Air Terjun Madakaripura, Surga Tersembunyi Di Alam Probolinggo


air terjun madakaripura probolinggo
Air Terjun Madaripura
Satu lagi Air Terjun yang begitu indah hingga layak disebut surga tersembunyi ditanah Jawa Timur yaitu sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Madakaripura. Air terjun madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger atau  lebih tepatnya berada didesa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air terjun madakaripura ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 200 meter. Dengan kolam seluas kurang lebih  25 m² dibawahnya yang berfungsi sebagai penampung aliran air yang terjun dari kelima tirai air yang menghiasi air terjun yang sangat eksotis ini.

keunikan lainnya yang ada di tempat wisata ini adalah terdapat sebuat goa dibalik air terjun utama. Namun, air terjun ini cukup sulit untuk dijangkau karena untuk bisa mencapai goa ini maka anda  harus menyebrangi derasnya arus air di kolam dibawah air terjun madakaripura.

Baca Juga : Air Terjun Lembah Bongok - Surga Tersembunyi Di Bumi Wali


Misteri Air Terjun Madakaripura


Beberapa waktu yang lalu ada hal tak biasa di air terjun madakaripura yakni kemunculan sosok patih gajah mada.

"Hasil foto tersebut benar-benar mengejutkan. Setelah diamati lebih lanjut ternyata itu adalah penampakan dari Patih Gajah Mada yang sedang melakukan semedi. Setelah ditelusuri sejarah dan ditemukan bahwa dulu air terjun ini merupakan tempat bertapa bagi Patih Gajah Mada," begitulah inti ungkapan salah seorang guide kepada merdeka.com

Hal ini tak bisa dibuktikan oleh secara nyata sebab mata kita yang sangat mudah ditipu memungkinkan penampakan patih gajah mada hanyalah sebuah paredolia atau citra mata yang salah mengenali bentuk sehingga tampak seperti penampakan yang dikenalnya.

Mengenai kisah sejarah/legenda bahwa air terjun madakaripura ini menjadi tempat bertapanya patih gajah mada ini diperingati dengan dibangunnya sebuah patung berbentuk sosok patih gajah mada yang sedang dalam posisi bersilah (sebagaimana umumnya orang bertapa).

patung gajah mada di air terjun madakaripura
Patung Patih Gajah Mada
Baca Juga : Air Terjun Toroan Di Sampang Madura Yang Keren Abis.


Sejarah Air Terjun Madakaripura.

Menurut sejarah asal-usul nama air terjun madakaripura ini memiliki arti " tempat terakhir "  hal ini menurut kisah sejarah yang berkembang dimasyarakat sekitar yaitu mereka percaya bahwa goa yang berada dibalik air terjun utama madakaripura ini dahulunya dijadikan sebagai tempat bersemedi bagi mahapatih majapahit yaitu patih Gajah mada dan juga menjadi tempat bagi Patih Gajah Mada saat akhir hayatnya.

Goa madakaripura ini terletak kurang lebih sekitar 30 km dari alun alun kabupaten probolinggo, dengan kondisi jalan yang cukup bagus namun dengan lebar yang seberapa. Dan jika anda ingin mengunjungi air terjun madakaripura ini maka anda dapat memilih beberapa jalur berikut ini :

Adapun mitos yang terdapat di Air Terjun Madakaripura ini yaitu Anda dianjurkan agar segera meninggalkan lokasi wisata ini sebelum jam 14.00 wib. Hal ini dikarenakan banyak orang yang percaya bahwa saat jam tersebut akan sering terjadi hujan.

Hujan ini akan bisa membuat ketinggian air di lokasi air terjun menjadi cukup berbahaya bagi pengunjung dan dimungkinkan akan membuat Anda kesulitan untuk dapat meninggalkan lokasi wisata ini saat telah terjebak disana.

1. Rute dan Jalur dari objek wisata bromo

Jika anda dari objek wisata bromo dan ingin menggunjungi air terjun madakaripura ini maka anda dapat mengendarai kendaraan kearah utara dari objek wisata bromo ( kearah probolinggo ) dengan waktu tempuh selama 45 menit.

2.Jika anda ingin datang dari arah kabupaten Probolinggo.

Maka jika anda telah tiba di Desa Sukapura, maka akan menemui sebuah pertigaan jalan yang ditandai adanya sebuah plang berukuran besar. Setelah itu anda bisa memilih salah satu rute/ jalur yaitu :

a. Rute/jalur ke kiri, merupakan jalur yang menujuh ke arah objek wisata Gunung Bromo.
b. Rute/jalur ke kanan, merupakan jalur yang menuju ke arah lokasi objek wisata Air Terjun 
Madakaripura.

Setelah itu anda harus menempuh Jarak dari pertigaan ini untuk menuju pintu masuk lokasi air terjun Madakaripura yang masih sejauh sekitar 4 km. Setelah melewati pertigaan tadi anda masih akan menemui satu pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan kali ini arah ke kanan lagi.

Setibanya anda di pintu masuk lokasi air terjun Madakaripura kemudian anda boleh memarkirkan kendaraan ke area parkir, kemudian anda harus meneruskan perjalanan melewati jalan jalan yang masih berupa jalan setapak dan juga harus menyeberangi sungai dengan cara berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km .

Untuk anda yang tidak membawa kendaraan maka anda bisa menyewa mobil panther dengan harga sewa sebesar Rp. 150.000,00,- untuk sekali pergi dan pulang beserta sopir (harga bisa sewaktu waktu berubah)

 Untuk menuju ke air terjun Madakaripura anda dianjurkan menggunakan jasa pemandu yang biasanya merupakan penduduk lokal yang bisa anda sewa dengan Ongkos sewa pemandu  sebesar Rp 50.000 untuk sekali perjalanan.

Para pemandu ini banyak ditemui disekitar area parkir dan biasanya mereka akan langsung menawarkan diri saat anda berada disekitar area parkir. Anda perlu menggunakan jasa pemandu dikarenakan medan jalan yang dilalui menuju ke lokasi air terjun Madakaripura ini cukup berat dan juga  sering terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir.

Baca Juga : Pantai Banyu Tibo Pacitan, Perpaduan Keren Pantai dan Air Terjun

Tiket dan Parkir

Harga Tiket masuk Lokasi air terjun Madaripura hanya sebesar Rp 3000 per orangnya.

Fasilitas Penunjang
● Didekat area wisata ini banyak terdapat warung warung yang menjual makanan dan minuman bagi anda yang tidak membawa bekal saat datang ke tempat wisata ini, serta Bagi anda yang tidak ingin basah akibat terkena cipratan air terjun biasa mengguyur para penggunjung, maka anda dapat menyewa payung di warung warung tersebut.
● kamar mandi yang dengan kondisi dan air yang cukup bersih,
● masjid untuk anda yang ingin sholat
● dan area tempat parkir.

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata ini harus sangat waspada dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Hal ini dikarenakan lokasi wisata yang satu ini biasa dimanfaatkan oleh para oknum-oknum tidak bertanggungjawab. misalnya:

● ada beberapa orang yang tiba-tiba mengantar anda ke lokasi wisata, padahal jarak perjalanan untuk menuju lokasi air terjun hanya tinggal berjalan kurang lebih 30 menit lagi mengikuti jalan setapak dan setelah anda sampai di air terjun Madakaripura maka anda akan dimintai uang sebagai upah jasa mengantar oleh para orang tersebut.

● modus lainnya adalah apabila anda menitipkan barang barang anda pada warung-warung yang berada sekitar tempat parkir maka anda harus hati hati karena , tidak jarang bila barang-barang anda dibongkar oleh para penjaga warung tersebut, dan kemungkinan anda akan kehilangan barang berharga anda.

● Dan pada saat anda kembali dari lokasi wisata ini tiba-tiba ada orang yang mengaku bahwa motor kita telah dicuci dan mereka meminta uang sebagai upah jasa cuci motor, meskipun pada kenyataannya sepeda motor kita hanya disiram air saja dan masih kotor yang menurut mereka hal ini mengatakan bahwa hal ini sudah termasuk dalam kebijakan wisata.

Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, maka anda bisa kembali ke Tongas dan kemudian anda bisa menuju ke Probolinggo maupun Anda juga bisa melanjutkan perjalanan wisata anda ke lokasi wisata lainnya yaitu objek wisata Gunung Bromo.

Baca juga