik yang menyala sampai pagi.

Itulah tadi ulasan mengenai pantai bama semoga bermanfaat bagi Anda.

Selamat berlibur
Semoga menyenangkan!!



4 Responses to "Pantai Bama, Pantai Eksotis Di Kawasan Taman Nasional Baluran."

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya