Pantai Tanjung Papuma Jember Jawa Timur


Menatap Pantai Papuma, pantai indah di pesisir Jember.

Pantai Papuma begitulah pantai ini disebut. Pantai yang berada di bagian pesisir jawa timur ini merupakan pantai eksotis dan sangai menarik bagi traveler dan pecinta bahari dikarenakan indahnya Pantai Papuma di kawasan kabupaten Jember ini. atau lebih tepatnya berada didesa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.


Pantai Papuma sanggup menyajikan pemandangan yang begitu menawan sekaligus juga memberikan nuansa yang menenangkan bagi siapapun yang menggunjunginya sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur untuk melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari hari.
Di sepanjang garis pantai dari Pantai Papuma ini tersaji hamparan pemandangan indah dari pasir putih yang masih bersih dari sampah.

Sehingga dapat memungkinkan dijadikan tempat berjemur bagi para wisatawan asing yang datang ke Pantai Papuma ini. Selain mampu menyajikan keindahan alam yang begitu eksotik. Pantai ini juga terdapat berbagai ragam jenis fauna seperti Biawak, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Ayam hutan, Rusa, Landak dan juga Trenggiling.


★ Sejarah pantai ini.

Disaat pertama kali Perhutani membuka lokasi wisata Pantai Papuma ini, perhutani memberikan nama malika untuk pantai ini. Sehingga pantai ini disebut dengan nama pasir putih malika namun lama kelamaan nama itu menjadi disingkat menjadi PaPuMa.

Kini justru pantai ini populer dengan nama Pantai Papuma. Namun tak cuma itu, Pantai Papuma juga memiliki nama lain yaitu Pantai Tanjung Papuma hal ini dikarenakan posisi Pantai Papuma ini terletak menjorok ke arah laut sehingga miirip dengan tanjung. Sedangkan nama Papuma ini sendiri berasal dari kepanjangan nama asli pantai ini yaitu Pasir Putih Malika.




★ Keunikan Pantai Papuma.

◇Pantai Papuma juga mempunyai tujuh buah batu karang dengan ukuran yang sangat besar sehingga berbentuk menyerupai pulau. Dan Pulau karang ini juga memiliki namanya sendiri-sendiri seperti Pulau Krisna, Pulau BataraGuru, Pulau Narada, Pulau Kajang dan Pulau Nusa Barong. Dan juga ada pulau yang diberi nama pulau kodok dikarenakan bentuknya yang menyerupai Kodok.

◇Pantai Papuma memiliki Hamparan pasir putih pantai di sepanjang garis pantai serta juga terdapat banyak batu karang membuat pantai tampak lebih indah.

◇Selain itu, sebelum memasuki Pantai Papuma kita akan memasuki sebuah hutan yang berisi tananam pohon jadi yang bernama pantai maliki. Di hutan ini masih tersimpan berbagai jenis flora maupun fauna khas dari Indonesia. Namun bagi para wisatawan tak perlu khawatir saat melewati hutan ini dikarenakan didalam hutan ini sudah terdapat jalur khusus bagi para wisatawan.

◇Dikarenakan tempatnya yang begitu menawan untuk dilihat maka sangat sayang jika saat anda berada di Pantai Papuma tidak berfoto sebagai kenang kenangan, di Pantai Papuma ini tidak spot foto khusus dikarenakan disetiap sisi dan sudut pantai cocok dan memiiki pemandangan yang indah dan sangat menarik untuk anda abadikan.

◇ Banyak perahu perahu nelayan yang berlabuh berjejeran menghiasi pantai berpasir putih ini dikarena ombak laut di Pantai Papuma ini cukup tenang sehingga banyak nelayan yang "memarkirkan" perahunya di pantai ini. Jika anda ingin makan ikan yang diolah dari hasil tangkapan nelayan maka anda dapat membeli ikan dari para nelayan yang biasanya pulang dari berlaut pada sekitaran pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WIB dengan membawa hasil tangkapan.

Nah saat itulah anda sudah bisa membeli hasil tangkapan mereka untuk anda bakar di pinggir pantai bersama sama dengan keluarga, pacar maupun teman. Nah kalau anda tidak ingin repot maka ada cara yang lebih praktis yaitu Anda dapat membawa ikan yang telah anda beli tersebut ke warung yang berada disekitaran area pantai untuk dimasakkan, dan nanti Anda hanya tinggal memberikan upah bagi pemilik warung sebagai biaya masak.


★ Akses

Anda bisa mengakses kawasan wisata ini dengan cara melalui kota Surabaya. Dari Surabaya, Anda bisa langsung berangkat menuju ke kabupaten Jember. Jika anda menggunakan pesawat maka hanya akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan karena jarak antara kota Surabaya dengan kabupaten Jember sekitar 150 km dari kota Surabaya.

Nah setelah itu anda harus menempuh perjalanan ke desa Lojejer yang berjarak 45 km dari jantung kabupaten Jember atau kurang lebih membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Kondisi jalan cukup baik dan akan ada banyak papan papan sebagai petunjuk arah yang akan menuntun anda ke lokasi Pantai Papuma. Anda bisa menempuhnya baik dengan kendaraan sewa maupun kendaraan pribadi.


★ Biaya tiket masuk

Harga Tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Papuma ini hanya sekitar Rp 14.000 per orang (harga sewaktu waktu bisa berubah).


★ Fasilitas penunjang

Di pantai ini telah tersedia beberapa fasilitas penunjang bagi anda yang ingin menikmati suasana Pantai Papuma lebih lama, seperti :
◇ Mushola.
◇ Toilet.
◇ Warung makan.
◇ Tempat bermain anak.
◇ Bumi perkemahan.
Anda bisa akan bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Papuma ditambah suara deburan ombak yang sangat sayang anda tinggalkan.

◇ Terdapat beberapa buah tempat penginapan dengan berbagai fasilitasnya yang juga dapat Anda temukan di kawasan sekitaran Pantai Papuma ini. Biaya menginap di penginapan di wisata ini cukup bervariatif mulai harga Rp 70.000 sampai harga Rp 100.000 untuk satu kamar tanpa AC (namun terdapat fasilitas kamar mandi dalam, single bed, dan TV)..

Dengan berbagai fasilitas da keindahan Pantai Papuma sudah barang tentu anda akan rugi jika tak mengunjungi destinasi wisata ini.

Semoga bermanfaat
Dan semoga liburan anda menyenangkan.

0 Response to "Pantai Tanjung Papuma Jember Jawa Timur"

Post a Comment

Di larang berkomentar spam atau berlink aktif
Berkomentar yang baik dan sewajarnya