Pantai Plengkung, surganya ombak besar

pantai plengkung surga bagi peselancar
Surfing di pantai Plengkung




Bagi anda yang mencintai kegiatan surfing atau pengemar berkunjung ke tempat tempat keren maka ini adalah salah satu surganya wisata di indonesia. dan tempat ini bernama pantai Plengkung atau juga biasa dikenal juga dengan sebutan G-Land. Di Pantai Plengkung Banyuwangi yang terletak di arah tenggara dari Pulau Jawa, yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, atau lebih tepatnya berada dalam lingkup kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Dipantai ini para perselancar akan dapat menikmati bagaimana serunya menaklukan gulungan ombak pantainya yang begitu besar dan sanggup membuat anda terpukau dengannya.

Dengan Dahsyatnya ombak besar, tinggi dan memanjang di Pantai Plengkung Banyuwangi menjadi salah satu pantai dengan ombak terbesar di dunia yang membuat ombak di Pantai Plengkung masuk dalam “7 gelombang raksasa yang menakjubkan” sebagai salah satu yang terbesar di dunia.

Sejarah
Penemuaan Pantai Pelengkung ini bermula dari pengalaman penjelajahan yang dilakukan oleh 8 kelompok peselancar yang berasal dari Amerika serikat tiba dan menemukan pantai Plengkung pada tahun 1972, setelah melakukan ekspedisi menuju kawasan Plengkung. Ekspedisi ini dilakukan melalui dua rute perjalanan, yakni 5 kelompok melalui jalur laut dan 3 kelompok melalui jalur darat. Yang Pada akhirnya perjalanan kelompok ekspedisi ini berhasil menemukan pantai plengkung ini dan membuat pantai ini lebih dikenal publik.

Huruf “G” pada nama G-Land dari pantai yang mempunyai arti, yakni “Grajagan”. Nama Grajagan ini sendiri merupakan nama dari sebuah teluk berada tepat di arah barat pantai pantai Plengkung. Dan Keadaan alam wilayah disekeliling Pantai Plengkung merupakan hutan tropis alami yang menyajikan pemandangan indah. Selain Plengkung, anda dapat mengunjungi sejumlah pantai menarik lainnya dan salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai Plengkung mempunyai gulungangan ombak besar yang selalu ada terus-menerus di sepanjang tahun. Di bulan April – Agustus, ombak lautnya mencapai puncak tertinggi. Karena di waktu bulan April – Agustus, ketinggian ombak di pantai Plengkung hingga sanggup mencapai ketinggian 6 meter dan maka dari itu menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh para peselancar. Dengan berbagai fakta tersebut Maka wajar jika Pantai Plengkung sudah lima kali menjadi tempat diselenggarakannya 'event surfing' bertaraf Internasional. Di Pantai Plengkung
terdapat empat macam jenis ombak . Dan para peselancar menamai ombak paling kecil sampai yang paling besar dengan istilah “chickens” untuk yang paling kecil, lalu “speedies” untuk tingkat diatasnya, dan “monkey trees” untuk tinggkat diatasnya lagi, dan istilah untuk Ombak terbesar adalah "kongs”.


Jika Anda tidak bisa atau tidak suka untuk bermain selancar di Pantai Plengkung Banyuwangi, Ada alternatif lain bagi Anda yaitu anda bisa saja memilih untuk bersantai sambil menikmati indahnya panorama pantai Pantai Pelengkung. Dengan hamparan pasir berwarna putih, dan air laut biru dengan deburan ombak bak penari dengan suara deburan ombak menjadi musik yang indah menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang mengunjungi Pantai Plengkung.

Dari pantai Anda bisa menyaksikan aksi yang mengagumkan yang dilakukan oleh para peselancar yang berusaha tetap berdiri di atas papan meski di terjang ombak di pantai Plengkung dari sebuah rumah panggung di pantai ini dengan menggunakan teropong. Rumah panggung ini telah disajikan khusus bagi para pengunjung yang ingin menonton peselancar dari pantai. .

Rute Perjalanan ke Pantai Plengkung

Bagi anda yang ingin ke pantai plengkung anda bisa melalui jalur dari kota surabaya ke banyuwangi kemudian melanjutkan ke Taman Nasional Alas Purwo.
Nah, Perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Plengkung bisa ditempuh dengan melalui salah satu dari dua rute yang tersedian yaitu :

Rute yang Pertama, perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk bisa mencapai lokasi pantai.
Rute ini melewati Banyuwangi lalu ke arah Kalipahit dan setelah itu ke arah Pasar Anyar kemudian ke arah Pancur. Setelah sampai di Pos Pancur, dikarenakan keadaan jalan tidak mulus dan rusak dan tidak memungkinkan untuk dapat dilewati oleh mobil biasa maka Anda diharuskan menaiki kendaraan 4-wheels drive

Rute yang Kedua, Anda bisa memilih memakai jalur darat – laut melalui Benculuk. Jarak Dari kota Banyuwangi menuju Benculuk kira kira sejauh sekitar 35 kilometer. Dari Benculuk, Anda kemudian harus melanjutkan perjalanan menuju Grajagan dan setelah sampai Grajangan selanjutnya harus menggunakan speed boat yang bisa disewa disana untuk dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata Pantai Plengkung Banyuwangi.

Baca juga :
1.sunrise gunung bromo
2. coban rondo dan mitos cinta
ibukota majapahit yang terpendam
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda
Selamat liburan.

4 Responses to "Pantai Plengkung, surganya ombak besar"

  1. kayaknya menyenangkan surfing di pantai plengkung ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya seru buktinya banyak turis yang surfing di sini

      Delete
  2. ane gak bisa surfing :v
    haha paling ngeliatin bule aja berkeliaran
    haha

    ReplyDelete

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya