Ranu Kombolo Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur

keindahan ranu kombolo disaat petang

Ranu kumbolo adalah danau air tawar yang berada di gunung semeru yang terletak di kabupaten Lumajang provinsi Jawa Timur. Tempat ini dijadikan tempat peristirahatan bagi para pendaki dengan cara mendirikan tenda tenda disekitaran danau.

Tempat ini merupakan sumber air bersih bagi para pendaki yang sedang berkemah ditempat ini karena bila mereka kekurangan air. Ranu kumbolo ini sangatlah indah terutama bila dimalam hari karena anda hanya beratapkan langit terbuka dengan pemandangan gugusan bintang bintang di angkasa dan saat pagi menjelang anda dapat menyaksikan pemandangan sunrise di ufuk timur. Bahkan dengan keindahannya itu, tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat dalam film 5 cm.


★ Sejarah penamaan Ranu Kombolo:

Dahulu kala ada sepasang suami (marmoyo) istri (sawitri) yang miskin, dikarenakan sang istri 'ngidam' ikan mas, maka sang suami lalu memancing ikan dan akhirnya mendapat ikan mas ajaib yang bisa mengeluarkan sisik emas, namun sawitri tidak tahu dan menggoreng ikan ajaib tersebut, dan setelah itu sawitri melahirkan anak yang dikutuk memiliki sisik ikan akibat sawitri memakan ikan ajaib itu.

Anak itu diberi nama kombolo. Setelah besar Kombolo tahu bagaimana cara menghilangkan kutukannya, lalu dia pergi ke puncak semeru untuk mencari mutiara ajaib, namun saat pulang setelah menemukan mutiara ajaib itu, Kombolo dihadang 3 anak yang ingin merampas mutiara itu, akibat perkelahian tersebut mutiara tersebut jatuh dan memancarkan air yang kemudian menjadi danau (ranu) dan menenggelamkan 3 anak tersebut. Dan akhirnya Danau tersebut dusebut sebagai Ranu Kombolo


★ Himbauan Bagi Pendaki:

Dikarenakan tempat ini berdiri diatas ketinggian 2400 mdpl, membuat suhu di tempat ini sangat dingin yaitu mencapai suhu -5°C dengan suhu sedingin itu sampai sampai air embun yang menyelimuti Ranu Kumbolo menjadi butiran es. maka dari itu anda harus membawa sarung tangan, kaos kaki, jaket yang tebal juga sleeping bag jika anda tidak ingin mengigil akibat dinginnya udara di Ranu Kumbolo ini.


★ Keunikan:

Di Ranu Kombolo terdapat plakat plakat yang bertuliskan nama nama para pendaki yang telah meninggal saat dalam pendakian. Oleh karena itu para pendaki diharuskan untuk mempersiapkan fisik yang prima .


★ Perjalanan:

* Adapun perjalanan yang harus di lewati oleh para pendaki adalah pendaki diharuskan berjalan melewati jalan jalan setapak 5-7 jam dari pos pendaftaran Untuk masuk Ranu Kumbolo dan para pendaki bisa memilih berisitrahat jika mengalami kelelahan di pos 1,2,3, maupun di pos 4.

* Untuk mencapai Lokasi Ranu Kumbolo anda juga dapat menggunakan berbagai mode transportasi berikut ini : (Data tahun 2013)
– Jika dari terminal kabupaten Malang anda bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Desa Tumpang dengan biaya hanya sebesar Rp 4.000.
– Jika dari Tumpang anda harus menuju ke Pos Ranu Pani yang bisa dicapai dengan menaiki truk sayur dengan biaya sekitar Rp. 30.000 - Rp. 50.000. Atau anda bisa menyewa mobil jeep dengan harga sewa sebesar Rp. 450.000.
– Adapun syarat syarat yang harus anda penuhi untuk bisa melakukan pendakian ke puncak Gunung Semeru adalah Surat Keterangan sehat dari dokter/puskesmas serta Foto copy KTP ( fotokopi masing masing 2 lembar)


★ Peraturan :

Terdapat beberapa peraturan yang harus anda taati supaya keasrian Ranu Kumbolo tetap terjaga yaitu :
◆Anda tidak di perbolehkan untuk berenang di danau
◆Anda tidak di perbolehkan untuk buang air kecil maupun buang air besar di danau ranu kumbolo
◆Anda tidak di perbolehkan untuk mandi pakai shampo, sabun, maupun bahan kimia lain
◆Anda tidak di perbolehkan membuang sampah di area sekitaran danau
◆Anda dihimbau agar membawa Sampah saat turun kembali
◆Dan berbagai Peraturan lainnya.



0 Response to "Ranu Kombolo Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya