Kawah Ijen Banyuwangi, Punya Blue Fire Super Eksotik


kegiatan malam digunung ijen
kegiatan malam digunung ijen
Disamping menyajikan wisata naik gunung, Kawah ijen juga merupakan tempat untuk melakukan penambangan belerang secara tradisional oleh warga sekitar yang wara-wari di area bekas letusan vulkanis ini.

Kawah ijen merupakan sebuah kawah di Gunung ijen yang kaya akan kandungan belerang dan Inilah yang menjadi sebuah pesona menawan dari keindahan alam Indonesia yang begitu luar biasa bahkan telah sanggu membuat banyak wisatawan dari berbagai negara berdecak kagum karenanya.

Di kawah ijen ini para wisatawan daat melihat danau kawah belerang yang terbentang luas yang sanggup menampilkan pemandangan yang begitu menakjubkan dengan cara menyajikan pemandangan api berwarna biru 'blue fire' yang berasal dari belerangnya yang akan tampak begitu indah dan jelas pada saat malam hari.


★Kegiatan Wisata di Kawah Ijen.

blue fire kawah ijen
blue fire kawah ijen


Kegiatan yang bisa anda lakukan saat berada di kawah ijen adalah
Pada saat pagi hari, disaat Matahari sedang mulai menyinari kawasan Kawah Ijen, akan tampak suatu pemandangan yang amat indah yang akan dapat Anda nikmati.

Kawah Ijen yang memiliki warna hijau kebiruan mambaur dangan warna keemasan yang berasal dari cahaya Matahari yang kemudian memantul di bawah kawah.

Dan waktu yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Kawah Ijen adalah pada saat dini hari yakni antara pukul 02.00 hingga 04.00 wib. Disaat saat itu Anda akan dapat menyaksikan bagaimana indahnya pijaran api biru (blue fire) yang berasal dari belerang di kawah ijen.


★Akses jalan.Untuk menuju Kawah Ijen bisa ditempuh melalui 2 jalur yaitu, barat dan timur.

◆Jalur barat

Para pendaki lebih banyak memilih jalur barat, karena terbilang mudah. Dengan rute perjalanan sebagai berikut:

◇ Rute dari Surabaya menuju ke Bondowoso menempuh jarak 191 Km bisa dilalui dengan menaiki bus kemudian dilanjutkan dari Bondowoso menuju ke Sempol dengan jarak tempuh 165 Km yang juga bisa dilewati dengan bus dan dari Sempol dilanjutkan ke Banyupait menempuh perjalanan sejauh 14 Km dengan menumpangi bus lalu setelah dari Banyupait lalu dilanjutkan ke Paltuding dengan jarak perjalanan sejauh 4 Km dengan menaiki mobil, setelah sampai Paltuding anda masih harus berjalan kaki sejauh 3 km ke Kawah Ijen.

◆Jalur Timur,

Sedangkan bila ingin melalui jalur timur, maka berikut inilah rute yang harus ditempuh :

◇ Dari kota Denpasar anda harus menuju ke kabupaten Banyuwangi dengan jauh perjalanan sekitar 140 Km dengan menggunakan bus maupun ferry,

Setelah tiba di Banyuwangi anda masih harus melanjutkan perjalanan ke desa Jambu dengan jarak tempuh 18 Km bisa anda lalui dengan mobil setelah tiba di desa Jambu anda bisa langsung berjalan kaki menuju Kawah Ijen dengan jarak tempuh sekitar 21 Km.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dengan jalan kaki dari desa Jambu ke Kawah Ijen adalah sekitar 6-7 jam, dengan kondisi jalan yang licin serta berbahaya.

◆Jalur Alternatif,

Salain 2 jalur tadi juga terdapat yang bisa dilalui untuk dapat mencapai kawah ijen anda bisa melalui rute alternatif yang akan saya jelaskan berikut ini:

◇ jika anda berasal dari Banyuwangi maka anda dapat melewati rue dari Banyuwangi menuju ke Licin yang akan menempuh jarak sejauh 15 km atau sekitar 30 menit perjalanan, yang bisa anda dilewati dengan kendaraan bermotor roda dua maupun kendaraan roda empat.

Namun sayangnya rute ini memiliki kondisi jalan yang cukup buruk sehingga rute ini akan lebih sulit untuk dilalui. Biasanya rute digunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen.

Dan Waktu yang paling cocok dan sangat disarankan bila anda akan berkunjung ke Kawah Ijen adalah sekitar periode April hingga Oktober, hal ini dikarenakan dalam periode ini merupakan masa musim kemarau sehingga jalanan di sekitar lokasi tidak licin dan tentunya akan lebih aman.


★ Fasilitas Penginapan.

Dan jika Anda khusus datang ke sini untuk manaiki kawah pagi-pagi sekali maka dapat menyewa tersedia penginapan di daerah Paltuding, disana tersedia 2 buah wisma yang dimiliki oleh Departemen Kehutanan yang disewakan untuk umum dengan harga mulai dari Rp.100.000,00 hingga Rp.300.000,00 untuk setiap malamnya.

Prbedaan harga di antara keduanya merupakan perbedaan harga untuk kamar yang terdapat kamar mandi didalam atau tidak.

Selain terdapat penginapan di Paltuding juga merupakan kawasab camping ground sehingga pengunjung diizinkan mendirikan tenda.


★Tips menuju kawah ijen.

Untuk bisa menuju ke bawah Kawah Ijen demi bisa menyaksikan betapa indahnya pemandang api biru maka wajib untuk menyewa seorang pemandu wisata yang biasanya merupakan warga setempat, carilah yang telah berpengalaman.

Mereka yang telah berpengalaman akan hafal manakah pijakan batu yang aman dan bisa memilih waktu serta lokasi terbaik guna kegiatan foto.

Selain menyewa pemandu dan membawa peralatan tracking yang ringan dan juga berbekal air minum.

Maka anda juga tidak boleh lupa untuk membawa sapu tangan basah ataupun masker guna penutup hidung yang akan sangat diperlukan di sini karena seringkali hembusan angin akan membawa asap.














0 Response to "Kawah Ijen Banyuwangi, Punya Blue Fire Super Eksotik"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya